RamalanIndiaJadiNextBigThingdiBeautyIndustry

August 12, 2019Qubicle Fashion
Beauty Industri jadi gempar karena India digadang sebagai The Next Big Thing.

Dengan pertumbuhan generasi baru, generasi milenial dan gen z, sosial media telah menjadi jendela dunia yang baru dan lebih kritis. India menjadi salah satu negara yang dikenal dengan inclusivity, yang mana mengedepankan kulit yang lebih terang. Hal ini tercermin dari banyaknya artis atau selebriti yang memiliki kulit cokelat yang lebih terang ketimbang berkulit lebih gelap. Namun, aspirasi beauty industry pun semakin berubah. India sendiri memiliki sejarah akan obsesi terhadap kulit yang terang ketimbang keanekaragaman, mengakibatkan banyak pemasaran produk kecantikan di India sendiri seperti mempertegas bahwa kulit yang gelap harus diperbaiki. Dan ini sebenarnya tidak hanya terjadi di India, namun di berbagai negara di dunia.

Munculnya Fenty menjadi tamparan keras bagi beauty industry untuk berubah dan speak up dalam menyuarakan keanekaragam itu merupakan hal yang baik dan cantik. Lakmé, salah satu brand kecantikan asli India yang dikritik karena biasanya hanya mengeluarkan 3 shade produk foundation yang tidak dapat digunakan oleh kulit yang lebih gelap. Seorang lifestyle dan beauty blogger yang berasal dari Mumbai, Magali Vaz, seringkali membuat video yang biasanya mengulas produk-produk yang cocok untuk kulit gelap. Para followers-nya pun banyak yang secara langsung mengirimkan pesan bahwa Lakmé telah diboikot karena masalah inclusivity ketika ia melakukan review lip product dari Lakmé.

Platform lokal seperti Nykaa yang dapat menjual berbagai produk yang memuat produk yang lebih beragam. Seperti yang terjadi pada nykaa.com yang menjual produk pertamanya berupa produk lipstik dari Maybelline, berhasil mencapai penghasilan sebesar 750 juta dollar sehingga disebut-sebut sebagai “Sephora-nya India”. Tentunya, dari kejadian seperti ini mengimplikasi beauty industry yang berkembang di India memiliki potensi, hanya saja kurang tersedianya barang yang cocok untuk seluruh kulit yang ada di India. Selain nykaa.com, Sugar Cosmetics yang merupakan brand asli India, CEO Vineeta Signh mengatakan bahwa bisnis kosmetik lokal dengan mengutamakan keanekaragaman dan kebutuhan pemakainya di India, telah menjadi penyumbang ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini tentu menjadi indikasi bahwa beauty industry India bergerak maju mengikuti perkembangan global yang juga terasa di Indonesia.



Oleh: Delfania 

Like what you read? Give Qubicle Fashion your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Fashion

    We deliver stories about style, fashion, and culture.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US