CaraMenyimpanMakanandiKulkasAgarTetapSegar

July 11, 2019Qubicle Culinary
Sudah tahu bagaiamana cara menyimpan makanan di kulkas agar tetap segar?

Masih banyak yang kurang mengerti cara menyimpan makanan di kulkas dengan benar. Alhasil, bahan-bahan yang semula masih bisa digunakan malah terbuang. Padahal kalau paham cara menyiasatinya hal-hal mubazir itu bisa dihindari. Caranya nggak sulit, kalian hanya perlu mengetahui triknya dan meninggalkan kebiasaan buruk agar makanan-makanan yang kalian simpan tetap terjaga. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan kami berikut ini.

Tempatkan Sisa Makanan Pada Wadah yang Rapat

Sudah bukan rahasia lagi sisa makanan yang sudah dimasak dapat menimbulkan bau tidak sedap, terlebih jika salah teknik penyimpanan. Misalnya kalian langsung membiarkan lauk di piring tanpa tutup dalam kulkas. Tentu makanan ini lebih cepat basi dan malah akan terbuang. Hentikan kebiasaan itu dan mulai menyimpan makanan di kulkas dengan benar agar tetap segar. Tempatkan laukmu pada wadah yang rapat agar terjaga dari paparan bakteri, misalnya di dalam food container.

credits: https://unsplash.com/photos/WxNCLEKq4-Y

Bungkus Rapat Daging Mentah Dalam Kulkas

Jika ada daging di dalam kulkas, jangan biarkan terekspos begitu saja. Sebab daging mentah membawa bakteri dan kuman yang ditakutkan akan mengkontaminasi bahan lain. Kesegarannya pun juga ditakutkan akan berkurang. Untuk menjaganya, pastikan kalian membungkus daging mentah rapat-rapat di dalam kulkas. Dengan begitu kualitas makanan yang lain akan selalu terjaga dan menghindarkan kulkas dari sirkulasi udara yang buruk.

credits: https://unsplash.com/photos/gAIhUvHv0f0

Jangan Membiarkan Bawang yang Sudah Dikupas Terbuka

Pernahkah kalian menyimpan bawang yang sudah dikupas dan membiarkannya terbuka di dalam kulkas? Kami sarankan untuk meninggalkan kebiasaan itu sekarang juga dan mulai mengikuti cara menyimpan makanan di kulkas yang benar. Bawang yang sudah dikupas dan dipotong akan mengeluarkan gas dan menimbulkan bau menyengat. Dampaknya kulkas akan berbau tidak sedap, bahkan bisa merusak rasa makanan lainnya. Pastikan untuk menempatkan bawang pada wadah yang kedap udara agar aromanya tidak merebak kemana-mana.

Credits: https://unsplash.com/photos/2dzhYsVhLVA

Simpan Produk Susu Pada Wadah Plastik

Penggemar produk susu? Kalian harus mengetahui cara menyimpanan makanan di kulkas agar dairy favorit kalian tidak mudah basi. Untuk menyimpan keju kalian bisa memindahkannya di dalam mangkuk atau piring dengan bungkus plastik, atau juga bisa menggunakan aluminum foil dan membalutnya. Sedangkan pada susu yang sebelumnya dibungkus kotak karton bisa dipindahkan ke botol plastik agar menghindari pertumbuhan bakteri.

Credits: https://unsplash.com/photos/0aC-3Gt7jF4

Bungkus Sayur yang Mudah Busuk dengan Kertas

Belum sempat memakannya, tomat dan timun yang baru kalian beli dua hari lalu busuk. Kalian pasti merasa sedih jika sayur favorit yang disimpan tiba-tiba tidak layak konsumsi lagi. Jangan bersedih, kami punya triknya untuk kalian coba. Sayuran memang memiliki tingkat kelembaban lebih tinggi jika dibandingkan bahan-bahan sebelumnya. Untuk itu dibutuhkan pembungkus yang bisa menyerap cairan berlebih dan menguapkannya kembali. Cobalah bungkus sayuran dengan kertas atau koran, pasti akan lebih awet.

credits: https://unsplash.com/photos/PlwJRaz98iU

Menyimpan Telur dengan Ujung Kecil di Bawah

Kalau kalian terbiasa menyimpan telur dengan bagian kecil di atas, ternyata itu salah. Hal tersebut malah dapat membuat telur lebih cepat busuk. Sebab posisi ini malah akan menekan kantung udara yang terdapat di dalam telur. Simpanlah telur dengan posisi bagian yang kecil menghadap ke bawah agar telur tidak cepat busuk.

image thumbnail & banner: Pexels

oleh: Ayunda Sabrina

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US