TipsMembuatFoodPlatingSendiriDiRumah

September 30, 2019Qubicle Culinary
Tidak perlu menjadi seorang profesional untuk membuat makanan terlihat menggugah. Kami punya tips food plating jitu untuk dicoba.

Bagi sebagian orang, presentasi makanan yang indah membuat nafsu makan ikut bertambah. Bagaimana tidak? Saat makanan tersaji dengan rapih, pasti perasaan baik akan ikut muncul. Layaknya jatuh cinta, peribahasa dari mata turun ke hati juga berlaku di sini. Pengalaman menyantap makanan pun akan terasa lebih menyenangkan. Biasanya teknik ini kita temukan saat ke restoran-restoran mahal dengan chef andal yang cukup tidak masuk akal kalau harus menjadi tempat makan setiap hari dan hari sekali. Tidak perlu menjadi seorang profesional untuk mewujudkan kemampuan tata makanan itu sendiri. Di bawah ini kami punya tips food plating untuk kamu coba sendiri di rumah.

Pilih Wadah Yang Akan Digunakan

Pertama-tama yang harus kamu pertimbangkan adalah menentukan wadahmu. Anggap piring yang akan digunakan adalah kanvas dan makananmu menjadi catnya. Tentu seorang pelukis menginginkan kanvas yang masih polos dan bersih, dong? Oleh karena itu, piring berwarna putih bisa menjadi pilihanmu sebelum memulai food plating. Piring berwarna putih akan menonjolkan makananmu yang datang dari berbagai macam warna.

Tentukan Titik Fokus

Dalam teknik food plating, menentukan titik fokus adalah hal yang cukup penting. Hal inilah yang nantinya akan menjadi acuanmu dan memudahkanmu saat meletakkan makanannya. Untuk menentukannya, pilih makanan yang akan di highlight pada piringmu. Umumnya, lauk yang berprotein akan dipilih untuk menjadi titik fokus, misalnya ayam bakar atau daging steak. Kemudian bahan makanan lainnya akan mengikuti dan mempercantik.

Atur Tata Letak Makanan

Sekarang saatnya menentukan tata letak makananmu. Biasanya teknik paling mudah yang sering digunakan oeleh para chef adalah clock layout yang membagi-bagi makanan sesuai dengan angka pada jam. Sebagai contoh, ketika ingin mempresentasikan telur orak-arik, kamu bisa meletakannya di antara pukul 2, sayuran di pukul 3 sampai 9 dan karbohidrat pada jam 10 ke atas. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mewujudkan food plating yang diimpikan.

Kombinasikan Warna Dan Tekstur

Teknik lain yang bisa kamu eksplor dalam food plating adalah dengan mengkombinasikan warna dan tekstur. Tujuannya adalah untuk menemukan sisi estetika terbaik dalam hal tampilan saji. Sebagai contoh, saat kamu menyajikan ikan bakar lalapan yang punya warna segar akan terlihat cantic jika diletakan berdampingan dengan ikan bakar yang berwarna gelap dan nasi yang terlihat membosankan. Begitu juga dengan tekstur, peletakan berdampingan antara tekstur yang renyah dan lembut akan membuat tampilan lebih menggugah selera.

Itulah beberapa tips food plating yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk memastikan piring sajimu bersih dan memiliki tinggi yang wajar agar tidak tumpah saat piring diangkat. Selamat makan!

photo cover & thumbnai: Wesual Click


Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US