BuntuIde?CobainNihRitualPagiParaSenimanDunia

March 16, 2019Qubicle Art
Kami mencoba merangkum ritual pagi dari para seniman dunia yang mungkin bisa bantu kalian dalam memunculkan ide-ide kreatif.

Sering nggak sih kalian jadi buntu ide-ide kreatif waktu bikin karya atau pas lagi ada deadline? Padahal jam tidur udah dirasa cukup dan nggak ada masalah apa-apa juga sebelum tidur. Banyak hal memang yang bisa menyebabkan buntu ide dan kalau dijabarkan bakal banyak banget penjelasannya. Ya, kami coba membantu memunculkan ide-ide kalian kembali dengan kasih referensi ritual pagi yang mungkin bisa kalian coba. Tapi ritual pagi ini kami rangkum dari beberapa seniman dunia yang emang menurut kami bisa dijadiin panutan, dari mulai Andy Warhol yang terkenal dengan karya pop art-nya, sampai Georgia O’Keeffe dengan karya-karya lukisan bertema bunga miliknya.

Nggak usah lama-lama, berikut ritual pagi yang bisa kalian coba supaya ide-ide kreatif kalian bertambah.

Andy Warhol

Sosok Andy Warhol yang sangat terkenal (Foto: Dok. artsy.net)

Ritual pagi yang biasa dilakukan Andy Warhol pada weekdays mungkin bisa dibilang tidak terlalu rumit, dimulai dengan bangun pagi sekitar jam delapan atau sembilan pagi, setelah itu Andy Warhol akan menelpon teman dekatnya untuk membicarakan apa yang ia telah lakukan pada hari sebelumnya untuk mencatat agar tidak ada yang terlupakan. Setelah menghubungi temannya, Andy Warhol melanjutkan dengan mandi di pagi hari, berpakaian dan membawa dua anjing daschund peliharaannya ke dapur, dimana ia sarapan dengan ditemani oleh asisten rumah tangganya. Setelah kegiatan di rumah selesai, Andy Warhol lalu pergi untuk berbelanja di Madison Avenue, rumah-rumah pelelangan, mencari perhiasan atau mengunjungi toko kerajinan di desa-desa.

Louise Bourgeois

Louise Bourgeois (Foto: Dok. itsnicethat.com)

Seniman kebangsaan Perancis-Amerika ini mempunyai ritual pagi yang bisa dibilang sangat-sangat rutin, alias hampir terjadi setiap hari selama puluhan tahun. Menurut asisten dari Louise Bourgeois, Jerry Gorovoy, setiap pagi Louise Bourgeois bangun sekitar pukul delapan pagi dan langsung meminum secangkir teh. Lalu sekitar pukul sepuluh pagi, sang asisten langsung menjemput Louise Bourgeois untuk menuju ke studionya di daerah Brooklyn, New York, untuk langsung berkreasi selama seharian di dalam studionya. Ritual pagi ini bahkan dijadikan sebuah karya seni yang berjudul 10 am is When You Come to Me (2006), karena saking rutinnya setiap jam sepuluh pagi Louise Bourgeois dijemput oleh asistennya.

Joan Miró

Joan Miró dengan karya-karyanya (Foto: Dok. pixels.com)

Joan Miró bisa kami bilang salah satu yang mempunyai ritual yang menarik. Ritual pagi ini dimulai setelah depresi berat yang ia alami sewaktu masih muda, dimana sebelum ia melukis sekitar umur 18 tahun. Sepanjang tahun 1930-an, Joan Miró yang tinggal di studio miliknya bersama istri dan putrinya, bangun setiap hari pada pukul enam pagi. Lalu Joan Miró melanjutkan ritual paginya dengan mandi dan makan sarapan ringan berupa kopi dan beberapa roti. Setelah kegiatan di dalam rumah selesai, ia melanjutkan untuk duduk di depan kuda-kuda miliknya. Joan Miró lalu melukis tanpa henti dari sekitar pukul tujuh pagi sampai siang hari. Joan Miró terkadang juga menerapkan gaya hidup sehat, dimana ia terkadang menyelipkan berolahraga selama satu jam. Miró serius dalam berolahraga, yang menurut dirinya sebagai metode lain untuk mencegah depresi.

