5AkunIGToyPhotographyyangLuarBiasaKreatif

April 12, 2019Qubicle Art
Follow akun-akun Instagram toy photography yang membawa seni miniatur ke level selanjutnya ini!

Seni miniatur dan toy photography menjadi hal yang sangat menarik jika disatukan. Seperti menghadirkan film Gulliver’s Travel lewat frame-frame foto yang bisa dilihat kapan saja untuk menghibur mata lelah karena seharian menatap laptop.

Toy photography sebenarnya bukan genre baru di dunia fotografi, bahkan di tahun 1933, Wesley David Archer (pembuat miniatur) sudah menampilkan karya-karya foto fotografi mainan dalam buku Death in the Air: The War Diary and Photographs of a Flying Corps Pilot. Di buku berisi 50 foto ini menampilkan foto-foto pesawat dalam perang.

Salah satu foto pesawat saat perang yang dibuat oleh Wesley David Archer di tahun 1933 (foto: Dok. Tourmalinenow)

Seperti namanya, toy photography memerlukan elemen-elemen unik untuk menjadikannya sebuah karya yang bercerita dan terlihat realistis meski dalam bentuk mainan dan miniatur. Simak 5 akun Instagram yang menampilkan toy photography keren:

1. Tanaka Tatsuya

Miso soup disulap jadi danau oleh Tanaka (foto: Instagram @tanaka_tatsuya)

Seniman diorama dan miniatur asal Jepang ini mulai konsisten berkarya sejak 2011. Tanaka Tatsuya pernah juga menuangkan ide-ide gilanya dalam sebuah project bernama Miniature Calendar Photo Project. Tanaka kerap memadukan benda-benda yang sering kita pakai di keseharian dengan miniatur dan mainan, tentu saja dengan ide-ide kreatif yang tidak pernah terpikir oleh kita sebelumnya.

2. Simon Laveuve

Simon sering menggunakan unsur grafiti dalam karya-karyanya (foto: Instagram @simonlaveuve)

Kapal yang melayang di udara, traktor psikadelik, dan orang-orang terbang. Selamat datang ke dunia imajinasi ala seniman diorama dari Perancis ini. Karya-karyanya agak berbeda dengan seniman diorama dan toy photographers pada umumnya, karena membutuhkan effort lebih dalam menghasilkan sebuah diorama baru yang mencengangkan mata saat difoto. Ia membuat sendiri “teater miniatur” dengan figur-figur mainan, lengkap dengan habitat yang sangat detail.

3. Spacecadet2000

Kreator yang satu ini membuat karya-karya fotografi mainan dengan menggabungkan monster, objek luar angkasa, dan robot menjadi sebuah “pertempuran yang seru”.

4. Matetampan

Ide kreatif Mate datang dari benda-benda di sekitarnya (foto: Instagram @matetampan)

Indonesia juga punya toy photographers yang enggak kalah keren. Penggila mainan bernama asli Rahmat Budiman kerap menghidupkan karakter-karakter fiktif yang disukainya lewat karya-karyanya. Salah satu karyanya yang menggabungkan mesin kopi serupa UFO (Unidentified Flying Object) yang menarik orang-orang ke atas, baru saja memenangkan kompetisi kreatif When Creators Rule the World yang diadakan vendor kreatif marketplace GetCraft dan berhasil membawa pulang hadiah sekitar 65 juta rupiah! Ia merasa bahwa toy photography sedang jaya-jayanya saat ini. “Setelah 6 tahun menggeluti bidang ini, 2 tahun belakangan ini adalah–menurut saya–masa-masa emas toy photography di Indonesia,” ujar Mate.

5. Achunkita

Para action figure bersama Milk Chocolate dari @slatan150 (foto: Instagram @achunkita)

Konsisten mengikutsertakan action figure-nya dalam menjalani daily life, reputasi Achun semakin melonjak di ranah fotografi mainan. Nobita (karaker Doraemon) adalah figur yang paling sering muncul pada karya fotografinya. “Salah satu mainan yang artikulasinya banyak, jadi bisa gua macem-macemin posenya, mimiknya.” Jawab Achun, ketika kami tanya perihal pemilihan Nobita sebagai favoritnya “dan salah satu mainan paling langka, versi orisinalnya sekarang sulit didapatkan” tutupnya. Hal menarik lain yang ia angkat adalah perpaduan food photography dengan toy photography dalam jepretannya. Melalui tagar #KULINERNOBITA ia memberikan info-info kuliner dengan tetap menghadirkan sosok Nobita sebagai ciri khasnya.


Oleh: Andhini Puteri

Editor: Adam Pribadi

Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Art

    If you curious about visual art movement, here is the best place to feed your curiosity.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US