LahirdiMinang,ApaBedaNasiKapauSamaNasiPadang?

February 13, 2019Qubicle Culinary
Sama-sama jual rendang, gulai, dan ayam pop, terus apa ya bedanya nasi Kapau sama nasi Padang?

Setiap kali buka Instagram, kami sering banget liat update-an dari orang-orang yang isinya telor dadar lagi dimasak di penggorengan kecil. Awalnya ngerasa biasa aja, tapi setelah beberapa kali lihat kok jadi penasaran. Kenapa telor dadar itu bisa menggeser popularitas telur gulung di dunia per-Instagram-an. Pas kami cari tahu, ternyata telur dadar itu dipopulerkan sama sebuah restoran terkenal di Bintaro yaitu Nasi Kapau Pak Ciman. Buat sebagian orang, pasti taunya tempat itu adalah rumah makan Padang.

Aneka menu di Nasi Kapau Pak Ciman (Foto: Qubicle)

Padahal nasi Kapau beda sama nasi Padang. Kami udah datang dan tanya sendiri ke pegawai yang kerja di kedai Pak Ciman. Perbedaannya adalah dari cara penyajiannya, kalo beberapa rumah makan padang pilihan makanannya diantarkan langsung dan bisa kalian pilih langsung di meja. Lain cerita sama nasi Kapau. Kalian harus memilih makanan langsung di tempat penyajiannya. Jadi selain nasi, piring kalian sudah langsung diisi sama lauk pilihan kalian. Nggak heran kalo kedai Pak Ciman ramai banget. Soalnya nggak cuma nawarin telor dadar

Telur dadar istimewa (Foto: Qubicle)

yang unik, tapi juga suasana beda, makanan, dan minuman yang pasti masih jarang kalian cicipin. Kalo masih ragu buat ke sana, simak nih ulasan tentang kedai Pak Ciman di bawah ini:

Ada Menu Sayur Ketela

Menu Gajebo (Foto: Qubicle)

Pas mau milih lauk, kami takjub karena ada sayur ketela balado, bentuknya seperti kentang. Lalu kami pilih menu lain yaitu ayam gulai, sayur terong, dan gulai telur ikan. Pastinya kami juga pesan telur dadar yang ramai banget dipesan para pengunjung. Tibalah kami ke meja buat mencicipi makanan yang kami pilih. Di gigitan pertama, kami langsung takjub sama rasa sayur ketelanya. Awalnya kami pikir lembut ternyata teksturnya garing, pas banget dimakan sama nasi hangat. Ayam gulai sama gulai telur ikannya sih menurut kami biasa aja. Tidak ada istimewanya, sama enaknya kaya yang dijual di restoran lain. Tapi untuk telur dadar perlu diakui, rasanya bisa membuat kami tersenyum karena beneran enaak.

Minum Es Bambu

Es  teler dan es lychee bamboo (Foto: Qubicle)

Abis makan nasi kapau nggak lengkap rasanya kalo nggak cobain minumannya juga. Karena pengin yang segar-segar, akhirnya kami cicipin es lychee bamboo dan es teler. Kami penasaran buat cobain es bambu karena ngeliat pelayan ngebawain menu itu buat pelanggan lain. Isi di dalam bambunya ada air leci beserta buahnya dengan tambahan biji selasih di dalamnya. Cukup menarik rasanya. Sedangkan es telernya cukup segar, bentuknya yang seperti es campur dengan tambahan sukade di atasnya.

Tempatnya Lebih Modern

Interior Kedai Pak Ciman (Foto: Qubicle)

Pak Ciman menyediakan dua ruang besar buat kalian yang mau menyantap makanan di sana. Kedai ini mengusung konsep yang cukup modern bila dibandingkan kedai nasi kapau pada umumnya. Kalo kalian ke sini pas akhir pekan, jangan heran semua tempat duduknya bakal penuh sama pengunjung.

Kesimpulannya menurut kami Nasi Kapau Pak Ciman sangat wajib dikunjungi, apalagi kalo kalian lagi ada di sekitaran di Bintaro. Waktu kami ketemu sama manager-nya dia bilang kalo beberapa makanan tetap mempertahankan cita rasa aslinya. Pantes, menarik banget rasanya. Satu lagi yang menarik dari nasi kapau ini adalah slogan yang disematkan di bagian belakang setiap seragam karyawannya, yaitu lamak di awak katuju di urang. Artinya enak di saya dan juga enak di kalian.


Lokasi:  

Kedai Pak Ciman

Bintaro Avenue Lantai 2 jalan M.H. Thamrin Blok A2 No. 1, Bintaro, Tangerang Selatan

Jam buka: 07.30-22.00



Oleh: Elang Muhammad

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US