5MakananSehatAgarTetapPanjangUmur

January 08, 2020Qubicle Culinary
Butuh usaha lebih dalam menjaga kesehatan agar tetap umur panjang di kota besar. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Hidup di kota besar pasti sangat lekat dengan tingkat stress yang tinggi. Mulai dari tekanan pekerjaan hingga hal lain dapat menjadi beban pikiran dan membuat tubuh menjadi rapuh. Tidak dipungkiri usia pun ikut terpengaruh, harapan hidup pun menjadi rendah. Butuh usaha lebih dalam menjaga kesehatan agar kembali bugar. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, selain berolahraga dan istirahat yang cukup. Itu sebabnya kami rangkum daftarnya di bawah ini untuk kamu konsumsi.

Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu menu makanan sehat yang bisa membantu umur panjang. Alasannya, salmon memiliki banyak kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan resiko penyakit jantung. Disarankan untuk mengkonsumsinya seminggu 4 kali untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Jika salmon bukan opsi terjangkau, kamu bisa menggantinya dengan ikan lain yang kaya lemak baik seperti ikan kembung.

Kacang-kacangan

Pada dasarnya, semua jenis kacang memiliki manfaat baik untuk memperpanjang usia. Kandungan nutrisinya seperti Vitamin E dan tokoferol mampu melawan kanker dan mencegahnya hingga memperpanjang usia para penderitanya. Selain itu, kacang-kacangan juga mampu menjaga kekebalan tubuh, menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Cukup tambahkan kacang ke dalam menu makanan sehat secara rutin, kesempatan untuk memiliki umur panjang pun akan meningkat sebanyak 34%.

Cabai

Beruntunglah kamu yang gemar mengkonsumsi makanan pedas. Capsaicin yang terkandung di dalamnya punya banyak manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Selain itu, kandungan flavonoid pada cabai merah juga dapat mempererat hubungan sel otak dan meperkuat ingatan hingga bisa membantu untuk melawan Alzheimer.

Wortel

Wortel sangat kaya dengan kandungan baik yang mampu menyehatkan tubuh. Mulai dari Vitamin A yang membantu pengelihatan, hingga diubah menjadi beta karoten yang mampu melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas. Manfaat ini akan dapat lebih maksimal jika wortel diolah dengan benar, misalnya direbus dan dipanggang.

Edamame

Edamame dijagokan jadi salah satu makanan sehat yang paling efektif untuk memperpanjang usia. Bagaimana tidak? Kandungan isoflavonnya dapat berfungsi sebagai antioksidan yang juga anti inflamasi, anti kanker dan anti mikroba. Untuk itu, disarankan mengkonsumsi edamame dalam jumlah secukupnya setiap hari dengan cara dikukus.

Tidak bisa dipungkiri, umur adalah rahasia Tuhan. Tapi, tidak ada salahnya bagi kita manusia untuk menjaganya agar tetap panjang. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, kemungkinan kita terserang penyakit pun akan lebih kecil. Tubuh pun akan semakin kuat dan siap melakukan aktivitas dengan maksimal.

photo cover & thumbnail: amoon ra

oleh: Ayunda

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US