MenuBekalHematTanggalTuaSelainMieInstan

October 23, 2019Qubicle Culinary
Kami punya rekomendasi menu bekal hemat untuk tanggal tua supaya kamu nggak terpapar mie instan setiap saat.

Bagi sebagian orang, tanggal tua merupakan momok paling menyeramkan di dalam hidupnya. Bagaimana tidak? Gaji yang tidak kunjung turun membuat keinginan yang diidamkan sementara harus tertunda. Terlebih lagi jika pengelolaan keuangan tidak diatur dengan benar, alhasil sebagian orang bahkan tidak bisa makan layak di saat-saat kritis ini. Solusinya, beli mie instan lagi buat makan sehari-hari. Sebenarnya mie instan tidak seburuk itu, tapi jika dikonsumsi secara berkepanjangan dan tanpa jeda akan muncul dampak buruk bagi tubuh dari makanan olahan tersebut. Untuk menyiasatinya, di bawah ini kami punya rekomendasi menu bekal hemat untuk tanggal tua supaya kamu nggak terpapar mie instan setiap saat.

Nasi Telor Kecap

Rasanya nggak mungkin sebagai Warga Negara Indonesia untuk berfungsi dengan baik tanpa nasi. Kasarnya seperti itu, tapi saat tanggal tua menu bekal hemat berupa nasi, telur dan kecap akan terasa sangat nikmat. Cukup tiga bahan yang kamu perlukan, yaitu telur, kecap asin dan nasi. Dimana biasanya bahan-bahan ini sudah tersedia di kasur. Jika harus beli pun biaya yang kamu butuhkan nggak bikin sakit hati. Untuk rasa yang lebih nikmat, kamu bisa menambahkan potongan cabe atau bawah merah di atasnya saat kamu menggoreng telur bersama dengan taburan kecap asin.

Rendang Tempe

Siapa bilang tidak ada opsi lain untuk mewujudkan makan siang rendangmu saat tanggal tua? Coba untuk mengganti daging dengan tempe, dan ciptakan rendang tempe. Untuk membuat bumbunya pun tidak perlu repot, kamu bisa menggunakan bumbu racik yang biasa tersedia di warung-warung terdekat kesayangan kamu. Jangan lupa untuk mendampingi menu bekal hematmu ini dengan nasi panas ya.

Nasi Goreng

Kalau menu yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi khasiat nahan kenyangnya buat jadi menu bekal tanggal tua kamu. Nasi goreng sudah menjadi tradisi soal menu makanan hemat yang akan bikin kamu kenyang seharian. Cara membuatnya juga sangat simpel, tinggal tumis bumbu nasi goreng racik atau buat bumbu sendiri dan masukan bahan-bahan yang mau kamu masak. Voila! Jadilah bekal hemat khas tanggal tua buat kamu bawa kerja.

Sup Jagung

Tenang, ini bukan sup jagung kayak di restoran-restoran dengan harga lumayan pada umumnya. Kami ingat kok ini sedang tanggal tua. Cara membuatnya juga mudah, tidak perlu banyak bahan. Kamu bisa membuat sup sendiri dengan bumbu yang ada di dapur, misalnya bawah putih dan bawang bombay. Jika tidak ada bawang bombay, kamu bisa menggunakan daun bawang dan tinggal tambahkan lada garam. Lalu agar kuah mengental, tambahkan sedikit tepung maizena atau terigu saat menumis bumbu sebelum kamu menambahkan air. Setelah itu masukan jagung yang sudah kamu sisir. Kamu juga bisa menambahkan putih telur untuk asupan protein lebih. Jadi deh sup jagung ala kampung! 

Itu dia beberapa menu bekal hemat yang bisa kamu siapkan saat tanggal tua tiba. Tidak usah bingung, cukup wujudkan dengan sedikit kemauan dan kerajinan. Niscaya kamu akan menemukan bekal yang tidak kalah lezat dari mie instan, tentunya akan lebih bergizi.

photo cover & thumbnail: Caroline Attwood

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US