TipsBepergiandenganHewanPeliharaan

May 16, 2019Qubicle Hobby
Berikut adalah beberapa tips bepergian dengan hewan peliharaan yang kami pelajari dan mungkin bermanfaat bagi kamu juga.

Kalau kamu baru saja mendapatkan atau mengadopsi seekor anak anjing atau bahkan kucing dan harus melakukan perjalanan jauh untuk sampai ke rumah, rasanya was-was dan takut. Apalagi kalau jaraknya jauh dan memakan waktu yang lama. Bagaimana kalau mereka nggak nyaman di perjalanan? Bagaimana kalau mereka mau buang air kecil ataupun besar? Akhirnya kami menemukan diri kami menggali informasi tentang cara bepergian dengan hewan peliharaan dengan aman. Berikut adalah beberapa tips bepergian dengan hewan peliharaan yang kami pelajari dan mungkin bermanfaat bagi kamu juga.


via GIPHY


Ternyata, sekitar 75 persen pemilik hewan peliharaan nggak mempercayai maskapai penerbangan dengan hewan peliharaan mereka ketika bepergian di ruang kargo menurut sebuah survei oleh DogVacay. Survei tersebut juga menyatakan bahwa kamu yang memiliki hewan peliharaan akan menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan hewan peliharaan kamu di rumah daripada bersenang-senang saat bepergian.

Tapi tenang, kamu dapat berhenti khawatir tentang hewan peliharaan kamu yang ditinggalkan di rumah, karena kamu dapat bepergian bersama mereka. Bagi kamu yang memiliki kekhawatiran tentang terbang dengan hewan peliharaan kamu, Air Travel Consumer Reports menunjukkan bahwa, sangat sedikit insiden yang terjadi dengan hewan peliharaan saat berada di pesawat terbang.


Bepergian dengan Pesawat


via GIPHY


Jika kamu memutuskan untuk bepergian melalui udara, tempat terbaik untuk hewan peliharaan kamu adalah berada di carrier di dalam kabin. Mayoritas maskapai memungkinkan kamu untuk membawa anjing atau kucing kecil di dalam kabin. Namun, biasanya ada biaya tambahan ketika kamu memilih opsi ini. Hubungi maskapai penerbangan sesegera mungkin karena terdapat batas yang ditetapkan untuk jumlah hewan yang diizinkan untuk berada di kabin pada setiap penerbangan.


1. Pastikan kamu nggak lupa untuk menanyakan tentang persyaratan ukuran hewan peliharaan kamu.

2. Jika kamu nggak bisa membawa hewan peliharaan di kabin, ada beberapa cara untuk membuatnya lebih nyaman dan aman di ruang kargo.

3. Mintalah untuk mengawasi hewan peliharaan kamu saat mereka dimasukkan dan diturunkan dari ruang kargo pesawat.

4. Gunakan penerbangan yang direct. Penerbangan direct menghindari terjadinya kesalahan transfer maskapai dan keterlambatan pada saat mengeluarkan hewan peliharaan kamu dari pesawat.

5. Saat naik pesawat, beri tahu kapten dan pramugari bahwa hewan peliharaan kamu ada di ruang kargo. Kapten dapat mengambil tindakan pencegahan khusus jika dia tahu ada hewan peliharaan di atas pesawat.

6. Beli collar untuk hewan peliharaan kamu yang berisi dua lembar identifikasi, yaitu label permanen yang mencantumkan nama, nomor telepon, dan alamat rumah kamu dan label sementara yang mencantumkan nomor telepon dan alamat liburan kamu.

7. Jepit kuku mereka agar nggak tersangkut di lubang, celah atau pintu pesawat.

8. Jangan memberi mereka makan sekitar empat jam sebelum perjalanan. Berikan mereka sedikit air dan pertimbangkan untuk menempatkan es batu di tempat minum mereka.

9. Tempatkan label pada carrier yang tertera nama, alamat permanen, nomor telepon, dan tujuan kamu.


Karena ruang kargo nggak didinginkan atau dipanaskan dan nggak memiliki ventilasi hingga pesawat lepas landas, waktu sebelum lepas landas adalah waktu paling berbahaya bagi mereka. Hewan seperti bulldog, anjing jenis Peking, dan kucing Persia nggak boleh ditempatkan di ruang kargo. Fisiologi hewan berhidung pesek seperti mereka nggak punya kemampuan untuk bernapas dengan mudah dalam kondisi stres atau panas. Beberapa maskapai nggak menyarankan untuk membawa hewan-hewan ini.

Survei lain yang dilakukan oleh Dogtrekker.com menemukan bahwa bepergian dengan anjing semakin mudah dengan lebih dari 80 persen traveler menggunakan search engine dan situs perjalanan untuk merencanakan liburan mereka.


Bepergian dengan Mobil


via GIPHY


Kalau kamu memilih untuk mengemudi, tempat paling aman untuk hewan peliharaan kamu adalah di tempat penyimpanannya (carrier) yang diletakkan di kursi belakang. Jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan kamu sendirian di mobil. Mereka bisa terjebak di dalam mobil terlebih lagi kalau kamu meninggalkan mereka sendirian saat musim panas, mereka bisa dehidrasi dan kekurangan cairan.


Semoga tips dari kamu membantu kamu dan hewan peliharaan kamu untuk bisa bepergian dengan aman dan nyaman!



Oleh: Kidung Larasmoyo

Like what you read? Give Qubicle Hobby your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Hobby

    A medium created to accomodate young people hobbies.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US