DeretanSenimanKacadanKarya-KaryanyayangLuarBiasa

March 15, 2019Qubicle Art
Kami merangkum beberapa seniman kaca yang dengan karyanya luar biasa dan memanjakan mata penikmatnya.

Benda apa sih di rumah kalian yang nggak ada kacanya? Ya, kaca saat ini bisa dibilang salah satu bahan yang paling penting dan semakin banyak digunakan untuk benda sehari-hari. Kita kadang-kadang sulit untuk percaya bahwa bahan yang bisa dibilang rapuh ini bisa juga dijadikan karya seni yang luar biasa. Kalau mau belajar sejarah sedikit, kaca pertama kali dikembangkan sebagai bahan dekoratif yang bernilai seni tinggi oleh orang Mesir kuno, yang menggunakannya untuk membuat pernak-pernik dan manik-manik berbahan kaca berwarna untuk perhiasan. Bahan kaca ini kemudian diadopsi oleh orang Romawi yang menggunakannya untuk membuat bejana kaca dan kerajinan mosaik.

Saat ini mulai banyak seniman kaca kontemporer yang terus mengeksplorasi bahan-bahan kaca dan menghancurkan batas-batas kerajinan. Dari kesempurnaan sebuah keterampilan hand-blown glass yang masih tradisional hingga pengembangan teknik presisi baru. Sederet seniman kaca masa kini menampilkan fleksibilitas yang mengejutkan dan keindahan kaca yang menawan.

Kami sendiri telah melihat beberapa hasil karya seni dengan berbahan dasar kaca, dan kami tertarik dengan 5 orang ini karena hasil karnya yang menawan. Simak lima seniman kaca yang menurut kami sukses tidak hanya membuat orang kagum dengan karyanya tapi juga sukses menginspirasi seniman kaca lainnya.

CAROL MILNE

Hasil karya Carol Milne dengan teknik sulam kaca miliknya (Foto: Dok. carolmilne.com)
Hasil karya Carol Milne (Foto: Dok. carolmilne.com)
Carol Milne (Foto: Dok. carolmilne.com)

Popularitas Carol Milne sebagai seniman kaca dan mendapatkan spotlight-nya di dunia seni kaca karena karya kaca "rajutan" yang luar biasa. Carol Milne pertama kali memulai debut karirnya di arsitektur lansekap, sebelum mempelajari seni patung, dan kemudian saat ini beralih sebagai seniman kaca. Melalui eksperimen dirinya yang bisa dibilang tanpa akhir, Carol Milne mendorong batas materi yang biasa digunakan oleh seniman kaca dengan menggabungkan tenik rajut dengan keterampilannya dalam seni kaca.

KIVA FORD

Rekomendasi kami kedua adalah seniman kaca asal Amerika Serikat, Kiva Ford, yang terkenal dengan hasil ciptaannya berupa vas mini, gelas anggur, dan beberapa botol yang menggunakan kaca. Bahkan beberapa karya luar biasa miliknya berukuran kurang dari satu inci. Kiva Ford banyak menerapkan teknik annealing untuk praktik karya seninya sendiri. Karya-karya miniaturnya menurut kami tidak hanya menggemaskan, tetapi juga menyoroti keahlian sebenarnya dari seniman kaca.

CATHRYN SHILLING

Karya Cathryn Shilling (Foto: Dok. cgs.org.uk) 
Teknik tenun kaca milik Cathryn Shilling (Foto: Dok. www.cathrynshilling.co.uk)

Seniman kaca yang berbasis di London, Cathryn Shilling, dikenal dengan karyanya yang mengubah kaca menjadi karya memukau yang bisa dibilang menyerupai potongan kain bermotif tartan. Dikenal karena teknik "tenunan" hasil eksperimentalnya, setiap potongan kaca yang dibentuk kain ini menggunakan tongkat tipis dari venetian glass. Dengan membentuk kaca yang masih “cair” menjadi benang halus tidak lebih dari satu atau dua milimeter, Shilling menjalin helai menjadi satu kesatuan sebelum dirinya menyelesaikan di tempat pembakaran.

GLASS SYMPHONY

Nikita Drachuk atau yang kami kenal sebagai seniman kaca dengan nama Glass Symphony, membuat karya yang luar biasa dengan berbahan dasar kaca. Glass Symphony terkenal dengan membuat seni kaca yang menyerupai laba-laba kaca, gurita, siput, dan makhluk lainnya dengan hanya menggunakan tangan. Menggunakan metode yang disebut lampworking, Drachuk menggunakan bakaran tangan untuk melelehkan batang kaca berwarna. Setelah lelehan kaca itu cair, ia kemudian menggunakan berbagai alat untuk teknik meniup miliknya dan kemudian membentuk kaca tersebut menjadi makhluk kecil yang halus.

JACK STORMS

Salah satu hasil karya dari Jack Storms (Foto: Dok. jackstorms.com)
Chroma Cube Jack Storms (Foto: Dok. jackstorms.com)

Seniman kaca Jack Storms terkenal dengan karya seninya yang menciptakan patung kaca optik prisma yang menakjubkan yang dibuat dengan menggabungkan lead crystal dan juga dichroic glass. Teknik seni kaca ini bisa kami bilang sangat langka, karena banyak proses dalam pembuatan satu karya seni ini seperti penggilingan, pemotongan, dan pemolesan cold glass berulang-ulang dengan tangan. Setiap bagian dimulai dengan inti dari lead crystal yang dipotong, dipoles, dan dilaminasi untuk membuat cermin reflektif. Ketika cermin reflektif itu dibungkus dengan kaca optik, pembiasan cahaya yang melewati kaca optik tersebut menciptakan warna-warna pelangi yang mempesona. Karya dari Jack Storms ini juga telah muncul sebanyak dua kali pada film Guardians of the Galaxy.

Oleh: Gusti Bagus

Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Art

    If you curious about visual art movement, here is the best place to feed your curiosity.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US