MiAyamCollection:JakartaBarat

April 15, 2019Qubicle Culinary
Setelah daerah Selatan dan Timur Jakarta, kini saatnya rekomendasi mi ayam daerah Jakarta Barat.

Jakarta Barat bisa dibilang tidak hanya padat penduduk, tapi juga padat variasi kuliner! Tidak sedikit juga mi non halal yang ramai di tempat ini. Tapi masih melanjutkan mi ayam collection sebelumnya, kami pilih tiga mi ayam yang paling unik dan nikmat di sini.

Kalau boleh spoiler sedikit, yang juara dari Mi Ayam di Jakarta Barat adalah topping-nya! Walaupun judulnya mi ayam, tapi selain ayam topping tambahannya banyak! Langsung dicek rekomendasinya yuk!

Telor Muda yang Diperebutkan: Bakmi Ayam Acang

Mi ayam collection yang pertama ada lah Bakmi Ayam Acang. Yang jadi jagoan di sini adalah: telor muda rebus. Untuk menyediakan topping tambahan telor muda rebus ini, Bakmi Ayam Acang harus berebutan dengan tukang Sate Ayam dan Bubur Ayam. Bentuknya berupa kuning telur bulat yang luarnya licin, dan hanya terasa kuning telur saja. Tapi teksturnya berbeda dengan kuning telur biasa, yang ini tidak amis dan ukurannya berbeda walau dalam satu mangkuk.

Bakmi Ayam Acang memang nikmat, agak keriting dengan tekstur kenyal berwarna kuning pucat, kering dengan kuah terpisah, tapi gurih. Topping standarnya ada ayam kampung rebus yang diiris tebal, daun selada, dan potongan daun bawang.

Beruntung kami ke sini sebelum jam makan siang jadi masih kebagian telor muda rebus. Masih dengan tambahan suikiaw yang isinya padat dengan potongan ayam dan udang yang masih berpotongan besar di tengah.

Pesan setengah porsi saja mi-nya sudah menenuhi tiga perempat mangkok mi ayam standar. Ada porsi besar dengan mangkuk yang lebih besar, tentunya lebih puas dan lebih kenyang! Dengan varian topping yang ditawarkan saja kami sudah sangat kenyang dengan mi setengah porsi, bayangkan kalau lengkap dengan porsi mi standar!

Lokasi: Jl. Dr. Susilo III No.14, RT.04/RW.05, Grogol


Varian Topping Baru yang terus bertambah: Bakmi Alek

Khasnya bakmi ini memang topping ayam kampung yang dipotong halus memanjang. Walau lokasinya kecil bakmi ini langsung menarik perhatian karena varian topping-nya yang banyak selain ayam kampung itu sendiri. Mulai dari urat sapi, pangsit rebus, sengkel sapi, gyuniku roll, lemon butter dory, cumi hitam, sirloin, hingga salmon dan saus carbonara! Tidak heran tempat ini kami masukkan ke list mi ayam collection karena yang datang tidak hanya pecinta bakmi ayam saja, tapi juga orang-orang yang ingin merasakan mi dengan sensasi berbeda.

Tapi terlepas dari topping-nya yang sangat beragam, bakmi ayam kampung originalnya tetap juara. Melalui menu inilah yang membuat pelanggan datang kembali. Apalagi ditambah pangsit rebus, bakso, dan bakso goreng yang tidak pernah berhenti digoreng saking terkenalnya. Bakso gorengnya memang renyah, dengan potongan kulit ayam di tengahnya. Cocok dijadikan cemilan sebelum bakmi pesanan datang, lebih cocok lagi dijadikan topping bakmi tambahan! 

Lokasi: Jl. Meruya Ilir Raya No.43, RT.1/RW.7, Srengseng, Kembangan


Ayam dan Kangkung berpadu di Bakmi Fafa

Salahsatu bakmi spesialis dinner di daerah Mangga Besar nih. Bukanya baru sore hari, dan siap-siap susah cari parkir karena lokasinya yang mungil di pinggiran jalan utama. Bakminya bertekstur lurus kekuningan khas mi ayam, tapi berkuah kecoklatan gurih dari topping rebusan ayam cincang tanpa tulangnya. Dan kangkung rebus ditambahkan terpisah, langsung direbus dadakan ketika dipesan. Tambahan kangkung inilah yang membuat sensasi makan bakmi ini menjadi unik karena rebusan kangkungnya pas, masih terasa renyah ketika digigit, menyeimbangi bakminya yang lembut.

Selain kangkung, bisa juga diberi tambahan tauge rebus dengan request. Dan walaupun terlihat aneh, surprisingly paduannya cocok! Apalagi dengan taburan bawang goreng dan sambal uleg yang disediakan.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.48, RT.2/RW.8, Krukut, Tamansari


Dari tiga bakmi ini saja, sudah bingung kan memilih topping  mi ayam di antara varian yang banyak ini? Mana menurut kalian dari list mi ayam collection Jakarta Barat yang paling wajib dicoba duluan nih?


Oleh: Ainin Dita Z

Editor: Elang Muhammad

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US