Us:YangLupaSejarahKelamBangsanyaDitusukGunting

March 22, 2019Qubicle Film and TV
Bersama 'Us', Jordan Peele kembali mengkritik lewat film horor, tetapi rangkaian metafora yang dihadirkan kali ini lebih rumit.

Us karya sutradara Jordan Peele mulai tayang Rabu (20/3). Dibandingkan dengan Get Out (2017), rentetan metafora yang ditampilkan pada Us memang cenderung lebih rumit dan rasanya tidak berakhir menjadi kesatuan padu pada ujung film.

Berbeda dengan Get Out yang terasa langsung mengkritik tatanan masyarakat AS, Us sekilas lebih berfokus dalam mengkritik individu, hal ini setidaknya dapat kita simpulkan dari peran cermin pada pengembangan cerita hingga para doppelgängers yang memburu manusia aslinya.

Namun, sebenarnya sasaran kritik Us masih pada tingkat kolektif. Jika menelusuri metafora-metafora pada film, khususnya sebuah ayat yang beberapa kali diangkat, Us mau mengkritik rasa takut yang kita sembunyikan dari diri kita sendiri.

Dalam konteks Us, rasa takut dan insecurities yang disembunyikan bukan saja seputar pengalaman dan sejarah pribadi, tetapi juga termasuk pengalaman dan sejarah kolektif.

Peele mau masyarakat AS sekali lagi sadar kalau selama ini mereka menampik sejarah kelam yang sebenarnya mereka ketahui dan sembunyikan dalam ingatan. Untuk Us, sejarah yang dirujuk adalah sejarah pembangunan infrastruktur AS pada masa perbudakan yang lekat dengan diskriminasi dan penindasan ras.

Lewat Us, Peele meramalkan kehancuran sebuah bangsa yang menyembunyikan sejarah kelamnya.Jadi, buat kalian yang masih aja menutup mata dan mencoba mengubur sejarah kelam bangsa sendiri dari ingatan, siap-siap kena tusuk gunting.

Baca review lain tentang Us di sini.

Oleh: Adam Bagaskara

Like what you read? Give Qubicle Film and TV your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Film and TV

    All of the latest film and tv.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US