TrenBaru2019:KulinerSehatCitaRasaIndonesia

February 12, 2019Qubicle Culinary
Ngerasa kebanyakan micin? Kepala suka pusing terus badan males gerak? Mending ubah pola makan pakai kuliner sehat cita rasa Indonesia

Jenis kuliner apa yang belum pernah kalian cicipin di Jakarta? Street food pasti udah sering, makanan hits di kafe instagramable juga udah nggak asing lagi. Tapi kalo restoran yang menyediakan kuliner sehat, pasti kalian jarang datengin kan? Alasannya, pasti nggak suka sayur atau takut makanannya nggak enak. Beberapa tahun lalu makanan sehat identik dengan cita rasa yang nggak mampu menggugah selera seperti sayur-sayuran, biji-bijian, daging tanpa bumbu, atau cuma sup bening. Tapi inovasi baru telah berkembang setahun belakangan ini sampai awal tahun 2019.

Di beberapa restoran dan kafe, kuliner sehat diolah dengan cara yang tepat. Jadi sekarang kalian bisa dengan mudah menyantap makanan sehat. Nggak cuma sehat, cita rasanya enak dan rata-rata makanannya adalah makanan lokal yang familiar.

Tentunya restoran ini juga menyajikannya makanan dengan bahan-bahan berkualitas yang sudah dihitung kalori dan nutrisinya. Kalo mengikuti tren healthy lifestyle saat ini, semakin tinggi juga budaya Jakarta society yang mengonsumsi makanan less sugar, low kalori, non-MSG, bahkan menggunakan bahan-bahan organik. Buat kalian yang mau memulai gaya hidup sehat, bisa mencoba kuliner sehat di tempat menarik rekomendasi kami di bawah ini:

Fedwell

The Don (Foto: Qubicle)

Ini sebuah restoran dan café yang sangat instagramable buat nongkrong. Interiornya menghadirkan suasana musim panas dan warna yang cerah sehingga cocok banget buat anak muda. Fedwell menawarkan konsep kuliner sehat yang terinspirasi dari hewan Flamingo, mengapa? Hewan ini identik dengan warna pink dan ternyata warna tersebut muncul karena diet yang dijalankan flamingo ketika mereka tumbuh besar.

Fedwell ingin menanamkan ide tersebut dengan makanan sehat yang benar dan kalori yang pas sehingga kalian bisa menjalani hidup lebih indah seperti flamingo. Tempat ini menyediakan aneka pilihan menu modern twist yang unik. Salah satu menu andalannya adalah The Don, hidangan dengan kandungan protein yang tinggi dari irisan daging sapi, lalu ditambah telur setengah matang yang siap meleleh. Dipadu dengan jagung, sayuran, quinoa, dan edamame dengan porsi yang bikin kenyang. Perlu kalian tahu hidangan ini sungguh bikin ketagihan walaupun ini adalah makanan sehat. Untuk hidangan ini dibanderol dengan harga Rp95.000 ++, harga yang ditawarkan memang sesuai dengan kualitas yang disajikan.

Alamat: Jalan Senopati No.82, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

The Betawi Salad

The Betawi Salad (Foto: Qubicle)

Buat kalian yang belum familiar sama The Betawi Salad, wajib banget mampir ke sini. Makan sehat nggak gampang tetapi di sini kalian bisa ngerasain kuliner sehat dengan cita rasa Indonesia yang dominan. Bermula dari delivery service, sekarang mereka punya outlet di Menteng dan Senopati. Menu yang wajib dicoba disini yaitu Beef Rendang Shirataki Rice. Dengan 0% karbohidrat, resto ini menawarkan konyaku sejenis umbi-umbian dengan tektur yang kenyal dan saus gurih yang siap menggoyang lidah. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp50.000 – Rp100.000. Kalo mau lebih praktis, kalian juga bisa memesan secara online.

