KingGizzardMengangkatIsuLingkungandiLaguTerbaru

April 12, 2019Qubicle Music
King Gizzard & the Lizard Wizard juga sekalian merilis video musik dari lagu thrash metal penuh kritik terhadap ulah manusia merusak alam.

Pada Senin (8/4) lalu, pentolan psychedelic rock terkini asal Australia, King Gizzard & The Lizard Wizard, resmi merilis lagu baru yang berjudul “Planet B”. Lagu “Planet B” ini cukup berbeda dengan materi-materi yang biasanya mereka rilis, karena lagu ini merupakan nomor heavy rock dengan pengaruh kental thrash metal, yang (menurut kami) membuat lagu ini lebih keras dan lebih penuh energi dibanding lagu-lagu mereka yang sebelum-sebelumnya. Bisa jadi, ini juga merupakan bukti bahwa King Gizzard & The Lizard Wizard bukan unit musik yang hanya bermain aman memakai formula musiknya yang membuat nama mereka terdengar, tapi sangat terbuka dengan eksplorasi gaya musik lain—kayaknya mereka nggak mau hanya menjadi jawara di musik psychedelic rock saja.

King Gizzard & the Lizard Wizard, grup psych-rock asal Australia. (foto: dok. istimewa)

“Planet B” juga kedengeran kontras sekali dengan lagu-lagu mereka yang mereka rilis di tahun 2019 ini, seperti “Cyboogie”, “Fishing for Fishies”, dan “Boogieman Sam” di mana ketiga lagu ini mempunyai suasana yang berbanding terbalik dengan “Planet B”. Salah satu alasannya mungkin karena, “Planet B” ternyata tidak termasuk di dalam daftar lagu di album baru mereka yang akan rilis 26 April mendatang, Fishing for Fishies. Apakah nantinya akan ada album khusus thrash metal King Gizzard & The Lizard Wizard demi mewadahi lagu seperti "Planet B"? Kami belum tahu. Namun, kalau misalnya mereka berencana untuk iseng membuatnya, kami bakalan senang. Lagian, nggak menutup kemungkinan mengingat band ini adalah band yang produktif banget. Tahun 2017 lalu aja mereka ngeluarin 5 album penuh. Nggak tanggung-tanggung! 

Lagu "Planet B" sendiri sepertinya merupakan kritik sosial dan sindiran dari King Gizzard cs terhadap ulah manusia; satu karena berperan dalam kerusakan lingkungan dan dua ke semua pihak dalam society yang cuek dan seakan nggak peduli sama isu alam dan bumi ini sendiri. Kalau kalian mengamati liriknya secara seksama, King Gizzard & the Lizard Wizard dengan cukup sinis bilang kalau planet bumi ini lama-kelamaan hancur, kita sebagai manusia nggak punya planet pengganti lain untuk dihuni. Atau dengan kata lain, kita tidak punya si Planet B. "Urbanization, scarification, population exodus, there is no Planet B. Open your eyes and see!" begitu bunyi liriknya di chorus pertama. Denga musik thrash metal intens dan vokal menggeram serta tempo ngebut, band ini kembali ngasih pengingat di chorus kedua. "Only way through is colonization, acclimatization, population exodus, monetization, civilization. The operation has begun, there is no Planet B," teriak mereka. Harusnya, dari situ kita bisa melihat, kalau satu-satunya cara untuk menyelamatkan kehidupan dan populasi manusia adalah bukan pindah ke Planet B yang nggak akan pernah eksis itu, tapi ya dengan menyelematkan lingkungan hidup.

Salah satu adegan di video musik lagu "Planet B" milik King Gizzard & the Lizard Wizard. (foto: screen shot video "Planet B")

Nggak cuman lagu, King Gizzard & the Lizard Wizard juga sekaligus merilis video musik "Planet B", tentu saja dengan estetika ala mereka. Video musiknya punya cerita yang absurd, cukup menegangkan dan lumayan punya adegan kekerasan. Isi videonya sendiri yaitu adegan 7 personel band ini yang memakai seragam oranye, menggonggong ramai-ramai, berjoget-joget lepas di tengah-tengah landasan terbang; berkelakuan absurd dan hiperaktif seperti anak kecil yang kebablasan mengonsumsi 2 liter energy drink. Semua berlangsung beberapa saat sebelum didatangi sosok berpakaian hitam yang memusnahkan semua personel King Gizzard & the Lizard Wizard dengan menggunakan shotgun sebelum membakar jasad-jasad mereka.

Silakan dengarkan lagunya dan simak video di bawah ini:


Oleh: Nugie Rianto

Editor: Yogha Prasiddhamukti

Like what you read? Give Qubicle Music your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Music

    We found it's important to give people on good music whether they're made by established musicians or newcomers.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US