TrikBuatMakeupGlowingTanpaFoundation

April 09, 2019Qubicle Fashion
Mau buat makeup glowing ? Coba contek cara buat makeup glowing tanpa foundation.

Duh, kayaknya sudah jadi rahasia umum deh kalau semua orang, terutama beauty influencer Indonesia, sedang tergila-gila dengan tampilan makeup glowing. Gimana nggak? Sejak Fenty Beauty by Rihanna menembus industri kecantikan, paradigma highlighter is shinny, sweaty, and gross, sudah berubah 180 derajat di mata para kalian, wahai pencinta beauty.

Dari Sarah Ayu, Sara Robert, Ayla Dimitri, hingga Endi Feng serta Jovi Adhiguna, semua tampil dengan highlighter yang “cetar” sampai bisa membutakan mata, katanya sih. Apalagi, sekarang banyak sekali beauty brand lokal yang berlomba-lomba mengeluarkan face palette yang dapat dibawa kemana-mana lengkap untuk mata, bedak, serta highlighter.

Karena konsep beauty-on-the-go ini begitu kental dengan hal-hal yang praktis, bukan berarti kalian nggak bisa mendapat hasil makeup glowing yang maksimal juga. Bagaimana jika makeup glowing ini tidak menggunakan foundation? Well, sh*t happens dan kemungkinan terburuk kamu meninggalkan si foundie yang begitu dasar dari makeup. Tenang, karena makeup glowing pun tetap bisa usahakan, kok.


Perawatan Kulit yang Maksimal

Pastikan kulitmu bersih dan gunakan skincare yang benar-benar menghidrasi. (Foto: Qubicle)

Prep your skin! Kayaknya untuk hal satu ini sudah nggak bisa ditawar. Ingat! Dibalik makeup yang terbaik, terdapat kulit yang juga terbaik. Hal ini memang sulit jika berbicara kepada teman-teman yang memiliki kulit berjerawat parah. Tapi, kalian bisa merawat kulit kalian dengan sangat seksama terlebih dahulu sebelum menggunakan riasan diatasnya. 

Coba pilih produk-produk yang menghidrasi tinggi, seperti menggunakan sheet mask atau morning mask. Dimulai dari mencuci wajah dengan facial wash yang tidak mengeringkan kulit, lalu bisa lanjutkan dengan hydrating toner, dan tentunya disambung dengan berbagai produk yang cocok dengan jenis kulit kamu masing-masing, ya.


Penting Gunakan Primer sebagai Base

Gunakan primer sebagai base yang akan mengunci produk makeup diatasnya. (Foto: Sephora)

Jika menggunakan foundation bukan pilihan utama untuk kulitmu atau mungkin kamu lupa membawa foundation ketika diperjalanan. Hal yang paling kamu tidak boleh lupakan adalah dengan menggunakan primer. Makeup primer adalah produk paling penting dalam menahan segala produk yang akan dipoles di atasnya. Secara personal, saya sendiri menggunakan dua primer karena jenis kulit yang dehidrasi. Kulit dehidrasi yang kami maksud disini adalah di bagian t-zone yang sangat berminyak namun tetap patchy karena sebenarnya kurang kelembapannya. Sedangkan untuk bagian outer face seperti pipi dan bagian tak berminyak, tentunya butuh produk-produk primer yang tentunya melembabkan. Oleh karena itu, gunakan primer sesuai area kulit yang membutuhkan perhatian lebih.


Concealer untuk Imperfection

Kunci dari tidak menggunakan foundation adalah concealer. (Foto: The Saem)

Biarpun tidak menggunakan foundation, si kecil concealer dapat menjadi jawaban untuk menyamarkan noda dan acne scars yang mungkin mengganggu. Namun ingat, karena pada kasus free foundation, sebaiknya coba gunakan concealer yang nggak terlalu tinggi shades-nya dari warna kulit asli. Coba gunakan yang hampir mirip dengan warna kulit sehingga, ketika di blending dengan beauty blender atau spons, dapat terlihat seperti kulit yang asli. Kalian ingin makeup glowing tanpa foundation ini tetap terlihat natural, kan? 


Bronzer untuk Memberikan Warna

Gunakan warna Umber untuk bronzer dengan hasil yang natural. (Foto: Qubicle)

Siapa dari kalian yang sebenarnya kadang tidak paham guna dari bronzer? Sebenarnya, bronzer sendiri adalah produk makeup yang ternyata dapat mewujudkan makeup yang begitu sehat dengan warna cokelatnya. Kenapa begitu? Ketika dalam membangun makeup yang begitu blending dengan kulit yang cokelat seperti kulit sawo matang atau yellow undertone seperti kulit Indonesia pada umumnya, bronzer seperti ikut meratakan warna kulit yang terkadang tidak rata pada beberapa bagian wajah sehingga menghindari terjadinya warna abu karena foundie yang tidak pas. 

Bronzer memberikan warna untuk hasil makeup yang lebih menyatu dengan warna asli kulit. (Foto: Qubicle)

Ingin mendapatkan sun-kissed glow seperti Tara Basro atau Sarah Ayu? Penggunaan bronzer bisa membuat bentuk wajah lebih terdefinisi sekaligus memberikan “warna” pada wajah. Kalian bisa coba shades Umber pada They Talk About Face Palette untuk hasil bronzer yang tidak terlalu cokelat.


