TipsMewarnaiRambutSendiridiRumah

January 14, 2019Qubicle Fashion
Berencana mewarnai rambut tapi dilakukan di rumah? Baca dulu tips berikut agar tidak salah!

New year, new you. Perhaps the newest part of you will also include new hair colour?

Buat kamu yang berencana mengubah penampilan secara drastis di tahun yang baru ini, mengubah warna rambut bisa jadi langkah yang tepat untuk memulainya. Meski kedengarannya mudah─toh yang kamu harus lakukan untuk mendapatkan warna rambut keren hanya dengan membuat janji di salon─kenyataannya bukan cuma biaya yang harus diperhitungkan, melainkan juga kesabaran. Nah, kamu yang nggak mau dompet kamu kering di awal tahun ini tapi masih ingin mendapatkan tampilan idealmu, coba baca terlebih dahulu tips mewarnai rambut sendiri di rumah berikut.

Persiapan Sebelum Mewarnai Rambut

Sebelum kamu mulai mewarnai rambut sendiri di rumah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti yang tertera di bawah ini:

  • Coba produk bleaching yang kamu pilih. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek alergi akan kandungan bahan kimia dalam produk bleaching yang kemungkinan dapat terjadi. Caranya mudah saja. Kamu cukup mengambil sedikit produk bleaching dan oleskan di area leher di bawah kuping. Jika dalam beberapa saat kamu merasa panas atau kulitmu membengkak, lebih baik ganti produk bleaching kamu dengan merek lain.

  • Ketahui kondisi rambut kamu. Mengingat bleaching memiliki fungsi menghilangkan pigmen rambut dan memiliki efek mengikis ketebalan rambut, ada baiknya kamu tahu ketahanan rambut kamu sendiri. Saat proses penghilangan pigmen, rambut akan patah dan kaku. Jangan kaget. Ini efek yang alami.

  • Bleaching atau tidak bleaching adalah sepenuhnya pilihanmu. Dan sudah pasti pilihanmu akan berpengaruh terhadap hasil akhir warna rambut yang kamu inginkan. Dengan warna dasar rambut yang gelap, sudah pasti hasil warna rambut baru akan gelap dan mudah luntur. Sedangkan kalau kamu ingin mewarnai rambut dengan warna pastel, bleaching sudah menjadi proses wajib yang tidak bisa kamu langkahi.

  • Proses bleaching itu bertahap. Kamu yang ingin mendapatkan warna rambut pastel haruslah bersabar sebab proses penghilangan pigmen rambut harus dilakukan secara perlahan. Perlu beberapa kali proses bleaching untuk sampai ke warna dasar yang kamu inginkan. Nah, di antara proses bleaching pertama dan seterusnya, kami sangat menyarankan adanya jeda 2 sampai 4 hari. Pada saat-saat jeda bleaching itu, berikan masker rambut agar rambut kamu kuat serta meminimalisir kerontokan yang sekiranya akan terjadi.

  • Jangan keramas menggunakan kondisioner. Kebersihan rambut memang syarat utama sebelum proses pengecatan, tapi itu nggak berarti kamu harus menggunakan kondisioner. Ini dikarenakan penggunaan kondisioner akan membuat rambut kamu kebal dengan warna cat.


Cara Mengecat Rambut Sendiri di Rumah

Setelah selesai dengan proses bleaching rambut, merawat kondisi rambut setelah bleaching, dan mempersiapkan alat-alat yang diperlukan, here comes the fun part! Ikuti beberapa langkah di bawah ini supaya kamu nggak kerepotan mengecat rambut sendiri di rumah:

Langkah 1: Pisahkan rambut menjadi empat bagian. Pertama, pisahkan rambut kamu menjadi bagian atas dan bawah. Setelahnya bagi bagian atas serta bawah rambut menjadi dua. Kemudian jepitlah keempat bagian tersebut.

Langkah 2: Lindungi kulit yang berada di sekitar area rambut dan leher belakang. Gunakan Vaseline Petroleum Jelly di daerah dahi, sekitar telinga, dan bagian leher yang tak terjangkau kain pelindung. Penggunaan Vaseline ini nggak hanya menghindarkan kulit dari kandungan bahan kimia cat rambut, tapi juga mencegah cat rambut meninggalkan noda yang tak diinginkan.

Langkah 3: Campurkan pewarna rambut dalam wadah. Demi menghindari noda yang tak diinginkan di tangan, selalu kenakan sarung tangan plastik saat mewarnai rambut.

Langkah 4: Warnai rambut per bagian yang telah dipisahkan sebelumnya. Setelah cat rambut tercampur merata dalam wadah, kamu bisa mulai mengaplikasikannya ke rambut. Mulailah mengecat rambut dari bagian bawah menuju ke atas kepala dengan bagian dekat akar terlebih dahulu, baru ke ujung rambut.

Langkah 5: Tunggu sesuai instruksi yang tertera pada panduan dalam kotak cat rambut

Langkah 6: Bilas rambut kamu menggunakan air hangat. Kemudian, gunakan kondisioner untuk melembutkan tekstur rambut kamu yang baru.

Langkah 7: Dalam keadaan setengah kering, oleskan vitamin rambut.

Selesai, deh! Kamu bisa mengeringkannya dengan hair-dryer dan siap memamerkannya ke teman-teman, keluarga, hingga pacar. Tapi itu bukan berarti rambut kamu akan selamanya sebagus saat pertama kali selesai mengecat. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam merawat rambut berwarna.

Cara Merawat Rambut Supaya Warnanya Tahan Lama

Gunakan produk yang tepat

Sama seperti merawat kulit, rawatlah rambutmu dengan sangat hati-hati. Artinya, hentikan penggunaan sampo dan kondisioner yang mengandung sulfat. Beralihlah ke produk pembersih rambut yang bebas alkohol.

Jangan terlalu sering keramas

Sekalipun kamu telah memilih sampo bebas sulfat serta alkohol, terlalu sering keramas hanya akan berdampak buruk pada rambut yang diwarnai. Oleh karena itu, selagi kamu bisa dan tahan, hindari keramas. Manfaatkan dry shampoo saat kamu merasa tampilan rambut tidak prima. Saat kamu ingin sekali keramas, gunakan sedikit sampo atau bilas rambut dengan air hangat dan manfaatkan kondisioner saja.

Jadwalkan masker rambut

Setidaknya sekali seminggu, lakukan masker rambut untuk menjaga rambut kamu tetap lembap dan lembut. Kemudian bilas dengan air hangat dan kondisioner. Biarkan rambut kering secara alami tanpa menggunakan hair-dryer.

Beri nutrisi penting untuk rambut

Kabar baiknya, nutrisi penting rambut bisa kamu dapatkan dalam produk vitamin rambut yang tersedia di drugstore. Kuncinya Cuma satu: pilihlah vitamin rambut yang cocok dengan rambutmu.

Mewarnai rambut sendiri di rumah memang susah-susah gampang sebab diperlukan kesabaran dan ketelitian yang ekstra, tapi hasilnya dijamin sangat memuaskan. Apalagi kalau ada beberapa kenalan yang berkomentar, “Habis dari salon mana sih? Kok warna rambutnya keren banget!”

Sudah yakin untuk mewarnai rambut sendiri di rumah? Yuk segera jadwalkan waktu yang pas dan ikuti langkah-langkah di atas. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman dan anggota keluarga yang membutuhkan, ya! Selamat mencoba~

Oleh : MLR 

Like what you read? Give Qubicle Fashion your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Fashion

    We deliver stories about style, fashion, and culture.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US