Decide Kerja di Dunia Kreatif atau Kerja di Kantor Beneran?

Lo pasti setuju kalau hidup setiap orang di muka bumi ini pasti selalu dihadapkan dengan pilihan yang akan berdampak buat masa depan lo. Salah satunya saat lo memilih pekerjaan. Dunia kreatif yang semakin berkembang menggoda lo untuk mencobanya, tapi di sisi lain lo juga merasa ingin kerja di kantoran biasa. Nah, kami punya bahan bacaan seru buat bantu lo decide kerja di dunia kreatif atau di kantoran. Mari disimak!


Jam kerja

Jam kerja di kantoran biasanya dimulai pukul 08.00–17.00, tapi kalau di dunia kreatif biasanya jam kerja itu seperti karet karena gak menentu dan bahkan bisa lebih dari 24 jam di kantor (a.k.a nginep). Tapi, gak perlu takut karena lo tetap bisa punya kehidupan kok kalau cara main lo benar, klik di sini.


Seputar kerjaan

Kalau lo kerja di kantor beneran, lo akan punya skop pekerjaan yang jelas. Jadi akan jarang sekali lo mengerjakan sesuatu yang bukan tugas lo dan pekerjaan yang lo lakukan cenderung sama dari hari ke hari. Di sisi lain kalau kerja di dunia kreatif, kadang job description itu sedikit kabur dan pekerjaan yang lo lakukan akan sangat menguras otak karena setiap harinya lo dituntut untuk punya ide-ide baru. Klien yang lo handle pun biasanya gak hanya 1, jadi lo akan sering berpacu dengan waktu dan tekanan dari sana-sini.


Lingkungan dan outfit

Lingkungan kantoran itu biasanya lebih kaku, sedangkan di dunia kreatif lebih dinamis dengan kantor yang biasanya menyediakan ruang santai atau ruang games. Cara berinteraksi dengan atasan pun berbeda. Di dunia kreatif lo bisa santai dengan bos dan memanggil dengan “gue-lo”. Karena lingkungan yang lebih santai, pakaian pun bebas sesuai kenyamanan lo. Beda dengan pekerja kantoran yang harus formal dengan kemeja dan rok atau celana bahan.


Peraturan yang manusiawi

Biasanya kalau kerja di kantoran, lo akan mendapat banyak tunjangan dan privilege, seperti asuransi yang lengkap, uang lembur, uang transportasi, hingga bonus-bonus lainnya yang bikin hidup lo lebih terjamin. Peraturan seperti cuti, izin, dan lain-lain diatur dengan jelas dan mengikuti standar dari peraturan ketenagakerjaan. Sedangkan di dunia kreatif, kadang masih berlaku asas ‘kekeluargaan’ dimana peraturan bisa berubah-ubah dan tidak banyak tunjangan yang bisa lo dapat.

Kerja di dunia kreatif dan kantoran punya keuntungan dan konsekuensi masing-masing. Yang paling penting adalah rasa nyaman dan kemauan untuk terus belajar supaya hasil kerja lo bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain. So, pilih untuk kerja di dunia kreatif atau kerja di kantor beneran? You decide!

Decide untuk baca artikel lainnya? Klik di sini.