Georgia O'Keeffe

Georgia O'Keeffe (Foto: Dok. okeeffemuseum.org)

Bisa jadi kata-kata "Pagi adalah waktu terbaik, tidak ada orang di sekitar," dari Georgia O'Keeffe bisa kalian jadikan panutan. Tidak heran pada ritual pagi dari Georgia O’Keeffe, ia sering menyalakan api untuk menghangatkan tubuhnya atau membuat segelas teh, lalu berbaring di tempat tidur untuk menyaksikan matahari mulai naik. Georgia O’Keeffe lalu duduk dan menyantap sarapan yang disiapkan oleh juru masaknya berupa telur rebus atau orak-arik, roti, beberapa cabai dengan minyak bawang putih. Kemudian setelah aktivitasnya selesai di rumah, Georgia O’Keeffe akan berjalan setengah jam melintasi barat daya gurun. Dia membawa tongkat yang akan digunakan untuk memukuli ular derik mungkin menggangu jalannya. Ia juga terkadang merawat kebunnya atau menjamu tamu yang datang ke studio miliknya.

Marina Abramović

Marina Abramović (Foto: Dok. modernamuseet.se)
Marina Abramović dan aksi duduk dirinya yang terkenal sampai sekarang (Foto: Dok. news.artnet.com)

Performance art Marina Abramović yang paling banyak dibicarakan adalah The Artist Is Present (2010), dimana ia mempertunjukkan aksi duduk dan tidak bergerak, di galeri Museum of Modern Art selama tujuh jam sehari (sepuluh jam pada hari Jumat). Hal ini dilakukan Marina Abramović selama enam hari seminggu dan selama 11 minggu berturut-turut. Hal ini tentunya tidak mudah, tapi ada hal-hal kecil yang biasa dilakukan oleh dirinya untuk membantu menjaga stamina selama pertujukkan tersebut. Ritual yang ia lakukan dimulai dari malam hari dengan bangun setiap 45 menit sekali untuk minum segelas air. Lanjut pada pagi hari ritual yang biasa ia lakukan mulai dari bangun pada jam setengah tujuh pagi di setiap hari pertujukkannya, dan pada jam tujuh pagi meminum satu gelas air terakhirnya. Marina Abramović melanjutkan dengan sarapan yang terdiri dari nasi, biji-bijian dan juga secangkir teh hitam. Setelah selesai sarapan, pada jam sembilan pagi, ia lalu dijemput untuk menuju Museum of Modern Art, dimana ia sudah siap dengan gaun berkerah tinggi miliknya. Cukup unik nggak menurut kalian?

N.C. Wyeth

N.C. Wyeth (Foto: Dok. andrewwyeth.com)

Seniman asal Amerika, N.C. Wyeth, memulai ritual pagi miliknya dengan bangun jam lima pagi dan segera mulai memotong kayu. N.C. Wyeth lalu istirahat pada jam setengah tujuh pagi, di mana dia akan melahap sarapan yang ada seperti anggur, pancake, telur, dan juga kopi. Selesai sarapan, N.C. Wyeth akan menuju ke bukit dimana studio Pennsylvania-nya berada dan menulis satu atau dua buah surat. Selesai dengan ritual pagi, kemudian tiba waktunya untuk N.C. Wyeth mulai bekerja. Seniman itu melepaskan baju yang dipakai, menyalakan rokok, dan mulai melukis. Wyeth umumnya bekerja dengan cepat, bahkan kadang-kadang menyelesaikan seluruh lukisan hanya dalam beberapa jam. Namun jika dia buntu, dia akan menempelkan potongan karton kecil ke sisi kacamatanya untuk menghalangi pandangan melalui jendela studionya.

Dari beberapa ritual pagi di atas, mana nih yang menurut kalian bisa ditiru biar kalian nggak buntu lagi bikin karya?

Oleh: Gusti Bagus

Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Art

    If you curious about visual art movement, here is the best place to feed your curiosity.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US