TOP10:MixtapeFavoritPemudaSinarmas

May 16, 2019Qubicle Music
Pemuda Sinarmas membeberkan sepuluh mixtape koleksi pribadinya yang menginspirasi joki kaset handal satu ini dalam berkarya.

Di antara ramainya acara ajojing throwback-sekaligus-karaoke yang lagunya itu-itu lagi dan tren pemandu cakram bermodalkan Spotify, Pemuda Sinarmas hadir sebagai oase dengan playlistnya yang unik dan mengundang perhatian. Ajis, panggilan akrabnya, adalah salah satu pemandu cakram yang paham betul bagaimana memberikan sesuatu yang baru atau belum pernah didengar sebelumnya, lengkap dengan atribut yang mencolok berwarna neon yang dominan, menjadikan setiap penampilannya berkesan dan tidak terlupakan. Di tiap penampilannya, kalian bisa mendengar gubahan unik dari lagu Koes Plus atau versi gubahan dari lagu mancanegara dengan sentuhan kearifan lokal. Semua materi penampilannya ia temukan dalam medium kaset, sebuah medium rilisan musik fisik yang sempat ditinggalkan dan belakangan digandrungi kembali berkat event tahunan seperti Cassette Store Day.

Pemuda Sinarmas, DJ yang memakai kaset sebagai medium untuk memutar musik. (foto: dok. Instagram Pemuda Sinarmas) 

Mixtape pilihan gue ini genrenya macem-macem. Dari disco, jazz, dangdut, ska, house, funkot sampai musik tradisional, semuanya mempengaruhi gue untuk terjun mendalami dunia cassette jockey (joki kaset) dan dari situlah gue jadi makin terpacu untuk gabungin itu semua dari hal yang modern menjadi sebuah kearifan lokal. Sekalian untuk ngenalin musik-musik indonesia kepada pemirsa”, ujarnya.


1. Monster Disco 1990

Di mixtape ini, saya suka sekali side A lagu pertama, “Uptown Top Ranking” yang diaransemen ulang menjadi disco. Ketika pertama kali ngedenger nih lagu langsung kata yang pertama keluar “Anjir mantep nih!”. Apa lagi lagu asli “Uptown Top Ranking” yang aslinya bergenre reggae dan disulap menjadi disco.


2. Ebony - Agustus 1985

Ini kaset pertama kali dikasih sama temennya bokap, katanya suruh dengerin biar tau disco di zaman doi. Pas gue dengerin ternyata lagu-lagu yang sering diputar juga di era sekarang. Dan mixtape dari Ebony (kelab yg besar di eranya) juga banyak menginspirasi musisi-musisi muda zaman ini.


3. 30 Nonstop Ambon Jazz Rock

Yang ini kalian harus dengerin nih. Ketika musisi-musisi dari timur Indonesia menyanyikan lagunya lewat lantunan jazz rock namun masih dengan suara khas Ambon membuat mixtape ini sangat kental dengan kearifan lokal.


4. Sweet House 1997

Selain menginspirasi gue, mixtape ini sering gue mainin juga beberapa lagunya untuk nge-DJ. Diantaranya “Ilusi”. Lagu itu adalah versi cover dari lagunya Lemon Tree, namun liriknya diganti bahasa Indonesia. Sama satu lagi gue suka “I Just Call to Say I Love You (remix house)“. Wah ini nyaman banget didenger deh.


5. Dedikasi - Degung & Karawitan

Musik yang dicover di mixtape ini semua dimainkan dengan alat tradisional Indonesia. Lagu barat cita rasa lokal. Sungguh syahdu sekali didengarkan terutama ketika butuh santai dan rileks di pagi hari.


6. Breakdance NOS - Lagu-Lagu Koes Plus

Ketika kalian semua pada ngedance pake lagu luar, Koes Plus tidak mau kalah. Mereka mengeluarkan lagu untuk breakdance dengan lagu-lagu hitsnya. Beat-beat di mixtape ini kadang suka saya ambil juga untuk sampling.


7. 10 Lagu Barat Populer Dalam Versi Dangdut Intelek

Mixtape ini paling caur menurut gue. Ini seperti asal mulanya lagu-lagu barat dibuat versi koplo-nya. Dangdut dari lagu ini juga tidak hilang, walaupun lirik-lirik yang dipakai lirik barat.


8. Seleksi Pop Karya Original Guruh Soekarno Putra

Wah kalo yang ini nggak usah dijelasin lagi kali yah. Ciptaan-ciptaan Guruh Soekarno Putra mah menginspirasi semuanya, baik dalam maupun luar negeri.


9. The Best Disco Nusantara

Mixtape ini diambil dari lagu-lagu daerah dan diremix menjadi disco untuk mengikuti pergerakan musik era 1980-an. Mixtape ini juga jadi salah satu inspirasi gue.


10. Musik Gelombang Baru - Indonesia Ska ‘80-an

Yang ini isinya musisi-musisi gokil sih, ada Igor Tamerlan, Chrisye, Rollies, Wow hingga Yockie (Suryo Prayogo). Mixtape ini berisikan lagu-lagu mereka yang beraliran ska. Ini mixtape sungguh menarik sekali nih untuk di dengar.


Oleh: Wing Narada

Editor: Yogha Prasiddhamukti

Like what you read? Give Qubicle Music your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Music

    We found it's important to give people on good music whether they're made by established musicians or newcomers.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US