TakHanyaBuburAyam,BuburNusantarainiWajibDicoba

March 12, 2019Qubicle Culinary
Tak sering menjadi opsi sajian, ternyata bubur Nusantara ini patut dicoba di Jakarta

Memiliki budaya yang sangat beragam, menjadikan negara kita kaya akan segala hal yang menjadi produk budaya itu sendiri, salah satunya ada di sektor kuliner, setiap daerah memiliki kekhasannya. Banyak pula makanan yang namanya sama namun memiliki cita rasa berbeda karena daerah asalnya, berikut adalah beberapa bubur Nusantara yang bisa kalian nikmati di Jakarta.


Bubur Ase

Bubur Nusantara asal Jakarta ini sudah sulit didapatkan walaupun di Jakarta sekalipun. Tapi apabila kalian ingin mencobanya, kalian bisa segera menuju Bubur Ase Bang Lopi di Pasar Gandaria Jalan Kebun Kacang 9 No. 5. Semangkuk Bubur Ase berisikan Bubur Beras yang disiram dengan kuah semur beserta tahu atau daging dan juga diberikan oleh topping isian asinan betawi yaitu sawi, tauge, kerupuk dan juga kacang goreng. Sungguh menarik kan untuk dicoba.


Bubur Tinutuan / Bubur Manado

Ini dia salah satu bubur yang mungkin sudah familiar di telinga kalian. Sekilas bagi tim pemakan bubur tidak diaduk mungkin kurang berminat memakannya, tapi bolehlah sesekali kalian mencobanya mungkin seleranya cocok dengan yang diberikan oleh kuliner satu ini. Umumnya bahan yang digunakan adalah beras, bayam, kemangi, kangkung, ubi merah, jagung, dan beberapa sayuran lainnya. Biasanya kalau di kota asalnya, ikan asin dan juga sambal menjadi tambahan yang tidak boleh ditinggalkan. Jika tertarik kalian bisa mengunjungi Restoran Ikan Tude di Jalan Blora Raya No. 29, Thamrin, Jakarta Pusat.


Bubur Madura

Berbeda cita rasa dengan 2 bubur Nusantara di atas. Bubur Madura memiliki rasa yang manis. Bisa menjadi makanan inti atau kudapan, isiannya terdiri dari bermacam-macam bubur, seperti bubur sumsum, bubur candil, bubur ketan hitam dan juga bubur mutiara, tidak lupa diberikan kuah berupa santan dan juga gula merah cair, penasaran kan buat dicoba, langsung aja datang ke Kemangi Resto di Jalan Puri Indah raya No. 6, Kembangan, Jakarta Barat.


Bubur Paddas Singkawang

Bagi kalian yang tidak suka makanan pedas mungkin sudah enggan untuk mencobanya, tapi walau namanya Paddas, bubur Nusantara memiliki rasa yang sebaliknya malah pertama yang terasa ketika mencobanya adalah gurih dan asam karena campuran jeruk yang disajikan bersama buburnya. Dalam semangkuk bubur ini terdapat beras yang disangrai lalu ditumbuk halus dan direbus hingga menjadi bubur nasi lalu dicampur dengan kaldu, jagung, pakis, kangkung, toge, dan ditaburi kacang tanah dan ikan teri. Meski jarang ditemui di Jakarta tapi kalian bisa berkunjung ke Sallo Innyan Kopi Pontianak di Jalan Tebet Timur Dalam II No. 38C, Tebet untuk mencoba bubur Nusantara ini.


Nah gimana? Bingung bubur mana yang menjadi prioritas untuk kalian coba terlebih dahulu? Manapun yang lebih dulu, jangan lupa kasih pengalaman kalian ketika mencoba bubur Nusantara tersebut di kolom komentar ya.


Oleh: Elang Muhammad


Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US