FaktadanMitosDermaRollinguntukAcneScars

July 10, 2019Qubicle Fashion
Sembuhkan dengan Derma Rolling, beneran bisa nggak sih?

Acne scar bisa sangat menjadi problem kulit yang paling sulit dan lama untuk diatasi. Karena terkadang permukaan kulit yang sudah tidak lagi mulus ini, menjadi tantangan paling sulit dalam mengembalikan ke keadaan semula. Oleh karena itu, industri kecantikan melahirkan teknologi perawatan microneedling atau kerap dikenal derma rolling. Derma rolling ini populer dengan keajaibannya dalam membantu menyamarkan kerutan kulit, menghilangkan kantung mata, discoloration, serta membantu penyerapan maksimal dari produk yang digunakan secara oral. Pada studi klinis mengenai derma rolling, terbukti bahwa kondisi acne scar pada pasien penderita severe acne dapat menjadi lebih baik setiap dilakukan perawatan selama tiga bulan.

Micro needling atau derma rolling dapat membantu produksi kolagen. (Foto: Elle)

Logikanya, menggelindingkan jarum-jarum kecil pada kulit dapat memecah butiran kolagen pada lapisan terluar kulit, yang mana membuat acne scar tersebut menjadi memudar. Dengan menggunakan perawatan dermarolling, kulit seperti terstimulasi untuk memproduksi kolagen lebih banyak lagi. Hasilnya? Kulit terasa lebih kenyal dan halus, ditambah dengan memudarkan bekas luka jerawat yang membandel.

Jika kamu ingin melakukan perawatan derma rolling atau micro needling ini sendiri di rumah, kamu hanya membutuhkan alat derma rolling yang dilengkapi dengan stainless steel needle kecil pada bagian roller-nya. Pastikan bahwa jarum yang digunakan adalah antara ukuran 0.25 dan 3 milimeter panjangnya.

Stacked Skincare Micro-Roller seharga $30. (Foto: Byrdie)

Kalau kalian bingung bagaimana cara menggunakan derma rolling sendiri, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membersihkan dengan seksama kulit wajah dan boleh menggunakan eksfoliasi lembut. Lalu, secara perlahan gunakan derma rolling secara perlahan pada bagian acne scar yang membandel. Sakit? Sedikit sekali, tapi tentu sensasi seperti dicubit-cubit pasti ada. Namun, dengan jarum-jarum kecil inilah yang dapat menstimulasi kolagen pada kulit. Prosedur yang dilakukan saat perawatan derma rolling itu harus dilakukan dengan perlahan dan sabar.

Before dan After setelah melakukan derma rolling untuk acne scar.(Foto: Vivadayspa)

Untuk membuat perawatan derma rolling ini menjadi sangat efektif, coba gunakan serum yang paling aman dan cocok untuk kulitmu. Bisa gunakan serum tepat setelah membersihkan kulit dan aplikasikan serum yang memiliki kandungan Hyaluronic acid, Stem Cell, atau Peptides. Setelah menyelesaikan derma rolling, gunakan serum di bagian permukaan kulit tersebut dengan serum atau produk yang mengandung retinol lembut.

Rekomendasi serum untuk derma rolling. (Foto: Dr. Jart+)

Jika menggunakan jarum dengan size 1 milimeter, gunakan sebanyak satu kali dan berikan jeda selama 10-14 hari. satu setengah milimeter, dapat gunakan kembali dengan jeda setiap 3 hingga 4 minggu sekali. Penggunaan derma rolling ini harus sangat konsisten dalam beberapa bulan, barulah kamu akan melihat perubahan yang sangat berbeda dan kondisi kulit yang lebih baik secara drastis.


Oleh: Delfania

Like what you read? Give Qubicle Fashion your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Fashion

    We deliver stories about style, fashion, and culture.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US