PentingnyaSkincaredenganNiacinamidediRutinitasmu

May 23, 2019Qubicle Fashion
Niacinamide bisa jadi pahlawan untuk kalian pejuang jerawat dan ingin memiliki kulit lebih sehat.

Kami kembali dengan pembahasan mendalam mengenai beauty ingredient yang paling bersahabat dengan kulit sensitif dan berjerawat. Niacinamide, atau yang juga dikenal dengan nicotinamide, adalah bentuk aktif dari niacin yang juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinic acid. Niacinamide merupakan vitamin yang mudah larut dalam air, sehingga tidak dapat terurai dalam minyak. Oleh karena itu, kalian akan mudah mendapati produk-produk dengan niacinamide dalam bentuk water-based serum, moisturizer, dan sheet mask. Merupakan active ingredient yang paling stabil dengan pH yang netral. Tak seperti AHA BHA, Vitamin C (L-ascorbic acid) dan retinoid, niacinamide adalah non-acidic dan non-irritating.

Niacinamide adalah kandungan aktif yang paling aman untuk seluruh jenis kulit. (Foto: Glossier)

Dalam tubuh kita, niacinamide terbentuk ketika mengonsumsi makanan yang tinggi akan niacin seperti hati, jamur, daging, salmon, tuna dan sayuran seperti tomat dan asparagus. Karena niacinamide sangat mudah untuk terabsorbsi oleh tubuh, berikut ini adalah beberapa keuntungan untuk kalian yang menggunakan produk dengan niacinamide:


Brightening & Mengatasi Hyperpigmentation

Niacinamide mengurangi pigmentasi pada kulit dengan memperlambat produksi melanin yang terjadi ketika terekspos matahari. Jika kamu memiliki kulit yang kusam dan mungkin uneven skin tone, niacinamide dapat menjadi active ingredients yang paling jitu dan aman untuk mengatasi kulit yang kusam.

Dapat Meningkatkan Skin Barrier

Niacinamide dapat meningkatkan produksi ceramide yang bertugas untuk komponen lipid barrier, menjaga kulit untuk tetap kuat dan mencegah terjadinya water loss pada kulit sehingga menyebabkan dehidrasi. Hal ini dikarenakan kulit kita sehat jika lipid barrier dapat berfungsi terbaik, dengan menjaga kelembapannya, dapat memberikan proteksi kulit dari radikal bebas. Oleh karena itu, niacinamide digunakan dalam produk anti-aging.

Mengatasi Rosacea, Redness dan Blotchiness pada Kulit

Dengan lipid barrier kulit yang telah meningkat, tentu kulit secara alami dapat memproteksi radikal bebas dari lingkungan. Jadi, jika kalian memiliki oily skin, ketimbang harus mencuci wajah dengan cara yang salah dan abrasif, sebaiknya gunakan niacinamide yang dapat mengurangi serta mengatur produksi minyak. Kondisi seperti Rosacea yang biasanya membuat kulit yang sangat sensitif, niacinamide dalam bentuk booster, serum, ataupun pelembab menjadi salah satu yang bisa mengatasinya.


Dapat Membantu Perawatan Jerawat

Niacinamide dapat membantu untuk mengatur dan meringankan kasus jerawat ringan hingga cukup berat. Karena kandungannya memiliki antimicrobial dan anti-inflammatory, niacinamide menjadi bahan aktif yang paling lembut untuk bersentuhan dengan kulit yang sedang iritasi dan mematikan bakteri pada pori. Dengan begitu, sudah pasti penggunaannya dapat mengurangi produksi sebum berlebih yang menyebabkan pori tersumbat. Dengan begitu, pori yang besar menjadi lebih halus dan tidak terlalu besar lagi.

Niacinamide yang menyandang stable ingredients, memungkinakn kandungan aktif ini dapat digunakan bersama dengan kandungan lainnya.

Rekomendasi Produk dengan Niacinamide

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Niacinamide dari The Ordinary salah satu pilihan yang affordable dan jitu dalam fungsinya. (Foto: glmr)

Produk ini memiliki 10% kandungan Niacinamide yang dapat mengurangi kemerahan karena iritasi dan mengontrol jerawat.


Avoskin Miraculous Refining Serum

Produk lokal yang dapat memberikan hasil seperti produk import. (Foto: Avoskin)

Untuk serum satu ini mungkin harus dilakukan patch test. Dikarenakan kandungan aktif yang terdapat dalamnya ada AHA dan BHA, sedangkan tidak semua orang dapat mengenakan AHA BHA untuk wajahnya. Hanya saja, niacinamide dan ceramide menjadikan serum ini dapat mengatasi berbagai masalah pori, kusam, dan kekeringan.


Nacific Phyto Niacin Whitening Essence

Essence yang dapat mencerahkan dengan kandungan niacinamide. (Foto: Sociolla)

Mengandung bahan-bahan mencerahkan Niacinamide dan Vitamin C yang diekstraksi dari lemon, Morusalba Bark, dan buah Rosacanin yang membuat kulit cerah kembali.


Glossier Super Pure Serum

Glossier memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang lainnya, tapi telah menjadi favorit dunia. (Foto: Glossier)

Produk dari Glossier menjadi salah satu serum yang paling digilai para beauty enthusiast. Dengan teksturnya seperti air dan gel, Glossier Super Pure dapat meresap ke dalam kulit dan biarpun harganya membuat kalian akan merogoh kocek lebih dalam sedikit, namun produk ini sesuai dengan harganya.



Oleh: Delfania

Like what you read? Give Qubicle Fashion your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Fashion

    We deliver stories about style, fashion, and culture.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US