MemulaiHariDenganMenuSarapanPagiDunia

November 18, 2019Qubicle Culinary
Sebagai WNI kita biasanya familiar dengan menu sarapan pagi seperti nasi uduk atau bubur ayam. Tapi, apa yang terjadi di belahan dunia?

Sarapan bisa dibilang jadi waktu makan yang paling penting dalam sehari penuh. Alasannya, tanpa sarapa yang cukup kita tidak akan bisa berfungsi secara maksimal untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Biasanya, sebagai Warga Negara Indonesia kita lebih familiar dengan menu sarapan yang didominas dengan karbohidrat agar lebih semangat beraktivitas, misalnya nasi uduk atau bubur ayam. Lantas, apa yang terjadi di belahan dunia sebelah sana? Apa yang mereka santap sehingga kuat untuk memulai hari sejak pagi?

Hafragrautur

Menu sarapan pagi ini berasal dari Islandia. Hafragrautur terbuat dari oatmeal yang dimasak dengan susu dan bertabur topping manis seperti kismis, gula merah dan kacang. Menu ini juga bisa dikatakan sehat, karena tinggi serat dan rendah sodium tapi cukup manis untuk tetap memberikanmu energi dan beraktivitas setiap hari. Kalau ingin mencoba untuk memasaknya sendiri di rumah tampaknya cukup memungkinkan karena bahan-bahan yang dibutuhkan mudah dicari.

Upma

Berasal dari India bagian Selatan, Upma merupakan salah satu menu sarapan yang terbilang sehat, mirip dengan bubur ayam di Indonesia. Upma disajikan dengan beberapa campuran bahan yang terdiri dari rempah-rempah seperti bubuk jintan, daun kari, jahe, biji mustard, bawang dan kacang. Ada juga topping lainnya yang menambah kelezatan pada Upma, yaitu tomat dan daun seledri. Tentu saja semakin mengkonfirmasi kalau ini adalah sarapan yang sehat.

Pannkakor

Pannkakor merupakan menu sarapan pagi khas Swedia. Menu ini sebenarnya adalah pancake yang disajikan dengan berbagai topping. Yang cukup membedakan adalah ukurannya. Pannkakor disajikan dengan ketebalan yang lebih tipis jika dibandingkan dengan pancake pada umumnya. Walaupun toppingnya cukup umum, yaitu buah seperti stroberi dan juga whipped cream.

Pho

Siapa yang tidak menyangka kalau ternyata Pho merupakan menu sarapan pagi? Ternyata menyantap Pho di pagi hari sebelum beraktivitas sudah menjadi kultur warga Vietnam. Biasanya hidangan ini disajikan panas-panas dengan kuah kaldu yang menyegarkan. Ditambah dengan mie beras dan juga tauge dan potongan daging yang pastinya akan membuatmu bertenaga untuk memulai aktivitas.

Itulah beberapa menu sarapan pagi dari berbagai belahan dunia. Kalau bosan dengan rutinitas nasi uduk, tidak salah kok untuk mencoba hidangan baru di atas sebelum memulai hari. Selamat mencoba! 

photo cover & thumbnail: Rachel Park

oleh: Ayunda

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US