4CaraMelindungiDiriSaatMenghadapiKarhutla

September 18, 2019Qubicle
Walaupun dampak karhutla terasa ke segala hal, setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri sendiri.

Sudah bukan rahasia lagi kalau karhutla terus menyerang beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan, dampaknya pun sampai ikut dirasakan oleh masyarakat luas dan merugikan kesehatan mereka. Bukan hanya itu, kegiatan perekonomian pun ikut terganggu. Bahkan beberapa sekolah ikut diliburkan menyusul adanya kejadian ini. Kebakaran hutan sendiri sebetulnya selalu terjadi setiap tahun. Namun, tahun ini disinyalir menjadi yang terparah karena lahan yang terbakar cukup luas. Ditambah lagi, tahun ini musim kemarau cukup ekstrim, sehingga sumber air untuk memadamkan api pun sulit untuk dicari.

Lantas apakah karhutla tidak bisa dicegah? Sebetulnya bisa, namun harus ada komitmen kuat untuk menjalankannya. Sayangnya, selama ini pemerintah tidak benar-benar tegas untuk menangani keadaan ini. Tidak heran kalau terus terjadi setiap tahunnya. Untuk melindungi diri dari asap yang merupakan dampak karhutla, ada beberapa cara realistis yang bisa dilakukan. Kira-kira apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Selalu Gunakan Masker Saat Keluar Ruangan

photo: straitstimes.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau asap karhutla adalah hal yang berbahaya. Apalagi jika terhirup dan partikelnya ikut masuk ke paru-paru. Penyakit yang disebabkan pun tidak kalah berbahaya, mulai dari ISPA, TBC, pneumonia, bahkan kanker dan kerusakan paru-paru dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pastikan untuk melindungi diri kamu dari paparan kabut asap. Usahakan untuk selalu menyediakan masker khusus polusi dengan kode N95, N99 dan N100. Atau, kalau sudah sangat parah kamu bisa menggunakan masker yang lebih efektif lagi untuk menyaring partikel-partikel di udara dengan kode P95, P99 dan P100.

Pastikan Tubuhmu Terhidrasi Dengan Baik

Masalah terbesar yang kerap kali terjadi saat karhutla adalah dehidrasi karena darah yang mengental akibat kekurangan oksigen. Bagaimana tidak? Asap karhutla sendiri membawa partikel yang memiliki kandungan berbahaya seperti Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Dioksida (NO2) dan lain-lain. Apa jadinya jika tubuh terpapar zat tersebut dalam waktu yang lama? Pasti akan dehidrasi parah dan menjadi lemas. Bahkan, bukan tidak mungkin akan pingsan. Oleh karena itu, pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik agar sirkulasi darah selalu lancar. Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak dan minuman lainnya yang tidak kalah bermanfaat seperti susu yang kaya akan makro nutrisi yang akan mempertahankan energi.

photo: thelist.com

Batasi Kegiatan-Kegiatan Diluar Ruangan

Mungkin keinginan untuk berolahraga pagi seperti lari dan bersepada terbesit di pikiranmu. Tapi, kalau keadaan karhutla masih parah bahkan sampai menyebabkan jarak pandang menurun karena kabut asap, lebih baik urungkan niatmu. Berkegiatan terlalu berat hingga menyebabkan tubuhmu kekurangan cairan akan sangat berbahaya saat kabut asap menyelimuti. Terlebih saat kondisi udara tidak bersahabat untuk beraktivitas di luar, bukannya sehat malah penyakit yang akan muncul. Pastikan untuk mengecek index kualitas udara terlebih dahulu dan jangan memaksakan diri untuk berolahraga jika memang tidak dianjurkan untuk beraktivitas di luar ruangan. Sebagai opsi, kamu bisa melihat tutorial olahraga-olahraga simpel dari YouTube atau Instagram.

photo: freshliving.in

Jaga Kebersihan Ruangan

Menjaga kebersihan ruangan sangatlah penting, terutama untuk menghindarkan paparan residu karhutla pada lantai dan perabotan rumah. Dianjurkan untuk rutin menyapu dan mengepel lantai agar partikel-partikel berbahaya tidak mengendap di dalam ruangan. Selain itu, ada baiknya juga untuk selalu siap siaga menyiapkan air purifier, terlebih pada ruangan yang tidak memiliki AC. Air purifier sendiri akan membantu kondisi udara di dalam ruangan agar lebih bersih dan kelembabannya terjaga, sehingga polusi yang dirasakan akan lebih kecil.

photo cover & thumbnail: Sergio Torres

oleh: Ayunda

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US