PentingNggakSihPunyaPlaylistPagiHari?

January 11, 2019Qubicle Music
Kami coba nanya ke beberapa orang dan mikir sendiri, soal seberapa penting sih playlist pagi hari buat mengawali aktivitas di tiap hari.

Apakah kalian mempunyai beberapa playlist khusus atau sebuah playlist universal untuk menemai kalian menjalani kegiatan sehari-hari? Pertanyaan berikutnya, jika kalian punya playlist khusus tersebut, apakah salah satunya merupakan playlist pagi hari—susunan lagu-lagu yang sengaja kalian bikin sendiri buat disetel dan didengerin sembari melakukan segala aktivitas di pagi hari. 

Saya sendiri punya sebuah playlist pagi hari, khusus yang selalu saya putar buat mengawali hari; yang nemenin dari saya melek, pas mandi—kadang orang juga ngerucutin lagi, khusus jadi shower playlistsaat sarapan, sampai menemani perjalanan saya di pagi hari. Tiap hari, pasti diputer. Lama-lama, muncul pertanyaan sendiri yang didasari atas keingintahuan saya selanjutnya: sebenernya playlist pagi hari ini penting nggak sih untuk kehidupan kita? Dari situ, saya mutusin untuk nanya ke temen-temen, dari musisi, anggota kolektif musik lokal, sampai yang tidak berafiliasi dengan permusikan atau bisa juga dibilang the average joe, soal signifikansi playlist pagi hari bagi hidup mereka masing-masing. 

Kira-kira, begini jawaban mereka:

Kemal Rachman (Mahasiswa)

“Menurut gua sih penting punya playlist pagi hari, soalnya lagu-lagu yang ada di dalem playlist itu bakal menentukan mood kita di hari itu. Kalo misalnya dengerin lagu yang mellow-mellow itu bakalan membawa mood kita ke arah yang lebih santai. Kalo kita dengerin lagu-lagu yang sedih, nanti mood kita bisa sendu seharian. Kalo playlist pagi hari gua sendiri, sih, isinya lagu-lagu santai.”


Reyhan Gani (CulDeSac, Pesona Experience)

“Penting sih, soalnya menurut gua, lagu tuh bakal jadi mood booster buat orang-orang, apalagi playlist pagi hari. Soalnya itu nentuin mood lu banget buat hari itu selama sehari penuh. Jadi, menurut gua semua orang perlu sih punya dan nyiapin playlist pagi hari, jadi nggak harus repot milih-milih lagu dulu pagi-pagi. Intinya semua orang tuh perlu mood booster, jadi punya playlist pagi hari itu essential. Personally, playlist pagi hari gua isinya lagu jazz sama bossa nova.”


Jazlyn Melody (Stylist)

“Penting, karena menurut aku playlist pagi hari akan mempengaruhi behaviour kita di hari itu, dan juga sebuah mood booster buat aku sendiri. Sama bikin nggak ribet aja punya playlist pagi gitu, soalnya nggak harus milihin lagu satu-satu sembari beraktivitas, kan ribet kalo gitu. Terus juga malah bikin bete juga kalo harus milih-milih lagu pas pagi-pagi.”


Defa (Noisewhore, CulDeSac)

Honestly lumayan penting. Gua soalnya kalo berangkat ke kantor atau kampus, fix banget dengerin lagu gitu sih, soalnya lumayan ngebantu gua, karena in general musik tuh emang mood booster aja sih buat gua. Karena emang gua demen musik, ya emang tiap hari aja sih dengerin musik dan emang setiap gua bangun tidur, biasanya langsung masang lagu di kamar.”

Nah, kalau liat opini beberapa teman-teman saya, playlist pagi hari itu penting. Playlist pagi hari akan sangat berperan memengaruhi keadaan kita sepanjang hari. Saya sendiri sih sepakat, karena seperti yang Defa bilang, musik itu emang mood booster. Ditambah dengan keadaan badan dan otak kita di pagi hari yang masih segar, musik, khususnya yang kita mainkan di awal hari, akan membantu mendorong kita secara psikis. 

Nah, itu adalah pendapat saya dan sebagian teman-teman saya. Bisa jadi, sebagian dari kalian mempunyai opini yang berbeda, mungkin ada yang mengiyakan. Yang jelas, jika memang punya playlist pagi hari, setiap dari kita pasti punya playlist yang berbeda-beda. Kalau saya sendiri, playlist pagi hari dimulai dengan lagu yang pelan dan santai, sampai musik yang uplifting. Kalau penasaran, berikut saya bagikan playlist pagi hari yang tiap hari nemenin saya:

Khruangbin – "Cómo Me Quieres"


Dr. Lonnie Smith – "It’s Changed"


The Olympians – "Apollo’s Mood"


Dusty Springfield – "Spooky"


Drugdealer – "Suddenly"


Slowdive – "Slomo"


Bobby Oroza – "This Love Pt.1"


Babasónicos – "Pesadilla Bionica del Perro Bionico"


Club Kuru – "49 Years"


Kamasi Washington – "Street Fighter Mas"


Parquet Courts – "Wide Awake"


Oleh: Nugie Rianto

Foto header: diambil dari salah satu adegan di film 'Ferris Bueller's Day Off' (1986)

Like what you read? Give Qubicle Music your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Music

    We found it's important to give people on good music whether they're made by established musicians or newcomers.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US