Beberapa Tips Ini Bisa Buat Lo Decide Lebih Cepat

Hidup dibentuk dari keputusan-keputusan yang lo ambil. Mulai dari karier, percintaan, kesehatan, apapun tentang kehidupan lo sekarang itu bermuara dari apa yang telah lo decide di masa lalu. Namun sayangnya masih banyak yang ragu dan kesulitan untuk mengambil keputusan, mungkin satu di antaranya adalah lo.

Apapun label yang sering orang katakan tentang lo—over-thinker atau perfeksionis, lo tidak sendirian kok! Memang terkadang decide suatu hal dalam hidup lo itu cukup membingungkan, namun terlalu banyak berpikir tanpa berbuat juga tidak akan membantu lo. Untuk membantu lo, kami punya beberapa cara untuk overcome semua keputusan dan decide secepat kilat!


The 2 minute rule

Cara ini memaksa lo melakukan sesuatu dengan membuat deadline sendiri. Caranya cukup simpel, setiap kali lo diharuskan untuk decide, lo bisa set alarm untuk 2 menit ke depan dan mulai menimbang keputusan itu. Waktu yang lo set sendiri akan memaksa lo untuk berpikir tentang pro dan kontra keputusan itu hingga akhirnya lo tau mana yang akan lo decide. Mudah dan efektif banget!

Berpikir dalam hitam dan putih

Ada kalanya lo punya segudang pilihan, lebih dari yang lo butuhkan. Segala sesuatu yang berlebihan sayangnya akan bikin lo gak bisa menganalisa dengan baik. Di kasus seperti ini, lo bisa mencoba untuk mengeliminasi dengan melabeli semua pilihan itu sebagai pilihan yang baik atau buruk. Ini bakal mempercepat proses decide lo, daripada harus menimbang semua aspeknya satu per satu dan mempertanyakan semua kemungkinan sampai bertele-tele.

Fokus ke keadaan lo saat ini

Perencanaan itu baik, tapi jangan terlalu memikirkan masa depan yang masih belum kelihatan. Terlalu berorientasi ke masa depan saat decide akan sangat menguras mental, karena lo akan mencoba melihat setiap langkah dan konsekuensinya untuk menjaga masa depan lo. Akan lebih baik kalau lo menyimpan energi, melihat apa yang ada di depan mata saat ini, dan mencoba decide yang terbaik dari keadaan lo sekarang. Just live in the moment!

Siap menerima kegagalan

Salah satu ketakutan terbesar saat decide adalah kegagalan. Karenanya lo akan mencari kompensasi dengan banyak berpikir akan baik buruknya. Namun jika demikian, ada kemungkinan lo jadi tidak decide apapun. Kalau sudah seperti ini, lo harus ubah cara pikir bahwa menunda keputusan itu jauh lebih buruk daripada keputusan yang salah. Lo bisa belajar dari keputusan yang salah, tapi kalau tidak mengambil keputusan berarti lo tak punya kendali atas hidup lo.

Bagi yang masih takut untuk decide, buang jauh-jauh ketakutan itu karena kalau tidak lo akan ‘dijajah’ terus-menerus. Kebebasan lo akan terancam kalau lo masih melempar keputusan ke orang lain. Mau punya kontrol penuh atas hidup lo? You decide!

Decide baca artikel menarik lainnya? Klik di sini