4GaleriSeniSekaligusTempatNgopidiJakarta

March 15, 2019Qubicle Art
Keempat tempat di Jakarta ini punya area serbaguna serupa galeri seni untuk memamerkan karya kamu sekaligus tempat ngopi yang nyaman!

Kamu artist baru dan enggak punya nyali buat masukkin proposal karya ke galeri-galeri yang udah terkenal banget? Enggak usah pusing, coba deh bikin pameran di salah satu dari keempat art space atau galeri seni yang posisinya ada di dalam coffee shop ini.

1. dia.lo.gue

Yang satu ini memang udah cukup lama. Tapi, meski kelihatannya bakal susah pameran di sini, sebenarnya enggak juga karena seniman-seniman yang karyanya pernah dipajang di sini itu banyak juga yang seniman-seniman yang memang baru banget berkarya atau beberapa bahkan baru ngetop di Instagram.

Exhibition by Andien & Art Therapy Center (foto: Dia.lo.gue Artspace)

Selain dilengkapi art space yang bisa dipakai untuk memamerkan karya kamu, tempat ngopi di sini enak dan nyaman. Plus, ada art shop kecil di area depan yang menjual karya-karya seniman lokal mulai dari stationery, tas, baju, sampai patches.

“NAMAKU PRAM” Catatan & Arsip Exhibition (foto:Dia.lo.gue Artspace)

Alamat: Jl. Kemang Sel. No.99A, Bangka, Jakarta Selatan.

2. Ruang Selatan

Kalau kamu dulu sering nongkrong di Kedai (Jl. Benda), nah, sekarang tempat makan ini ganti nama jadi Selatan. Dan di sini ada ruang serbaguna yang sering dipakai untuk pameran karya/disulap jadi galeri. Ruangannya bagus, ada sisi yang full cermin, semacam di studio tari, dan di sekelilingnya penuh bohlam lampu yang bisa bikin suasana makin dramatis.

Desainnya yang industrial bisa sukses bikin karya yang dipamerkan di situ jadi kelihatan makin “mahal”. Ada panel-panel yang bisa digeser-geser sesuai kebutuhan dan bisa juga berfungsi sebagai partisi.

Menariknya, tempat makan slash art space milik penyanyi Kartika Jahja ini terbuka banget buat kamu yang terbilang baru pertama berniat bikin pameran tunggal atau kolektif. Pernah juga ada pameran fotografi karya mahasiswa-mahasiswa sebuah universitas di Jakarta yang pameran di sini.

(foto: Qubicle)

Area ekshibisi ini bersebelahan dengan tempat makan dan ngopi sore dengan menu makanan dan minuman yang “Indonesia banget” plus berbagai menu makanan buat para Vegan.

Alamat: Jl. Benda Raya no.89, Kemang, Jakarta Selatan

3. Kopi Kalyan

Salah satu tempat ngopi di daerah Selatan ini lumayan lagi hype dan selalu ramai bahkan di saat hari biasa. Kopi Kalyan punya dua outlet, di daerah Cikajang (dekat Pasar Santa) dan Barito, tepat di depan pasar burung. Keduanya punya area yang bisa dipakai untuk pameran karya.

Pameran Suanjaya Kencut “Kaum Mata Kancing” di Kopi Kalyan Cikajang (foto: Qubicle)

Di Kopi Kalyan Cikajang, area pameran ada di bagian foyer coffee shop, tempatnya enggak luas, maksimal 10 karya yang bisa dipamerkan di area foyer ini. Tapi, kamu bisa menghias seluruh area makan dengan karya-karya kamu sebagai background. Salah satu seniman yang pernah pameran di sini; Suanjaya Kencut bahkan menyulap area foyer menjadi warna merah muda, sebagai latar dari karya-karya lukisannya.

Area lantai 2 di Kopi Kalyan Barito bisa dipakai untuk pameran (foto: Qubicle)

Jika kamu lebih suka bila karya-karyamu berkumpul di satu area saja (tidak berpencar di area makan), Kopi Kalyan Barito memungkinkan untuk melakukan ini. Di Kopi Kalyan Barito, area pameran karya ada di area lantai dua, cukup untuk menampung sekitar 70 pengunjung.

Alamat: Jl. Cikajang No. 61, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

4. Tuang Coffee

Sejarah galeri dan tempat ngopi sedikit berbeda untuk Tuang Coffee, karena jika biasanya coffee shop atau restoran dibuat terlebih dahulu daripada galerinya, di sini sebaliknya, D’Gallerie sudah ada sejak cukup lama, dan baru akhir-akhir inilah Tuang Coffee dibangun.

Tuang Coffee, tempat yang nyaman buat kerja dan menikmati seni (foto: Picgra.com)

Di D’Gallerie, karya-karya seniman yang dipamerkan di situ biasanya seniman-seniman yang baru pertama kali melakukan pameran solo, pameran kolektif, sampai seniman yang sudah cukup terkenal. D’Gallerie cukup luas dan berada di lokasi yang strategis, dan masih di gedung yang sama, terdapat pula Tuang Coffee. Tuang Coffee jadi tempat ngopi yang cukup nyaman, punya area yang luas pun dan pengunjung bisa membawa hewan peliharaannya!

Area pamer karya di d’Gallerie cukup luas (foto: Indonesian Luxury)

Alamat: Jl. Barito I No.3, RT.10/RW.7, Kramat Pela, Jakarta Selatan    

Foto header: Dia.lo.gue Artspace
Oleh: Andhini Puteri


Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Art

    If you curious about visual art movement, here is the best place to feed your curiosity.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US