HobiMurahyangTerlihatMahal

May 29, 2019Qubicle Hobby
Jangan salah mengira hobi murah berikut adalah hobi yang mahal dengan pengeluaran yang besar ya.

Karena namanya yang terdengar oh-so-fancy, hobi di bawah ini kerap dikira sebagai hobi mahal. Padahal, kalau kalian tahu triknya, hobi berikut termasuk terjangkau dan menyenangkan untuk dilakukan.


Surfing

via GIPHY

Saat mendengar kata surfing, apa yang ada di bayangan kalian? Olahraga bule? Bali? Mahal? Ternyata olahraga surfing termasuk terjangkau! Untuk memulainya, kamu bisa membeli papan surf yang harganya dimulai berkisar Rp1,5 juta untuk papan pemula, dan Rp5 juta kalau kamu sudah mahir. That’s it! Belajar surfing nggak mesti ke Bali kok. Kamu cukup cari di internet spot-spot yang punya ombak lumayan oke untuk memulai hobi ini.


Belajar Bahasa Asing

via GIPHY

Gimana dengan les privat? Buku-bukunya? Wah, di era digital seperti ini kalian akan menemukan banyak resource untuk belajar bahasa asing dengan gratis! Favorit Qubicle adalah aplikasi belajar bahasa gratis seperti Duolingo, Memrise, Anki, atau aplikasi belajar seperti Quizlet. Nggak jarang, banyak banget file berformat PDF yang bisa kamu unduh langsung dari internet. Selain itu, dengan nonton YouTube, atau serial TV dan film juga akan membantumu menyalurkan hobi belajar bahasa. Yang kamu butuhkan selanjutnya adalah komitmen untuk terus belajar!


Fotografi

via GIPHY

Banyak yang bilang hobi fotografi itu makan banyak biaya. Kata Qubicle, ada banyak cara untuk menyiasatinya. Kalau kalian baru mau memulai, nggak perlu punya kamera puluhan juta rupiah. Cukup dengan kamera smartphone. Mulailah belajar mengedit lewat aplikasi terlebih dahulu jika belum pede dengan Photoshop. Yang penting adalah mengasah insting kamu mengabadikan objek maupun momen. Hasilnya belakangan!


Flower Pressing

via GIPHY

Huh? What’s that? Seperti namanya, flower pressing adalah kegiatan “menggencet” bunga yang membuat bunga jadi pipih dan kering. Walaupun namanya terdengar asing, kamu pasti pernah melihat bentuknya dalam produk berupa dekorasi rumah atau pembatas buku. Yang kamu butuhkan adalah bunga yang bisa kamu beli di pasar bunga dengan harga miring, atau bunga di taman rumahmu. Setelah membersihkan bunga, lapisi bunga dengan kertas crepe atau kalkir kemudian kamu bisa menjepitnya di antara buku yang cukup tebal. Tunggu beberapa minggu, dan voila! Kamu bahkan bisa mengkreasikannya kemudian menjualnya.


Podcasting

via GIPHY

Ini dia satu hobi yang masih belum terlalu akrab dikenal masyarakat, namun lagi naik daun di kalangan millennials. Kalau kalian termasuk yang suka mengutarakan pendapat maupun ingin menggali lebih dalam opini seseorang, memulai podcast bisa jadi hobi menarik untuk di-explore. Modalnya hanya voice recorder (bisa pakai yang ada di smartphone juga) dan topik yang menarik untuk dibahas. Sekarang music streaming platform seperti Spotify sudah membuka kiriman podcast dari penggunanya, dan kalian juga bisa mengirimnya ke iTunes.

Gimana,  hobi murah tapi terlihat mahal ini ada yang menarik perhatianmu, nggak?



Oleh: Kidung Larasmoyo

Like what you read? Give Qubicle Hobby your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Hobby

    A medium created to accomodate young people hobbies.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US