TipsMemilihJeansCowokyangSesuaiBentukTubuh

March 14, 2019Qubicle Fashion
Jeans cowok pun harus dipilih dan dipakai sesuaikan dengan bentuk tubuh agar tidak terlihat jelek.

Jika selama ini hanya ada tips cewek dalam memakai jeans yang sesuai dengan tubuh, sebenarnya rules ini juga berlaku untuk para cowok, lho. Apalagi denim jeans adalah holy grail para cowok dalam tampilan yang kasual.

Mau dipadu padankan dengan blazer, rompi, kemeja, kaus hingga berbagai jenis sepatu pun denim jeans menjadi pilihan yang paling wajar dan on-the-go item yang esensial. Tetapi, patut diketahui bahwa tidak semua denim jeans akan terlihat keren untuk semua bentuk tubuh cowok. Jadi, apa sih sebenarnya akar permasalahan yang harus dipahami?

3 Alasan yang Sering Dilewatkan oleh Cowok dalam Membeli Jeans

  1. Kurangnya pemahaman mengenai cutting denim jeans yang tepat untuk bentuk tubuhnya

  2. Kurangnya gaya yang tersedia untuk dipilih oleh para cowok

  3. Banyak cowok yang masih bingung akan cara perawatan denim jeans yang seharusnya mereka lakukan terhadap celana jeans yang dimiliki.


Denim jeans dilabeli menjadi tiga jenis cutting: skinny, slim, or straight - yang mana hal ini harus dipertimbangkan pemakaiannya dengan bentuk tubuh para cowok yang memakainya.

Skinny

Denim jeans bermodelkan skinny merupakan inovasi yang bisa dibilang paling terbaru dalam jajaran jeans. Dengan gaya yang ketat dan sangat pas dari lingkar pinggang, pangkal paha hingga ke ankle, biasanya memiliki low to mid-rise dengan resleting.

Slim

Cutting slim tentu berbeda dari skinny. Tidak terlalu ketat, tidak terlalu loose. Biasanya didesain mid-rise dengan zip fly yang memiliki siluet lurus dari pinggul, dan slim pada paham dan sedikit mengecil pada ankle.

Regular

Straight leg jeans yang biasanya bersiluet mid-rise. Terasa seperti celana panjang biasa pada bagian lutut hingga ke hem, dengan ankle atau leg opening yang cukup besar di bagian bawah. Memiliki karakteristik untuk tidak seperti memeluk tubuh bagian bawah karena cutting-nya yang sangat rileks.

Loose

Sering disebut sebagai baggy fit yang memiliki begitu banyak ruang untuk pinggang, pinggul, pangkal paha hingga leg opening. Bahkan tidak akan menonjolkan bagian bokong pria karena cutting-nya yang longgar.


The Rise

Untuk yang belum mengetahui apa itu rise pada celana jeans, rise merupakan ukuran dari selangkangan (crotch) ke bagian paling atas lingkar pinggang. Basic rise pada celana denim jeans cowok adalah high rise, mid rise, low rise, dan low crotch.

High Rise

Ini berarti jeans sangat cocok untuk tubuh cowok yang besar. Sangat baik untuk para cowok dengan tubuh besar memasukkan pakaiannya ke dalam high rise jeans. Pemakaiannya tentu menutup pusar.

Medium or Mid Rise

Jeans ini sangat bagus untuk para cowok yang suka akan gaya memasukkan pakaian seperti kemeja kedalam celana.

Low Rise

Jeans yang menawarkan tampilan kasual yang pas dan terlihat lebih rileks dengan bagian kancing celana tepat di bawah pusar.

Low Crotch

Jeans yang digunakan sangat rendah hingga ke bagian pinggul, menampilkan gaya yang saggy pada pinggul, bagian belakang, dan depan.


Mix And Match Rules! 

Cowok Langsing

Untuk para cowok bertubuh langsing dari bagian atas hingga bawah, flat chest, bahu kecil, dan lean muscles, ada baiknya untuk memakai celana jeans slim ataupun regular. Terutama menggunakan straight legs jeans dengan low rise yang akan memperlihatkan tubuh langsing cowok.

Wide leg baggy jeans akan terlihat sangat longgar untuk kalian, skinny jeans akan membuat kaki kalian semakin kurus dan memperlihatkan sloppy look, dan high rise jeans akan membuat bokong kalian terlihat flat.

Cowok Atletis

Untuk pria dengan intensitas gym yang tinggi, memiliki tubuh atletis tapi tidak terlalu berotot terutama pada kaki dan bokong, coba gunakan jeans dengan cutting slim, regular, dan relaxed. Slim fit, straight leg dengan boot cut jeans sangat cocok untuk para cowok atletis. Low rise juga terlihat keren dan tak lupa untuk memperhatikan detil kantong yang harusnya lebih kecil dan lebar untuk memperlihatkan bokongmu.

Baggy jeans adalah jeans yang harus cowok atletis hindari karena akan telihat sangat longgar dan kebesaran. Sedangkan untuk regular fits dengan wide legs juga akan membuat tampilan kaki yang tidak seimbang proporsinya dengan tubuh bagian atas.

Cowok Berotot Berbahu Besar dan Berdada Bidang

Untuk cowok yang sering melakukan squat dan mengangkat beban, cenderung memiliki tubuh bersiluet segitiga yang besar pada bagian atas. Oleh karena itu, harus berhari-hati untuk menggunakan celana jeans karena akan terlihat seperti skinny jeans. Gunakan regular fit dengan wider leg yang akan terlihat paling bagus pada cowok berotot.

Boot cut jeans adalah pilihan yang buruk karena akan membuat tubuh bagian bawahmu tampak gendut. Selain itu, skinny jeans yang terlalu ketat akan membuat tampilan jadi seperti dipaksakan.

Cowok Berpinggul Lebar

Gunakan relaxed-fit jeans yang ukurannya naik satu tingkat dari ukuran aslimu untuk gaya yang lebih nyaman dan tidak akan terlihat ketat bagian selangkangan. Straight-leg dengan high rise jeans akan membuat tubuh terlihat seimbang dari pinggul ke hem. Terakhir coba gunakan loose jeans dengan wide leg untuk tampilan yang kasual.

Skinny jeans atau tapered jeans akan membuat siluetmu terlalu feminin, begitupun dengan low rise jeans akan membuat pinggul jadi terlalu lebar.

Cowok Berperut Besar

Cowok plus size memiliki bagian perut yang cenderung besar, paha yang berisi, bokong serta betis yang juga besar. Untuk itu high rise jeans akan membuat tampilan yang besar ini menjadi lebih mengecil. Loose fitting jeans adalah pilihan cutting yang paling terbaik untuk digunakan seperti straight cut dengan wide leg. Selain itu, relaxed jeans adalah pilihan yang juga bagus untuk si berperut besar.

Tentu skinny jeans dan slim fit jeans akan memberikan siluet yang berlebihan untuk si badan besar dan gemuk. Sehingga tidak membuat tubuh jadi seimbang. Flared atau boot cut juga akan malah membuat kaki terlihat lebih lebar.

Guys, coba deh sesuaikan bentuk tubuh kalian dan perhatikan ukuran yang akan dibeli. Nggak mau kan terlihat jelek ketika sedang bepergian?


Sumber Foto: realmenrealstyle.com, pexels, Levi's 

Oleh: Delfania 

Like what you read? Give Qubicle Fashion your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Fashion

    We deliver stories about style, fashion, and culture.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US