Notifikasi

    SOUNDQUARIUM

    oleh
    462 Pengikut
    643 Konten
    Soundquarium hadir sebagai wadah untuk penikmat musik dalam berbagi cerita

    Cerita Kamis - Haikal Azizi

    oleh SOUNDQUARIUM Beberapa saat lalu tim Soundquarium sempat bertemu dengan vokalis dari band Sigmun, Haikal Azizi. Selain menjadi seorang vokalis, ternyata Haikal punya project solo dan dia memakai nama Bin Idris. Di Cerita Kamis kali ini, kita akan cari tahu apa sih perbedaan Haikal Azizi dengan Bin Idris.

    Rocktrivia: Bottlesmoker

    oleh SOUNDQUARIUM Keliatan kompak di atas panggung memang harus, apalagi dalam satu band. Kali ini Rocktrivia Soundquarium menampilkan duo Bottlesmoker, Angkuy dan Nobie. Apakah mereka kompak???

    Cobra Coba Coba: Musik Memori Bermukim

    oleh Majalah Cobra Jadi orang tua itu ada enaknya: sudah mulai mengerti nostalgia. Jika di luar sana terlalu pikuk, hingga tema-tema sosial seperti terlalu kusut dan bertumpuk, mungkin ada baiknya kembali ke rumah sendiri.Memanfaatkan ruang rumah bukan cuma monopoli teori arsitek, atau tukang almari. Memanfaatkan wilayah-wilayah di rumah, jelas pula bisa diambil alih oleh para penulis lagu. Dan semakin dia jarang pindah rumah, semakin berumur si musisi, semakin banyak yang memori yang bisa digali.Waktu kecil kamu suka tidak boleh masuk ke kamar kakakmu? Ini dia saatnya! Ambil alat musik dan alat rekam, masuk ke kamar kakakmu, dan mulailah menulis lagu. Semoga ingatan emosi itu turut membantu komposisimu,Sejak kecil gemar bersemayam di loteng? Beuh, apalagi itu! Ayo, naik ke sana, rekam komposisi semelankoli kau dapat!Teras itu klise? Eits... belum tentu! Cobalah duduk dulu. Minum teh manis hangatmu. Mungkin kamu akan berubah pikiran dan segera memboyong alat rekam ke sana, disaksikan tetangga kanan-kiri dan ikan peliharaanmu di aquarium depan.Apa lagi? Kamar tidurmu? Ya, so pasti! Pilih saja sudut pandang yang kau gemas untuk menulisnya.Bagaimana dengan meja makan? Wah, saya pilih juga itu! Terlalu banyak percakapan dahulu mengitari meja itu. Bagaimanapun jenis keluarga kita, bisa ada sesuatu di sana. Mungkin getir. Mungkin ekstra-bahagia. Mungkin berkasih sayang dan begitu berharga.Mau bikin lagu di mana lagi? Dapur? Hajar, bos! Walau mungkin seumur-umur kita tidak pernah masak di sana sekalipun, ada banyak bumbu bertabur di dapur. Apalagi kalau kamu koki, atau setidaknya hobi masak, cociks berat. Atau bahkan sekedar memori dihukum mencuci piring seisi rumah karena kamu bandel menjual sepedamu ke abang tukang gambaran.Rumahmu bertingkat? Tangga digaraplah, kawan! Resapi jejak-jejak naik-turun di anak-anaknya. Aw! U... yeahhh!Singkatnya, setiap sudut rumah, setiap tengah rumah, dan setiap rumah yang desainnya tak bersudut sekalipun, bisa memancing tema. Kamu dan memori bermukim di sana. Untuk pilihan cover version, bolehlah direkam Motley Crue “Home Sweet Home”. Biar ada unsur gagahnya saja. Kalau mau digaringin, kalau kamu tega, rekam sedikit bait “Hompimpa”.  Teks oleh Harlan BoerGambar oleh Feransis

    Bottlesmoker: Asal muasal kami berkostum

    oleh SOUNDQUARIUM Beberapa waktu lalu, kami tim Soundquarium sempat bertemu Angkuy dan Nobie di basecamp Bottlesmoker. Selain menjadi tempat workshop mereka, basecamp ini juga menyimpan wardrobe dari Bottlesmoker. Coba kalian perhatikan, disetiap penampilan Bottlesmoker selalu ada kejutan dari apa yang mereka pakai. Ini bukan tanpa alasan, dalam video ini mereka bakal menjelaskan betapa pentingnya signature custome dipanggung pertunjukan mereka.  Nah, untuk kalian yang tertarik membaca artikel lain tentang fashion, kalian bisa mampir kesini.