Alamat: Jalan Teuku Cik Ditiro no.36, Menteng, Jakarta Pusat

Mam

  Smoke Tongue Cabai Hijau (Foto: Qubicle)  

Berlokasi di Senayan City, Mam menjadi salah satu pionir yang menawarkan konsep kuliner sehat dengan cita rasa Indonesia. Diusung oleh 3 Skinny Minnies yang pada dasarnya telah lama menjalankan usaha katering makanan sehat di Jakarta. Salah satu orang di belakang restoran sehat ini adalah Dian Sastro. Kafe ini menawarkan sajian khas modern yang dikombinasi dengan cita rasa untuk orang Indonesia. Kalian bisa mencicipi Smoke Tongue Cabai Hijau, menu daging lidah sapi yang empuk dipadu dengan cabai hijau dan disajikan dengan nasi putih hangat. Sangat simpel selayaknya menu Indonesia yang familiar namun daging sapinya lebih berkualitas sehingga memberi pengalaman yang berbeda. Harga yang ditawarkan cukup tinggi berkisar dari Rp70.000 - Rp150.000 per orangnya.

Alamat: Senayan City, Jalan Asia Afrika No. 19, Jakarta Pusat

Bakerzin

Menu makan sehat di Bakerzin (Foto: Qubicle)

Buat kalian yang di Jakarta tentu sudah nggak asing dengan restoran ini. Cabangnya ada di mana-mana dan sudah cukup lama beroperasi di Jakarta. Terkenal dengan pastry dan aneka hidangan western modern, sekarang Bakerzin berinovasi menghadirkan menu Asia hingga kuliner sehat. Terinspirasi dari brunch lifestyle, baru-baru ini Bakerzin menyedikakan beberapa pilihan menu baru seperti Chic Couscous, Canggu Sambal Matah, dan Kimchi. Menu yang paling unik adalah Kimchi Geogang, sajian nasi goreng dengan saus gochujang atau saus ala Korea dengan sayuran, wortel, tempe goreng dan kimchi sehingga memberi kombinasi rasa yang unik. Hidangan baru ini berkisar dari Rp70.000 - Rp100.000, yang penasaran mampir aja.

Alamat: Bakerzin Central Park Mall, Jalan Letjen S. Parman No.28, Tj. Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Green Wok

Menu makanan di Green Wok (Foto: Qubicle)

Green Wok yang juga merupakan bagian dari 3 Skinny Minnies dan baru meluncurkan outlet mereka di akhir tahun 2018 ini menawarkan kuliner sehat dengan perhitungan kalori yang detail dan cita rasa yang sangat cocok untuk Jakarta society. Menu-menu yang tersedia, sekilas mirip makanan lokal seperti nasi goreng, sambal, dan ikan. Namun dengan sedikit inovasi, menu itu jadi lebih menarik. Salah satunya seperti Nasi Konyaku Bakar isi Sambal Ikan Bilis, dari konyaku atau sejenis umbi sebagai nasi yang kalorinya rendah tapi tinggi akan serat. Teksturnya sedikit kenyal dan unik dipadu dengan sambal ikan bilis yang amat gurih dan pedasnya pas, mantap! Untuk harga yang ditawarkan berkisar antara Rp50.000 – Rp90.000, tapi porsi yang disajikan mungkin kurang kenyang untuk makan normal. Mungkin cocoknya buat kalian yang lagi diet sehat.

Alamat: Pondok Indah Mall 2, Lt. 3 Food Court, Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan

Kalo ngomongin kuliner sehat memang cocok-cocokan. Soalnya banyak rasa yang kadang nggak cocok di lidah. Terus kadang perpaduan sayuran yang dipake adalah sayuran yang nggak kalian suka. Makanya kalian harus rajin ke berbagai restoran sehat buat cicipin sendiri. Kalo bingung, ya ke restoran rekomendasi kami aja.



Oleh: Foodioz

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US