SalutMelihatMuralBawahLautKaryaSeanYoro

May 06, 2019Qubicle Art
Melalui mural bawah laut ini, Sean Yoro punya tujuan luhur yaitu ingin meningkatkan kesadaran atas kondisi terumbu karang yang sekarat.

Kepedulian Sean Yoro terhadap alam berkembang dan kemudian melebur dengan bakat seninya. Ada sifat ketidakkekalan (sementara) dari karya-karya buatan Sean, yang memang ditakdirkan untuk menghilang secara alami tak lama setelah penciptaannya. Datang dari alam - kembali untuk alam, dan punya tujuan besar yang mulia untuk meningkatkan perhatian pada masalah-masalah yang menimpa alam.

Untuk proyek terbarunya, seniman asal Hawaii ini melakukan sesuatu yang menantang. Ia menyelam di bawah permukaan dan membuat mural di bawah air untuk pertama kalinya. Karya ini membutuhkan waktu setahun dalam pembuatannya.

Proyek ini adalah serial karya yang dinamakan ‘Deep Seads’, memilih tiga laut untuk tiga karya di berbagai lokasi di Hawaii. Melalui proyek ini, Sean punya tujuan luhur, yaitu ingin meningkatkan kesadaran atas kondisi terumbu karang yang sekarat.

Tiga Karya

Sean membuat tiga karya dalam seri yang dinamakan ‘Deep Seads’ ini. Pertama berjudul ‘Lumens’, menghadirkan ilustrasi ubur-ubur sebagai sample dari pengabadian momen-momen indah dan ajaib di dalam samudera, namun dalam waktu yang sama ada keadaan rapuh, sangat ironis.

'Lumens' (foto: Edition.cnn.com)

Yang kedua dengan judul ‘Breath’, menghadirkan seorang perempuan yang sedang menghembuskan napas, hal ini terkait dengan pencarian kebebasan, suatu aktivitas yang menurut Sean membutuhkan sebanyak mungkin kendali dari paru-paru dan pikiran.

  ''Breath' (foto: Edition.cnn.com)  

Lalu ketiga yaitu ‘Buried’, ialah gambar mata untuk melambangkan kerapuhan ekosistem yang hidup di lautan saat ini. Sosok itu ditutupi oleh pasir, sebagai simbol pelindung aset-aset laut berharga yang tersisa sebelum terlambat.

  'Buried' (foto: Edition.cnn.com)  

Proyek bawah laut ini akan hilang mungkin saat kamu membaca artikel ini. Sean percaya bahwa ganggang (algae) mulai akan menutupi gambar sekitar 12 hingga 14 hari, dan mudah-mudahan banyak organisme hidup yang akan berkembang pada terumbu buatannya.


Oleh: Adam Pribadi

Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Art

    If you curious about visual art movement, here is the best place to feed your curiosity.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US