SudahTauFaktaSushiBerikutini?

July 09, 2019Qubicle Culinary
Banyak fakta sushi yang belum pernah kamu ketahui dan akan membuatmu tercengang saat mengetahuinya

Siapa yang tidak ketagihan makan sushi? Makanan yang dikenal berasal dari Jepang ini telah merajai kancah kuliner sejak bertahun-tahun lamanya. Penyajian dan rasanya yang terbilang unik melekat dibenak banyak orang dan menjadi makanan favorit mereka. Bahkan, yang tadinya merasa sungkan untuk menyantapnya karena disajikan mentah jadi ikut terpesona dengan rasanya. Bukan hanya itu, sushi juga membawa banyak gizi yang diperlukan oleh tubuh dan dapat menjadi makanan sehat bagi mereka para penganut eat clean. Bukan hanya itu, masih banyak fakta sushi lainnya yang bisa kamu ketahui.

Dulu Sushi adalah Makanan Siap Saji yang Murah

Pernah tercengang dengan harga bill yang kamu terima selepas menyantap sushi di restoran ternama? Itu karena sushi telah berkembang menjadi hidangan bintang lima dengan harga yang tidak murah. Padahal dulu faktanya sushi merupakan hidangan cepat saji yang murah untuk dimakan saat menonton film bioskop, persis seperti popcorn!

Ternyata Bukan Berasal dari Jepang

Fakta sushi pertama yang harus kamu ketahui dan mungkin akan mengejutkanmu adalah, sushi bukan berasal dari Jepang. Bagaimana mungkin? Pasti itu pertanyaan yang muncul dari dalam kepala. Sebenarnya, Narezushi yang menjadi awal mula sushi berasal dari sekitar sungai Mekong sebelum akhirnya menyebar ke China hingga ke Jepang. Narezushi sendiri merupakan fermentasi ikan yang dibalut dengan nasi berbumbu asam. Sangat mirip dengan konsep sushi, bukan? Baru ketika akhir zaman Edo, Hanaya Yohei menciptakan sushi dengan konsep kini yang digunakan hingga sekarang.

Makan Sushi Seharusnya Tanpa Sumpit

Sebenarnya fakta sushi yang satu ini sudah cukup banyak diketahui. Makan sushi secara tradisional langsung disuap dengan tangan, sedangkan sumpit biasa digunakan untuk makan sashimi. Makannya pun harus langsung habis sekali suap dan jangan digigit agar mendapatkan rasa keseluruhan dalam satu suap.

Jangan Mencelupkannya ke dalam Soyu

Biasa mencelupkan potongan sushi langsung ke dalam soyu beserta nasinya? Ternyata menurut fakta sushi, ini bukan cara yang benar. Celupkan soyu pada bagian ikan mentahnya sedikit saja, kemudian makan dengan nasi menghadap ke atas. Tujuannya untuk menghindarkan rasa asin yang berlebihan pada nasi jika menyerap soyu. Posisi terbalik dengan potongan ikan di bawah juga akan menambah rasa di lidah.

Habiskan Soyu yang Sudah Dituang

Kalau kamu merupakan penggemar sushi yang sering menuang soyu berlebihan, sebaiknya kamu berhati-hati. Kegiatan ini mungkin terasa lumrah jika kamu lakukan di sini, namun kalau kamu melakukannya di restoran sushi Jepang ternyata membuat soyu terbuang terkesan tidak sopan. Tuangkanlah soyu secukupnya pada mangkuk kecilmu, jangan sampai tersisa dan malah menjadi mubazir. 

Image banner & thumbnail: Unsplash

oleh: Ayunda Sabrina

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US