MengenalLebihJauhRagamBaupadaVagina

May 15, 2019Qubicle Fashion
Jangan sepelekan bau pada vagina karena bisa jadi ada maksud di balik setiap bau.

“Gue ll-feel sih kalau ada cewek bau, apalagi kalau baunya di daerah intim.”

Salah satu pernyataan tersebut dicetuskan oleh salah satu partisipan dalam perbincangan di sebuah cafe Jakarta Selatan. Ketika dunia menuntut para cewek untuk memiliki vagina yang wangi seperti masuk ke toko parfum, kenyataannya nggak selamanya keharuman itu akan selalu terjadi. Faktanya, vagina seharusnya memang berbau. 

Vagina tidak selamanya bau seperti bunga. (Foto: Pexels)

Hal ini dikarenakan adanya bakteri baik yang juga memastikan vagina untuk tetap sehat. Tapi, bau seperti apa sih yang seharusnya tercium dari vagina? Mungkin kalian butuh tau maksud dan arti bau pada vagina.


Garlic, Onions, atau Berbagai Bau Makanan

Nyatanya, nafasmu bukan satu-satunya yang akan terangsang oleh makanan-makanan yang mengandung bawang putih atau kopi - berbagai makanan dan minuman memiliki wangi buatan juga dapat menyebabkan perubahan bau pada organ intim. Well, siapa pun yang telah memakan suatu makanan yang memiliki bau yang kuat dan buang air kecil setelahnya akan mencium bau dari makanan itu, kok. Tapi, hal ini bukan berarti kamu harus stop makan makanan favoritmu, lho. Yang perlu dilakukan adalah untuk minum air putih yang banyak setelah makanan, sehingga makanan yang masuk ke tubuh diolah dengan baik dan bau yang terjadi lebih cepat hilang. Dengar-dengar, mengonsumsi nanas dapat membuat vagina memiliki bau yang manis, tapi hal itu belum terbukti secara klinis, ya.


Musky and Sweaty

Memang sih vagina dan ketiak itu adalah hal yang berbeda, tetapi keduanya dapat mengeluarkan bau yang agak berbeda seperti telah berolahraga kardio dengan intensitas tinggi. Kegiatan fisik yang berat mungkin akan menjadikan bau vagina tercium musky dan agak seperti bau keringat. Namun, mandi dan membersihkan daerah intim setelah berolahraga, dapat menghilangkan bau pada vagina setelah beraktivitas dengan intensitas tinggi.


Yeasty

Yeasty atau seperti bau ragi mungkin bisa saja terjadi. Hal ini dikarenakan vagina kita memang menyimpan jamur yang memang normal ada di daerah intim. But, if it starts smelling like a bakery down there, something might be wrong. Hal ini bisa terjadi karena infeksi dari jamur yang terdapat di vagina, terutama jika disertai dengan adanya sesuatu berwarna putih dan lendir. Hal seperti ini terjadi karena hormon, antibiotik, dan mungkin pembersih vagina tertentu, atau apa saja yang membuat jamur dan bakteri tidak sesuai pH yang seharusnya. Jangan khawatir, infeksi ini dapat terobati. Jika kalian memiliki beberapa gejala seperti ini, pergilah ke dokter untuk pengecekan lebih lanjut.


Rotten Smell

Biasanya bau busuk bisa terjadi ketika sedang dilanda menstruasi. Namun, ada situasi dimana vagina bisa berbau busuk karena kalian mengidap Toxic Shock Syndrome yang ternyata mematikan untuk tubuh. Hal ini tidak bisa disepelekan, gejalanya seperti kepala yang pusing, terasa mual, atau terjadi diare. Pemakaian tampon atau sanitary pad yang tidak dijaga kebersihannya, misalnya dengan tidak rajin menggantinya, akan membuat bakteri menumpuk di daerah vagina. Jika kalian telah menyelesaikan menstruasi dan ternyata masih meninggalkan bau, bisa jadi TSS ini menyerang vagina kalian. Pergilah ke dokter untuk minta dilakukan pengecekan.


Metallic

Biasanya ini terjadi ketika sedang menstruasi dan sedang banyak-banyaknya. Hal ini dikarenakan darah yang mengalir di vagina dan faktanya darah terdiri dari besi. Oleh karena itu, membersihkan dengan air secara teratur akan membuat bau ini berkurang. 


Fishy

Bau tidak sedap pada vagina yang disebabkan oleh infeksi akibat bakteri sering memang terjadi karena tidak seimbangnya pH pada organ intim kewanitaan. Jika tercium bau amis yang keluar dari vagina, harus kamu ketahui untuk tidak hanya bergantung pada sabun pembersih vagina. Jika terjadi sesuatu yang tidak normal seperti sesuatu yang keluar dari vagina berbau, warna yang tidak biasa, gatal, serta sesuatu lendir pada vagina, mungkin saja kamu mengidap penyakit lain. Datanglah ke dokter untuk melakukan pengecekan.



Menggunakan pakaian dalam yang breathable fabric dapat membantu mengurangi bau pada vagina. (Foto: Pexels)

Bau pada vagina tidak semuanya harus dikhawatirkan, selama ketika kamu mandi dan membersihkan dengan baik, baunya yang aneh dan tidak sedap nggak datang lagi. Coba untuk mengganti underwear yang tentunya dibuat dengan material yang bersahabat dengan kulit dan vagina. Breathable fabrics dapat menanggulangi bau pada vagina untuk waktu yang akan datang. Kulit dan jaringan dibagian vagina sangatlah sensitif, jangan sembarangan menggunakan sabun dan produk yang memang tidak diperuntukan untuk vagina. Kenali juga berbagai bau lainnya yang terjadi pada tubuh dan coba atasi dengan cara yang alami. 



Oleh: Delfania 

Like what you read? Give Qubicle Fashion your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Fashion

    We deliver stories about style, fashion, and culture.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US