KebiasaanMemakanMakananyangKurangBaikuntukTubuh

May 29, 2019Qubicle Culinary
Beberapa kebiasaan makanan ini sebaiknya dihindari untuk kesehatan tubuh kalian.

Setiap wilayah memiliki caranya sendiri dalam menikmati makanan, hal itu tentunya juga tergantung dari situasi kita pada saat memakan tersebut, dan banyak juga mitos-mitos atau kebiasaan yang sangat erat hubungannya dengan perilaku kita terhadap makanan itu sendiri. Nah tetapi terkadang hal tersebut tidak baik untuk kesehatan kita, apa saja kebiasaan tersebut?


Mencelupkan Kembali Keripik yang Sudah Tergigit ke Saus

Mungkin memang sudah jarang teman kalian yang masih melakukan hal ini, tapi dengen bagitu tidak menutup kemungkinan kalau kalian akan tetap menemuinya. Seorang ilmuwan makanan di Clemson University South Carolina bernama Prof Paul Dawson membeberkan penelitiannya, dia menggunakan Sembilan orang sukarelawan yang diminta untuk melakukan pencelupan ganda makanan yang sudah digigit ke dalam saus, dan hasilnya terdapat hingga 10 ribu bakteri yang tertransfer. Wogh cukup banyak ya, bagaimana kalau yang dicelupkan adalah sisi lain yang tidak tergigit? Dawson mengatakan, hal itu tergantung dari kebersihan tangan seseorang yang bervariasi, dan mungkin saja orang akan terserang alergi dari saus yang sudah terkontaminasi alergen.


Berbagi Popcorn

Kebiasaan apa yang kalian lakukan jika sedang menonton film di bioskop? Apakah membeli seember popcorn dan juga memakannya bersama teman? Kalau iya, mulailah berfikir dua kali, karena berdasarkan penelitian dari Clemson University menemukan sejumlah bakteri kecil yang bisa berpindah dari tangan ke tangan ketika berbagi popcorn. Memang bagi orang dewasa beberapa bakteri itu tidak akan berpengaruh karena sistem kekebalan yang kuat, namun bagi orang yang tidak memiliki sistem tubuh yang kuat, seperti wanita hamil, anak kecil dan orang sakit akan memiliki resiko yang lebih tinggi.


Memakan Kue Ulang Tahun

Menyenangkan memang melihat teman kita meniup lilin di atas kue ulang tahun, tentunya pada saat hari ulang tahunnya. Namun penelitian menemukan hal yang cukup memilukan, bahwa setiap kue ulang tahun yang dekat dengan lilin memiliki 1400% lebih banyak bakeri bila dibandingkan dengan sisi yang tidak terkena tiupan, tentunya hal ini tergantung dari kebersihan orang yang meniup kuenya. Jadi disarankan untuk kalian yang sedang kurang sehat untuk berpikir dua kali bila ingin memakan kue ulang tahun.


Memakan Makanan yang Jatuh Kurang dari 5 Detik

Pernahkah kalian mendengarkan ada orang mengambil makanannya ketika jatuh dan berkata belum lima detik? Itu tidak terjadi hanya di Indonesia ternyata, tetapi juga dibeberapa negara lain. Dan melihat hal itu pakar keamanan pangan, Profesor Anthony Hilton dari Aston University mengatakan bahwa ada benarnya juga mengenai memakan makanan yang jatuh kurang dari 5 detik itu tidak akan berdampak apa-apa bila langsung diangkat, namun itu tergantung dari permukaan makanan tersebut mendarat dan jenis makanan yang jatuh. Jatuh di permukaan halus seperti kayu keras atau keramik biasanya lebih beresiko dibandingkan bila jatuh di permukaan kasar seperti karpet. Dan makanan lengket seperti mentega, selai, dan es krim lebih rentan untuk membawa bakteri ketika terjatuh.


Oleh: Elang Muhammad

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US