EsCoklatLegendarisyangPanjangUmur

June 27, 2019Qubicle Culinary
Ketika pergi ke Surabaya, kalian harus menyempatkan waktu untuk mencoba es coklat legendaris yang satu ini.

Dibalik padatnya kota Surabaya, di sebelah utara kota, ada oase untuk pelepas dahaga masyarakat setempat, namanya adalah Es Coklat Tambah Umur. Toko es ini sudah berdiri lebih dari 50 tahun lalu. Awalnya es coklat ini dirintis oleh keluarga Wiwik Sugiyati tahun 1950 hanya dengan bermodalkan gerobak saja, namun kini sudah bisa kalian kunjungi kiosnya di Jl Simokerto No.49 Surabaya. Dan hingga saat ini bisnis es coklat ini sudah dipegang oleh 4 generasi.

Meskipun telah berganti generasi, citarasa Es Coklat Tambah Umur nggak pernah berubah. Karena, komitmen untuk mempertahankan resep yang sudah berusia lebih dari enam dekade ini adalah rahasia konsistensi mereka dalam urusan rasa. Wiwik Sugiyati pun tak pernah bergeming walaupun tren kuliner berbahan dasar coklat seperti mereka kerap wara-wiri.

“Karena menurut saya ketika tren itu datang dengan cepat, maka juga akan cepat pula hilangnya. Kalau citarasa kita kan stabil, dan khas. Makanya, kami enggak pernah kepikiran untuk melakukan modifikasi resep. Alasan orang datang kesini, mulai dari kakek hingga cucu, ya karena rasa Es kami yang tidak pernah berubah,” ujar Bu Wiwik, kepada Qubicle.

Tak hanya menawarkan es coklat, kedai ini juga menyediakan roti tawar, yang nantinya akan dicelupkan pada segelas larutan dari bubuk kokoa murni, khas Es Coklat Panjang Umur.

Mengapa namanya Panjang Umur karena itu adalah doa yang dipanjatkan oleh kakek dari Wiwik Sugiyati untuk seluruh konsumennya. Harapannya, lewat kelezatan es coklat buatanya, pembeli akan merasa bahagia. Dengan hidup berbahagia itulah, harapan berumur panjang disematkan dalam tiap gelas Es Coklat Panjang Umur.

Satu gelas Es Coklat Panjang Umur hanya dihargai Rp8.000. Dan jika ingin mencocolkan roti tawar, pembeli hanya perlu menambah Rp2.000. Hanya bermodalkan 10 ribu rupiah saja, lidah kalian akan dimanjakan oleh segelas es coklat yang manis, serta kelembutan roti tawar gandum a la Es Coklat Panjang Umur.


Oleh: Sammuel Christ

Editor: Elang Muhammad

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US