TrikMengolahDagingKambingAgarTidakBau

August 12, 2019Qubicle Culinary
Sudah tahu trik mengolah daging kambing agar tidak bau?

Bagi para penggemar daging, hari raya Idul Adha adalah saat yang ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak? Daging-daging hadir dan melimpah dimana-mana muulai dari sapi, domba hingga kambing yang mana pasti akan sangat memuaskan para penggemarnya. Tapi, tidak semua orang tahu bagaima cara mengolahnya, terlebih lagi daging kambing yang cenderung lebih bau dibandingkan daging sejenisnya. Alhasil, daging yang didapatkan malah terbuang sia-sia. Ternyata ada triknya untuk mengolah daging kambing agar tidak bau. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

photo by: Jualo

Buang Lapisan Lemak Pada Daging

Sudah tahu bahwa bau tidak sedap pada daging kambing ditimbulkan oleh lemaknya? Lapisan lemak ini tentu menempel pada daging kambing. Oleh karena itu, disarankan untuk membuang lapisan lemak terlebih dahulu sebelum mengolah daging kambing. Agar lebih mudah memotongnya, kamu bisa mendinginkan daging di dalam kulkas terlebih dahulu, setelah itu kamu bisa mengiris lapisan lemak yang menempel pada dagingnya. Dipastikan bau tidak sedap pada dagingmu akan berkurang.

photo by: 
Steemit

Hindari Mencuci Daging

Pernah terpikir untuk tidak mencuci daging sebelum memasak? Mungkin terdengar menjijikan, tapi kalau kamu memilih untuk mencuci sebelum mengolah daging kambing dipercaya malah akan mempertajam bau yang tidak sedap. Itu sebabnya disarankan untuk tidak mencuci daging kambing sebelum mengolahnya. Cukup bubuhi garam untuk membunuh bakteri dan rebus dalam air mendidih seperti biasa. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan daging kambing yang sempurna tanpa bau prengus berlebihan.

photo by: Brooke Lark

Lumuri Daging Dengan Nanas

Ada cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau tidak sedap sebelum mengolah daging kambing. Pasalnya, nanas mengandung getah yang cukup tajam dan bisa membantu mengatasi bau pada daging kambing. Untuk memulainya, kamu bisa melumuri daging kambing dengan parutan nanas dan mendiamkannya selama setengah jam. Cara ini juga bisa menjadi solusi untuk melunakkan daging kambingmu untuk siap dimasak.

Rendam Daging Dengan Susu Full Cream

Susu dipercaya memiliki kemampuan netralisir yang cukup jitu, begitu pula untuk mengusir bau sebelum mengolah daging kambing. Cukup rendam dagingmu ke dalam susu cair dan simpan di kulkas selama beberapa jam. Cara ini berlaku untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada daging kambing sekaligus membantu melunakannya saat dimasak nanti.

photo by: 
SawitPlus.Co

Balurkan Jahe Pada Daging

Ingin cara yang lebih tradisional? Biasanya orang di zaman dulu memilih untuk membalurkan parutan jahe pada daging untuk menghilangkan bau tidak sedapnya. Jahe mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu memecah protein daging kambing yang membuat baunya menyengat. Selain itu, jahe juga dapat membuat daging kambing jadi jauh lebih empuk.

photo by: 
Desa Pleret

Bungkus Daging Dengan Daun Pepaya

Mau yang lebih tradisional lagi? Kamu bisa mencoba untuk membungkus daging dengan daun pepaya. Trik ini dinilai ampuh karena daun pepaya memiliki enzim yang dapat mengusir bau tidak sedap sekaligus melunakkan tekstur daging. Untuk membungkusnya, kamu bisa meletakan beberapa lembar daun pepaya kemudian bungkus potongan daging hingga rapat dan diamkan beberapa saat.

Ternyata tidak sulit kan untuk mengolah daging kambing agar tidak bau? Cukup ikuti trik-trik di atas dan kamu bisa menyajikan masakanmu tanpa harus merasakan bau. Selamat mencoba!

photo thumbnail & cover: Changyoung Koh

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US