RahasiaKopiKlotokyangMasihRamaiHinggaSaatIni

March 14, 2019Qubicle Culinary
Terlihat tidak ada yang spesial dari menu kopi klotok, tapi ternyata ini rahasianya hingga sekarang tetap ramai

Gini, bagi kalian yang domisili di Yogya, tentunya sudah tidak asing dengan Warung Kopi Klotok di daerah Pakem jalan Kaliurang KM 12. Beberapa tahun belakangan warung kopi klotok ini menyita banyak perhatian. Keramaian dari sebuah warung ndeso di pinggir sawah yang membuat banyak lidah penasaran ingin datang, mencicipi, dan meniru kesuksesan konsep usaha kuliner ini.

Baiklah, sebelum masuk ke 3 rahasia yang dijanjikan, kalian harus tahu dulu apa itu kopi klotok. Oke, jadi kopi klotok itu adalah cara membuat, kok gitu? Haya iya dong, karena biji kopi digoreng di panci sampai biji kopinya cracking dan berbunyi “klotok klotok” kemudian diseduh air. Nah begitu! Kalau sudah paham, kita bisa masuk ke rahasia pertama.

Rahasia pertama, menu unik & wuenak. Warung ini tak hanya warung kopi tapi juga warung makan. Mas Iwan, salah satu orang dalam Warung Kopi Klotok menuturkan bahwa kebanyakan pengunjung di sini dimulai dengan makan dengan sayur lodeh, kemudian diakhiri dengan santai minum kopi dan seporsi pisang goreng yang melegenda wuenaknya. Tak mau percaya begitu saja dengan untaian kata mas Iwan, saya pun mencoba nasi panas dengan sayur lodeh dan gorengan. Woh, ini enaknya ndeso banget. Lidah saya langsung mengenali cita rasa ini. Paduan kuah santan dan bumbu ini jaminan pengalaman rasa desa. Makan berat, sudah, saatnya kopi klotok dan pisang goreng andalan. Ehmh! Duh manisnya pisang goreng ini, manisnya jodoh banget buat ngimbangin rasa kopi klotok. Oh pantes, kenapa banyak orang tergila sama duo menu hidangan ini. Ah amboinya hidup! Sederhana lyfe.

Hidangan sayur lodeh (Foto: Qubicle)
Kopi klotok dan gorengan pisang yang melegenda (Foto: Qubicle)

Rahasia kedua, lokasi adalah kunci. Jalan Kaliurang adalah salah satu jalan wisata tersibuk di Yogya. Ya gimana nggak, di sini tempatnya orang yang kepanasan mencari selimut sejuk udara gunung Merapi yang menyibak penat dan segala hidup yang penuh dengan diskonan, “eh ini lucu”, tagihan uang kos, dan tagihan kartu kredit yang bikin hati terguncang. Karena ya karena ramai akan wisatawan dan dekat dengan salah satu universitas terbesar di Yogya, maka warna pengunjung warung ini bisa dipetakan dengan mudah. Mas Iwan dengan mudah menandai waktu. Jam 3 sore sampai Maghrib itu penuh dengan mahasiswa, biasanya mereka duduk di pinggir sawah sambil ngopi dan makan pisang goreng. Lepas Maghrib, baru pegawai kantoran melepas lelah sambil makan malam dan ngobrol bersama teman-temannya, sedangkan hari libur didominasi oleh wisatawan. Sekali lagi mas Iwan berkata benar, saya datang sore sekitar jam 4, terlihat mahasiswa mendominasi beberapa tempat duduk. Setelah petang, gerombolan pekerja yang masih mengenakan seragam dan tanda pengenal mengisi kursi-kursi di dalam warung.

Suasana di dalam kedai (Foto: Qubicle)
Bisa memilih duduk di tepi sawah (Foto: Qubicle)

Rahasia ketiga ini banyak orang tahu tapi terkadang mengesampingkan, keberuntungan. Warung Kopi klotok tidak sesingkat ini mencapai sukses seperti sekarang. Sebelumnya mereka sempat buka di daerah Secang, Magelang. Namun karena ada permasalahan, maka sempat tutup, dan sampai akhirnya mereka berjodoh dengan tanah yang sekarang. Keberuntungan memang dianggap tidak rasional, namun “bejo” adalah keyakinan yang umum di masyarakat Jawa. Ada yang bilang, beruntung atau bejo adalah titik di mana usaha keras, konsistensi, penelitian, dan keyakinan berkolaborasi menjadi satu kesatuan.

Mas Iwan, salah satu pegawai Kopi Klotok (Foto: Qubicle)

Ya begitulah rahasia yang dijanjikan. Banyak elemen yang harus dikawinkan agar sukses bisa digenggam. Memang nggak mudah jadi pengusaha, kalau mudah semua orang akan kaya raya dan #sobatmisqueen punah. Sedih.


Oleh: Yudo Nugroho

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US