    Gaung Panggung Barasuara

    oleh SOUNDQUARIUM Oleh: Vany MitahapsariTidak jarang terdengar paduan suara dadakan dari arah penonton ketika Barasuara beraksi diatas panggung. Nama mereka sudah punya gaung sendiri di panggung-panggung pertunjukan di Indonesia. Meskipun terdiri dari latar belakang berbeda dalam setiap personilnya, mereka bisa menyatu dalam karya mereka yang melahirkan album pertamanya, “Taifun”. Hampir semua poster gig, menyantumkan nama Barasuara sebagai bintang tamu di pertunjukan mereka. Kami pun sempat bertemu mereka tentang padatnya jadwal Barasuara, kalian bisa simak videonya disini.Bicara soal album “Taifun”, selain kaya akan musik mereka, ada elemen lain yang memperkuat setiap track dalam album perdana Barasuara. Semua lirik dalam album “Taifun” dihasilkan dari tangan dingin sang vokalis utama, Iga Massardi. Dan di setiap track yang dihadirkan dalam Taifun mempunyai makna yang beragam. Iga menyampaikannya dengan amat baik dalam lirik-lirik yang kadang maknanya sulit ditebak, tapi sekarang sudah banyak pula artikel yang membahas tentang makna lirik dibalik lagu-lagu Barasuara. Bicara tentang Hagia, sebuah lagu yang juga pernah dibahas dalam artikel yang ditulis dengan amat apik oleh Rizky Sasono beberapa waktu lalu, ada baiknya jika kalian juga membaca artikel ini. Atau bicara tentang lagu “Api dan Lentera”, lirik yang berapi-api dan dengan mudahnya membuat penonton menjadi lautan paduan suara di tengah pertunjukan Barasuara. Tapi apakah ada yang menunggu karya terbaru mereka? Saya juga sempat berpikir, dan bertanya, apakah karya Iga and the gank bisa membuat sebuah gebrakan seperti yang mereka lakukan dengan “Taifun”? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu terjawab di tahun ini, ya di 2017. Barasuara siap dengan lagu terbaru mereka. Di sebuah obrolan via chat bersama sang vokalis, ada dua lagu baru yang mereka buat. Tentu saja penggalan lirik tetap dilakukan oleh Iga Massardi, tetapi urusan aransemen musiknya mereka berembuk untuk membuahkan hasil yang baik. “Masa Mesias Mesias” dan “Tentukan Arah” begitu dua karya mereka diberikan nama. Saya pun belum pernah mendengar lagu itu seperti apa jadinya, dan membuat saya penasaran. Tapi berkolaborasi dengan event Soundsations, Barasuara akan membawakan lagu terbaru mereka. Kolaborasi yang dimulai dari bulan Maret lalu, Barasuara dan Soundsations sudah membawa dua lagu itu ke beberapa titik kota di Indonesia. Buat kalian yang penasaran seperti apa lagu Barasuara yang terbaru, kalian bisa cek jadwal mereka tur dengan gelaran Soundsations.Kalian juga bisa membaca artikel lainnya tentang proyek kolaborasi Barasuara dan Soundsations disini.

    Cerita Kamis - Fariz RM

    oleh SOUNDQUARIUM Siapa yang tak kenal sosok Fariz RM, sudah puluhan karya ia ciptakan, dan puluhan hits ia pecahkan. Sampai sekarang singlenya yang berjudul "Barcelona", menjadi sebuah lagu yang legend di industri pop Indonesia. Tapi pasti ada yang kalian gak tahu kan tentang Fariz RM, makanya simak Cerita Kamis edisi minggu ini.

    Show More