Stick Blush Lalu Powder Blush

Kamu bisa memilih menggunakan blush on stick saat bepergian. (Foto: Qubicle)

Liquid atau stick blush memberikan warna merona pada pipi dengan hasil yang begitu lembut dan natural. Memperlihatkan tampilan merona yang begitu sehat dan sangat blending untuk hasil makeup glowing. Namun, stick blush atau liquid blush memiliki kelemahan dalam pemakaiannya. Kalau bahasa sekarang, “geser”. 

Blush on yang digunakan dari The Face Palette adalah Rosewood. (Foto: Qubicle)
Kamu boleh skip stick blush, tapi bisa juga gunakan powder blush di atas stick blush on. (Foto: Qubicle)

Maksudnya? Ketika warna yang tadinya pigmented, lama-lama memudar karena kondisi kulit yang cenderung berminyak ketika pemakaian diatas 3 jam. Tenang, caranya mudah. Gunakan powder blush sebagai pengunci liquid blush. Face Palette dari They Talk About memiliki dua shades blush on yang begitu cantik, yaitu Rosewood dan Sienna. Jika kalian campur warnanya untuk menjadi warna coral yang cantik, atau bisa digunakan sesuai mood yang begitu eklektik. Takut warnanya terlihat sangat menor? Baca dulu tips berikutnya!


Powder (Alternatif)

Bedak bisa digunakan setelah menggunakan concealer atau pun setelah blush on. (Foto: Qubicle)

Untuk yang satu ini, beberapa orang yang memiliki kulit cenderung kering sering melewatkan. Apalagi, beberapa tampilan terlihat hasilnya tidak seperti makeup glowing yang diharapkan. Oleh karena itu, bagi kalian yang memiliki wajah yang begitu berminyak ada baiknya menggunakan powder atau bedak. Karena, untuk beberapa saat, bedak akan menyatu dengan kulit sehingga tidak terlalu kering lagi. Tip yang harus diperhatikan, gunakan face brush yang begitu lembut dan besar sehingga dapat mengantarkan partikel bedak secara merata.


Kilau Highlighter

Menggunakan Quartz dari The Face Palette They Talk About. (Foto: Qubicle)

Untuk sentuhan makeup glowing yang begitu paten, highlighter. Untuk beberapa dari kalian yang senang menggunakan stick highlighter, butuh diingat bahwa terkadang konsepnya mirip dengan stick atau liquid foundation. Gunakan powder highlighter untuk memberikan kilau yang lebih lama dan lebih terdefinisi. Kami simpulkan bahwa highlighter dari Face Palette dari They Talk About yang disebut Quartz itu cantik banget! 

Dengan fan brush, powder highlighter ini dengan mudah diaplikasikan. (Foto: Qubicle)

Mau dipakai siang hingga malam, kalian nggak perlu khawatir karena warna champagne yang begitu cantik dan cocok dipakai tidak hanya di apple of the cheek, melainkan cupid’s bow di bawah hidup, batang hidung, mata, pelipis, hingga dagu.


Hasil Makeup Glowing 

Tara! 

Ini dia hasil makeup glowing no foundation yang bisa kalian coba untuk tampilan sehari-hari. Kuncinya adalah untuk mencoba berbagai cara dan metode yang pas untuk jenis dan bentuk wajah kalian. 

Hasil menggunakan The Face Palette They Talk About. (Foto: Qubicle)
Sunbeam yang diinginkan sesuai cara mengaplikasikannya. (Foto: Qubicle)

Face Palette 101

The Face Palette They Talk About dari segi packaging. (Foto: Qubicle)

jyJudulnya aja sudah face palette, pasti disini kami ingin menyisipkan sedikit ulasan memakai produk dari They Talk About. Produk ini didesain sangat kecil, bahkan dapat sebesar telapak tangan. Memudahkan untuk dibawa kemana saja. Untuk warna yang ditawarkan pun sangat basic, yang sudah pasti cocok untuk semua kulit Indonesia. Untuk beberapa catatan, pertama kali melakukan swap untuk bronzer, terasa kurang pigmented dan tidak mendefinisi dengan sangat baik. Sehingga, sempat menjadi pertanyaan apakah memang kami salah dalam pemakaiannya atau memang produknya yang tidak “keluar” warnanya. Namun, setelah beberapa kali melakukan percobaan untuk hasil yang lebih maksimal. Warnanya menjadi sangat pigmented ketika kulit di primer dan terhidrasi dengan sangat baik.

Dengan packaging yang bernuansa refleksi, dilengkapi dengan kaca di dalam. (Foto: Qubicle)

Untuk blush on, warna Sienna menjadi least favorite kami karena warnanya yang sepertinya cocok untuk kulit Indonesia yang sangat terang atau yang sangat gelap. Namun, untuk yang yellow undertone namun di tengah-tengah, warna Rosewood sangat cantik disapukan untuk siang bahkan malam. Tapi, ketika digabung pun tidak ada salahnya, memberikan rona coral yang begitu cantik.

Empat warna yang ada di The Face Palette They Talk About. (Foto: Qubicle)

Si highlighter Quartz yang ciamik patut diacungi jempol. Karena, hanya dengan sekali sapu saja dengan fan brush, sudah bisa terlihat kilauan sunbeam yang diinginkan. Memberikan hasil makeup glowing yang sehat namun dapat dipakai ke kampus, kantor, mall, bahkan acara resmi sekalipun.

Untuk The Face Palette They Talk About bisa kalian cek produknya di glmr.id dan dapatkan produknya sekarang sehingga bisa memberikan hasil makeup glowing impian kalian!


Oleh: Delfania


Like what you read? Give Qubicle Fashion your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Fashion

    We deliver stories about style, fashion, and culture.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US