MencicipiCumiBakaryangPopularitasnyaLagiMelejit

January 08, 2019Qubicle Culinary
Berhubung cumi bakar lagi hits banget, akhirnya banyak yang aji mumpung jualan jajanan sejenis di Jakarta!

Lagi-lagi ada makanan viral! Alasan viralnya ya karena makanan itu mejeng di media sosial Instagram salah satu penggila kuliner. Instagram memang paling berpengaruh buat bikin kalian laper, ngiler, dan pesen makanan. Impulsif banget deh kalian kalo udah melototin gambar makanan di medsos.

Kalo kami perhatiin, salah satu makanan yang dari akhir tahun 2018 sampai awal tahun 2019 ini masih viral banget adalah cumi bakar khas Thailand. Si cumi jadi hits banget setelah dipopulerkan sama akun Instagram @khaydi.yk yang memang jualanan makanan itu. Buat kalian yang belum tahu, cumi jualannya Khaydi ini beda karena nggak cuma dibakar di atas arang sambil diolesin kecap manis. Abis dibakar cuminya dikasih olesan saus lagi, jadi rasanya sausnya lebih meresap ke daging cuminya.

Nah sejak para influencer di Yogyakarta mulai tertarik sama bentukkannya si cumi dan ramai-ramai mem-posting di Instagram, keteranan cumi bakar ini langsung melejit! Kami bilang sih, bentukkannya agak aneh, cuminya dipotong bulat kaya cincin, tengahnya ditambahin potongan bakso atau sosis, terus disusun ditusukan sate. Udah kebayangkan sama bentuk anehnya? Abis itu baru dikasih saus khusus dan dipanggang di atas penggorengan datar.

Sate Cumi Bakar Khaydi (Foto:  Instagram @Jogjabikinlaper)

Meskipun bentuknya aneh, tapi rasanya patut banget kalian acungkan jempol. Rahasia kelezatannya karena setelah dibakar, si cumi masih diberi olesan sambal biar makin pedas rasanya. Mantap banget tuh pasti rasanya. Sayangnya, cumi bakar hits itu cuma ada di Yogyakarta dan cuma jualan di bazar-bazar. Bener-bener mirip makanan langka!

Tapi bukan di Indonesia namanya kalo nggak ikutan bikin sesuatu yang lagi viral. Popularitas jajanan yang lagi melejit ini pun dimanfaatkan sama beberapa pemain pasar kulner, salah satunya yang ada di Jakarta. Kalau pengen coba, kalian bisa mampir ke tempat di bawah ini:

Cumi Sindut - Pecenongan

Sate cumi bakar ini aslinya juga dari Jogja. Tapi sejak jajanan ini jadi viral, Cumi Sindut juga kebagian hoki dan ikutan populer sampai buka cabang di Jakarta, Bali, dan Balikpapan. Dari tampilan, sate cumi ini sama persis dengan Khaydi, bahkan tidak bisa dibedakan kalau dari menunya. Ukurannya sama, dengan enam potong sosis balut cumi per tusuk, terus baru dibakar setelah diberi bumbu.

Bumbunya ada pilihan rica-rica atau taichan, biar nggak kalah ikutan tren. Harga per tusuknya kisaran Rp25.000 – Rp30.000. Harganya juga nggak jauh bedalah sama cumi bakar hits Yogya. Selain buka stand kecil di Lippo Plaza Yogya, cumi ala sindut juga sering ikutan bazar. Sekarang akhirnya kalian bisa icip jajanan ini di daerah Pecenongan Jakarta Pusat!

Alamat: Kawasan Wisata Kuliner Pecenongan, Jakarta Pusat

Squid King - Pasar Lama Tangerang

Squid King (Foto: Squid King)

Jangan bayangin makan nyaman di restoran super dingin. Soalnya Squid King jualan cumi bakarnya di gerobak dorong yang terbuat dari kayu. Terus nggak ada kursi juga buat makan di tempatnya langsung.

Tampilan cuminya sih nggak jauh beda sama yang ada di Kota Gudeg. Tapi isinya cuma ada lima potong cumi yang tengahnya diisi sosis, kalo Khaydi kan ada enam potong cumi per tusuknya. Harga satu tusuknya Rp25.000, karena saus bakarannya punya rasa asam manis, jadi disediain sambal lagi buat kalian yang suka pedas!

Alamat: Jalan Kisamaun, Sukasari, Tangerang

Kerang Ngenes - Pasar Rebo dan Bekasi

Kerang Ngenes (Foto: Instagram @spicyfoodid)

Dulunya tempat ini cuma jualan kerang aja. Tapi karena popularitas cumi bakar lagi melejit, tempat ini juga ikutan aji mumpung jualan sate cumi bakar. Kerang Ngenes udah jualan di 10 kota di Pulau Jawa, tapi cuma di Yogya sama Jakarta aja yang ada menu sate cuminya. Terus menunya langsung dikasih nama “Cumi Bakar Viral”.

Isinya ada enam potong per tusuk. Harganya lebih murah, cuma Rp22.000. Pas kami ke sana, cara bakarnya beda sih. Dibakarnya pake mentega dulu, abis itu baru diolesin bumbu setelah matang. Bumbunya sekilas mirip sama bumbu seafood biasa aja! Tapi cumi bakar di sini sempet diliput sama Net TV karena popularitas cuminya.

Alamat: Jalan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur

Gimana, udah coba belum? Kalo belum, tertarik nggak buat cobain? Jangan sampai ketinggalan makanan hits yang lagi tenar deh, gimana rasanya nanti mah belakangan yang penting cobain dulu biar nggak nyesel. Tapi kalo kalian udah pernah coba makan sate cumi dan enak, kasih tau kami ya di kolom komentar tempat jualannya.


Foto Header: Instagram @KulinerBekasi

Foto Thumbnail: Instagram @Jogjabikinlaper

Oleh: Ainin Dita Z

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US