6KaryaTermahaldariFigurSeniJalananPenting,Kaws

April 15, 2019Qubicle Art
Brian Donnelly alias Kaws adalah salah satu figur terkemuka dalam seni kontemporer dunia. Simak 6 karya termahalnya hingga saat ini.

Brian Donnelly alias KAWS adalah salah satu figur terkemuka dalam seni kontemporer dunia. Berawal dari seniman grafiti, pria kelahiran Amerika Serikat tahun 1974 mulai melonjak pesat di era 90-an.

Kaws menciptakan beberapa karakter penting yang mengangkat karirnya pada 1990-an, seperti: Companion, Accomplice, Chum and Bendy, Serial The Kimpsons. Selain itu ia juga telah mengerjakan ulang karakter yang sudah dikenal lainnya seperti Mickey Mouse, Michelin Man, Smurf, Snoopy, dan SpongeBob SquarePants. Ada satu benang merah yang melekat padanya, gaya pop art dan sentuhan mata berbentuk ‘X’.

Kesuksesan semakin melesat, apalagi ditambah kolaborasinya bersama nama besar seperti Kanye West, Pharrell Williams, Takashi Murakami. Berbicara tentang kesuksesan Kaws, silakan simak hasil penjualan karya-karya KAWS di pelelangan seni. Kami berikan 6 teratas yang paling mahal hingga saat ini.

6. Clean Slate - 2014

Pertama kali dipamerkan di Hong Kong pada 2014 sebagai salah satu patung terbesar Kaws, Clean Slate mengacu pada ide ‘memusnahkan masa lalu dan memulai dari awal lagi, melangkah ke tahap kehidupan selanjutnya’. Menampilkan karakter Companion yang populer di bagian kakinya, membawa dua Companion yang lebih kecil di tangannya.

Harga: Setelah dipamerkan di Phillips Plaza di New York, patung ini dijual oleh rumah lelang pada 15 November 2018 selama acara 20th Century & Contemporary Art Evening Sale seharga US$1.650.000 (sekitar 23 Milyar Rupiah).

5. Chum (KCB7) - 2012

Chum (KCB7) menampilkan karakter yang terinspirasi oleh Michelin Man yang melangkah ke arah penampil keluar dari dinding. Menampilkan bidang seragam berwarna merah, kuning, oranye, biru, dan ungu, karakter tersebut tampak penuh energi. Seperti karakter KAWS lainnya, fitur mata X-ed yang dapat dikenali secara instan untuk para penggemar Kaws.

Harga: Dijual pada 15 November 2018 di Christie's New York selama acara Post-War and Contemporary Art Evening Sale seharga US$2.000.000 (sekitar 28 Milyar Rupiah).

4. Untitled (Kimpsons #3) - 2003

Karya lain dari Seri Kimpsons. Di sini kita melihat seluruh keluarga Simpson di sofa ruang tamu ikonis mereka. Ditata dengan latar belakang biru gelap, setiap karakter menampilkan tanda tangan mereka yang tumbuh tulang bersilang bengkak dan mata X. Hampir tergelincir dari sofa, karakter-karakternya tampak mabuk atau bahkan mati(?).

Harga: Karya ini dijual pada 1 April 2019 di Sotheby Hong Kong selama NIGOLDENEYE® Vol. 1 dengan harga US$2.165.654 (sekitar 30 Milyar Rupiah).

3. Untitled (Kimpsons) - 2003

Kembali dari seri The Simpsons, Untitled (Kimpsons) menampilkan seluruh keluarga Simpsons di sofa, tetapi kali ini, duduk dengan rapi dan bersiap-siap menonton TV.

Harga: Karya ini dijual pada 1 April 2019 di Sotheby Hong Kong selama NIGOLDENEYE® Vol. 1 penjualan dengan harga US$2.229.350 (sekitar 31 Milyar Rupiah)

2. Untitled (Fatal Group) - 2004

Hadir di tahun 2004, Untitled (Fatal Group) terlihat sangat hati-hati menyeimbangkan warna blok dan bayangan monoton, Kaws mengubah gambar para pemeran serial The Fat Albert Show dengan kepala mereka dalam gaya ciri khas ala sang seniman. Karya ini menyinggung genre sejarah potret kelompok yang dipopulerkan di Eropa abad ke 16 dan 17.

Harga: Dijual pada 15 November 2018 di Phillips New York di acara 20th Century & Contemporary Art Evening Sale  dengan harga US$2.251.250 (sekitar 31,6 Milyar Rupiah)

1. Kaws Album - 2005

Dibuat pada 2005, The Kaws Album mengangkat referensi langsung sampul album The Beatles - Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club. Menampilkan seluruh pemeran karakter Kimpsons disertai oleh karakter Companion, duduk di sebelah kiri komposisi gambar. Karya paling sukses yang pernah dibuat oleh Brian Donnelly.

Harga: Dijual pada 1 April di Sotheby Hong Kong selama NIGOLDENEYE® Vol. 1 di angka fantastis, yaitu US$ 14.700.000 (sekitar 200 Milyar Rupiah)


Oleh: Adam Pribadi

Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Art

    If you curious about visual art movement, here is the best place to feed your curiosity.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US