TipsWatercolorPaintingUntukPemula

December 23, 2019Qubicle Art
Jika kamu tertarik untuk membuat watercolor painting, simak ulasan berikut ini sebelum memulainya.

Watercolor merupakan salah satu teknik melukis yang paling diminati. Selain hasilnya sangat cantik dan memiliki kelebihan tersendiri, watercolor juga semakin terkenal saking banyaknya illustrator muda yang menggunakan teknik ini. Tentu saja semakin banyak juga yang tertarik untuk mempelajari teknik ini untuk mengekspresikan diri. Jika kamu salah satunya, simak tips dari kami sebelum memulainya.

Pilih Kertas Berukuran Kecil

Mungkin saat melihat illustrator kesayangan rasanya ingin langsung membuat karya di kanvas 80x110cm. Ternyata, sebagai pemula itu tidak disarankan agar lebih mudah. Membuat watercolor painting sambil memulainya dengan kertas berukuran kecil juga membantumu memahami presisi untuk latihan. Sehingga, hasil yang didapatkan akan lebih rapi.

Pilih Kuas Yang Tepat

Ada banyak sekali jenis kuas yang digunakan untuk keperluan melukis. Tapi, hanya ada dua jenis yang disarankan untuk membuat watercolor painting. Salah satunya adalah quill brush yang memiliki bentuk lonjong memanjang. Kamu bisa menemukannya di toko-toko alat tulis maupun lukis terdekat.

Buat Sketsa Dengan Pensil

Setelah itu, kamu bisa mulai menggambar dengan membuat sketsa menggunakan pensil. Tujuannya agar kamu memiliki outline yang akan menjadi acuan pada saat membubuhkan cat nanti. Kamu bisa memulainya dengan gambar yang mudah, misalnya bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga atau persegi. Jika sudah yakin, kamu bisa membuat bentuk lainnya yang lebih rumit.

Gunakan Palet Putih Polos

Palet juga merupakan salah satu hal terpenting pada saat melakukan watercolor painting. Alasannya, kamu membutuhkan suatu permukaan untuk membubuhkan warna-warna cat. Itu sebabnya disarnakan untuk menggunakan palet berwarna putih polos. Tujuannya agar kamu bisa melihat warna asli saat mencampur dan memadukannya. Untuk memulainya, kamu bisa menggunakan piring plastik berwarna putih polos.

Diamkan Lukisan Selama 30 Menit

Setelah kamu selesai menggambar dan mencampurkan warna pada outline di dalam kanvas, kamu bisa mendiamkan lukisan kurang lebih selama 30 menit. Letakan lukisan di tempat yang kering dan angin-anginkan hingga tidak basah lagi. Pastikan lukisan benar-benar kering sehingga hasilnya tidak menyebabkan noda saat tersentuh nanti. Selamat mencoba!

photo cover & thumbnail: Victoria Bilsborough

Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Art

    If you curious about visual art movement, here is the best place to feed your curiosity.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US