Hindari5HalIniuntukMerawatBukuKesayanganmu

May 29, 2019Qubicle Hobby
Jangan melakukan 5 hal berikut untuk merawat buku kalian lebih awet, sehat, dan seperti baru.

Untuk buku yang lebih tahan lama, untuk buku terlihat seperti baru, dan untuk buku terawat sempurna. Cheers!


via GIPHY


Jangan memegang buku saat tangan kotor

via GIPHY

Salah satu rule yang paling basic bagi pecinta buku, jangan pernah menyentuh buku saat tangan kotor atau basah. BIG NO! Selain akan meninggalkan bekas di halamannya, kalau tangan sedang kotor bisa jadi ada aroma yang akan ikut menempel di buku tersebut. Kalian mau buku kalian saat dibuka mengeluarkan begitu banyak bau asing? Nope!


Jangan menyimpan buku di ruangan maupun lemari yang lembap

via GIPHY

Gimana caranya untuk tahu sebuah ruangan memiliki kadar kelembapan yang pas, ya? Kalian bisa beli alat bernama hygrometer. Kelembapan yang pas untuk sebuah ruangan adalah sekitar 40-50%. Kalau nggak mau terlalu ekstra sampai beli hygrometer, kamu bisa memastikan bahwa bukumu nggak bertumpuk di dalam kardus, atau lemari tertutup. Kurangnya sirkulasi udara bisa menyebabkan halaman buku menguning lebih cepat dan menimbulkan bau tidak sedap. Eew!


Jangan membuka buku dengan kekuatan maksimal

via GIPHY

Pernah nggak meminjamkan buku ke orang lain (yang mungkin nggak peduli sama buku), terus mereka membuka buku sangat lebar sampai bagian tengahnya terlihat? Yeah, that’s a NO. Membuka buku sampai terbuka lebar akan merusak spine atau punggung buku yang mengaitkan halaman per halaman. Jangan kaget kalau misalnya kamu akan melihat ada beberapa halaman yang copot, ya!


Jangan tumpuk bukumu

via GIPHY

Saat menempatkan buku di lemari buku, pastikan semua buku disusun berjajar dan tidak ditumpuk atau bahkan kombinasi dari dijajarkan dan ditumpuk, ya! Hal ini berguna untuk menjaga kekuatan spine buku-bukumu. Bayangkan kalau kamu meletakkan buku hard cover di atas buku yang berjajar, bebannya jadi nggak seimbang. Untuk buku hard cover, kamu boleh menumpuknya, tapi di tempat tersendiri ya, bukan di atas buku berjajar!


Jangan biarkan bukumu terkena sinar matahari langsung

via GIPHY

Hindari paparan sinar matahari untuk menjaga warna dan kualitas kertas buku. Sampul buku dan kertas di dalamnya nggak mampu menangani kerasnya sinar UV yang dipaparkan matahari. Kalau lemari bukumu menghadap jendela, ini saatnya kamu merubah posisinya. Ribet sih, tapi demi buku yang lebih sehat dan terawat!



Oleh: Kidung Larasmoyo

Like what you read? Give Qubicle Hobby your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Hobby

    A medium created to accomodate young people hobbies.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US