TOP10:LaguR&BPilihanKayman

April 12, 2019Qubicle Music
Produser muda asal Jakarta, Kayman, memilih 10 lagu R&B yang menjadi inspirasi untuk karya single perdananya, “Looking For”.

Setelah menjadi rumah bagi nama-nama seperti Andre&, Monica Karina, Mbe Sheehan dan Sunmantra, kini kolektif dan label rekaman Pon Your Tone kembali melepas sebuah single dari salah satu roster-nya, Kayman, yang berjudul “Looking For”. Sebagai produser muda, relasi Kayman dengan musik sudah berlangsung sejak dini. Dirinya menekuni musik klasik sejak umur 10 tahun, sebelum memulai eksplorasi musik di ranah elektronik yang membuatnya menekuni audio engineering 6 tahun kemudian. 

Kayman sendiri mulai menuangkan visi bermusiknya pertama kali saat melakukan aransemen ulang atau remix lagu milik Miguel berjudul “How Many Drinks”. Kemudian, karya remix-nya dari lagu "Oye Como Va" milik Tito Puente berhasil menjadi sebuah anthem baru lantai dansa ibukota dan berhasil menarik perhatian Soulection Radio asal Los Angeles yang mendaulat karyanya sebagai salah satu karya re-works terbaik. Karya terakhirnya adalah sebuah edits dari lagu “Chasing Time” milik Azealia Banks yang terdapat dalam mini album kolaborasi antara Pon Your Tone dan De La House, Tone House. Selain itu, dirinya juga bisa dikatakan aktif nge-DJ di beberapa acara di Jakarta dengan berbagai jenis musik dari house sampai afro-beat. Tidak hanya itu, nama Kayman selalu tercatat dalam setiap karya milik produser dan DJ beken Dipha Barus sebagai co-producer. Nah, kini, akhirnya Kayman memberanikan diri untuk menjajal membuat dan merilis materinya sendiri.

Artwork sampul single terbaru Kayman, "Looking For". (foto: dok. Pon Your Tone)

Dalam lagu “Looking For”, Kayman menggaet penyanyi muda bernama Mira Jasmine di departemen vokal. Lewat lagu “Looking For”, Kayman berusaha mengungkap sesuatu yang tersembunyi dalam percakapan antar pasangan, dimana seseorang merindukan sebuah perasaan yang kini sudah menjadi hambar, juga tentang penantian yang tidak berujung untuk mendapatkan kesempatan kedua. Hasilnya adalah tembang manis yang diselimuti bebunyian deep synth pad serta ketukan half-step khas R&B masa kini, sedikit banyak mengingatkan akan lagu “The Weekend” milik SZA.

Setelah mendengarkan "Looking For", kami kemudian mengajak Kayman untuk memilih 10 lagu R&B gacoannya yang menjadi inspirasinya dalam berkarya, terutama dalam memproduksi lagu barunya tersebut. Tidak lupa, Kayman menyertakan alasan pribadinya di setiap lagu yang masuk daftar TOP 10 kali ini. 

1. Drake feat. Jhene Aiko - "From Time"

Vibe dan lirik di lagu ini buat gue sangat menyentuh.


2.  Miguel feat. Kendrick Lamar - "How Many Drinks?"

Lagu yang sangat menggelitik kawula muda namun dikemasnya dengan kualitas yang over-the-top.


3. H.E.R - "Hard Place"

Vibe musik dan liriknya lagi-lagi sangat pas dan menyentuh di momen-momen tertentu.


4. Khalid & Disclosure - "Talk"

Sound synthwave yang sangat identik dengan Disclosure, namun disuguhkan dengan nuansa R&B minimalis dan vokal yang ciamik. Lagu ini termasuk yang sangat menginspirasi single gue.


5. Anderson .Paak - "Come Down"

Groove yang strong dan kaya akan funk rhythm ditambah line vocal yang sangat hooky membuat ini jadi lagu yang membius.


6. LION BABE - "Get Into The Party Life"

Lirik yang easy listening di lagu ini menjadi salah satu alasan gue merilis single "Looking For".


7. D’Angelo & The Vanguard - "Really Love"

Salah satu lagu dengan nuansa experimentalyang menjadi fondasi di single baru gue.


8. Masego - "Navajo"

Masego adalah salah satu musisi multi-instrumentalist yang sangat berpengaruh buat gue. Karya-karya yang dia buat sejatinya menjadi alasan kenapa gue mulai membuat lagu "Looking For".


9. Solange - "Binz"

Harmonisasi di lagu ini benar-benar magical, terlebih aransemen yang minimalis tetapi sarat makna.


10. The Internet - "Special Affair"

Walaupun dari segi lirik dan produksi lagu ini minimalis dan mudah dicerna, menurut gue lagu ini sangat berkualitas. Terlebih vokal dari Syd yang menambah suasana terasa seakan di atas awan.


Oleh: Wing Narada

Editor: Yogha Prasiddhamukti

Like what you read? Give Qubicle Music your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Music

    We found it's important to give people on good music whether they're made by established musicians or newcomers.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US