FaktaSterilisasiHewanyangPerluKamuKetahui

May 24, 2019Qubicle Hobby
Sterilisasi hewan membantu mengendalikan kelebihan populasi hewan peliharaan dan menyelamatkan ribuan kucing dan anjing setiap tahun.

Mensterilkan hewan peliharaan sering menjadi topik hangat di antara pemilik hewan peliharaan. Banyak yang nggak setuju untuk mensterilkan hewan peliharaan, tapi banyak juga yang setuju. Mensterilkan hewan peliharaan adalah salah satu tindakan kebaikan terbesar yang bisa kamu berikan untuk hewan peliharaan kamu, karena mensterilkan mereka akan meningkatkan kehidupan dan kesehatan mereka dalam jangka panjang. Mensterilkan juga membantu mengendalikan kelebihan populasi hewan peliharaan dan menyelamatkan ribuan kucing dan anjing setiap tahun.


via GIPHY


Banyak pemilik hewan peliharaan, terutama pemilik kucing, yang nggak mendapatkan informasi yang lengkap atau kadang salah paham tentang manfaat dari prosedur penting ini. Berikut adalah beberapa alasan utama kucing kamu harus dikebiri atau disterilkan, check it out!


Kucing Hidup Lebih Lama, Lebih Bahagia, dan Lebih Sehat

via GIPHY

USA Today menerbitkan sebuah artikel pada Mei 2013 yang menyatakan bahwa kucing (dan anjing) yang tinggal di negara-negara dengan tingkat steril yang lebih tinggi memiliki masa hidup yang lebih lama. Mengebiri kucing betina sebelum siklus kawin mereka yang pertama sangat mengurangi resiko infeksi rahim dan kanker rahim dan payudara. Kucing jantan yang dikebiri memiliki resiko lebih kecil untuk mengalami pembesaran kelenjar prostat dan tumor perianal.

Kucing jantan yang nggak dikebiri memiliki kecenderungan untuk berkeliaran dan beresiko lebih tinggi untuk terluka atau terinfeksi virus defisiensi imun kucing dan leukemia kucing. Setelah dikebiri, naluri mereka untuk berkembang biak berkurang, dan mereka lebih senang untuk tinggal di rumah.


Hemat Biaya

via GIPHY

Dalam jangka panjang, mengebiri atau mensterilkan kucing akan lebih menghemat pengeluaran daripada nggak melakukannya. Karena kucing yang dikebiri beresiko lebih rendah terkena masalah kesehatan yang serius. Kamu dapat menghindari operasi dan perawatan mahal yang bisa mencapai jutaan rupiah. Selain itu, biaya operasi kebiri jauh lebih sedikit daripada harus merawat anak kucing (biaya yang termasuk nggak hanya makanan mereka tapi juga biaya perawatan).


Menghilangkan "Masalah" Perilaku

via GIPHY

Mensterilkan umumnya mengurangi perilaku yang nggak diinginkan yang membuat banyak pemilik kucing merasa frustrasi. Kucing jantan yang dikebiri nggak akan memiliki naluri untuk menandai wilayahnya atau bahasa lainnya adalah spraying, yaitu menyemprotkan air seni di wilayah rumah.

Menurut Humane Society of the United States, mensterilkan kucing jantan dapat menyelesaikan 90% masalah spraying. Jantan yang dikebiri memiliki lebih sedikit keinginan untuk berkeliaran karena naluri mereka untuk berkembang biak berkurang. Dengan demikian, mereka akan dilindungi dari bahaya di lingkungan sekitar mereka seperti bertemu mobil atau predator yang lebih besar, karena mereka akan lebih bahagia tinggal di rumah.

Betina yang dikebiri nggak akan masuk ke siklus kawin dan nggak akan melakukan tangisan konstan (yang menandakan mereka ingin kawin) dan melolong, mondar-mandir, dan kadang-kadang mengeluarkan bercak dari alat kelamin mereka.


Menurunkan Populasi Hewan

via GIPHY

Kenyataannya kehidupan di jalanan sangat sulit bagi seekor kucing. Banyak kucing yang akhirnya berakhir di tempat penampungan sering disuntik mati karena dianggap “nggak bisa diadopsi”. Human Society of United States memperkirakan bahwa antara 6 sampai 8 juta hewan memasuki tempat penampungan setiap tahunnya. Belum lagi, nggak lebih dari setengah yang akhirnya diadopsi. Nasib mereka dapat kita ubah dengan mengebiri dan mensterilkan.



Oleh: Kidung Larasmoyo

Like what you read? Give Qubicle Hobby your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Hobby

    A medium created to accomodate young people hobbies.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US