6HalyangHarusDilakukanSebelumBerangkatMudik

May 31, 2019Qubicle
Menjelang Lebaran, berikut kami bahas beberapa hal yang harus dipersiapkan pemudik yang pulang kampung dengan mobil pribadi mereka.

Kita telah memasuki minggu keempat Ramadhan, itu berarti hari Lebaran akan datang sebentar lagi. Hari Lebaran nggak pernah terlepas dari tradisi pulang kampung atau mudik. Beberapa dari kalian mungkin telah memesan tiket pesawat, kereta, ataupun bus untuk pulang ke kampung halaman. Namun, beberapa dari kalian mungkin juga merencanakan perjalanan dengan mobil pribadi. Berikut kami bahas beberapa persiapan yang harus kalian lakukan untuk memastikan kendaraan kalian aman di perjalanan mudik.

Oli mesin

Pastikan oli mesin mobil yang kalian gunakan belum habis dari segi pemakaian maupun volume. Jika masa pemakaian telah melewati jarak yang ditetapkan maupun kurang dari volume yang seharusnya, segera lakukan pergantian oli mesin. Cabut tongkat indikator atau dipstick oli mesin untuk melihat kondisi oli.

Oli yang masih normal berwarna kemerahan, bening, dan bertekstur kental. Jika oli kalian mulai berwarna hitam dan cair, pastikan untuk segera mengganti oli mesin. Jika indikator pada dipstick menunjukkan bahwa volume oli kurang, tambahkan oli pada tangki. Jika volume oli mesin kurang, segera cari tahu penyebabnya dan pastikan tidak ada kebocoran pada tangki oli mesin. Usahakan melakukan pengecekan oli setelah mesin dimatikan dalam waktu yang cukup lama, misalnya di pagi hari.

(Foto: Dok. Istimewa)

Tekanan angin ban

Memeriksa tekanan angin ban adalah hal yang sangat penting untuk mencegah risiko seperti pecahnya ban. Isi angin sesuai dengan tekanan ban mobil kalian. Tekanan angin ban yang tepat menjaga stabilitas kendaraan, terutama ketika dipacu cepat dan dihadapi tikungan. Tekanan angin ban yang cukup juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar selama perjalanan mudik.

(Foto: Dok. Istimewa)

Lampu Kendaraan

Perjalanan mudik biasanya ditempuh dalam waktu yang cukup panjang, mulai dari hitungan jam hingga hari. Hal ini menyebabkan kalian harus mengemudi di pagi, siang, bahkan malam hari. Pastikan seluruh lampu kendaraan berfungsi dengan baik, mulai dari lampu kecil, besar, sign, hingga lampu kabut. Kondisi lampu yang baik dapat memastikan keselamatan, khususnya di malam hari. Selain itu, kondisi lampu yang baik juga memastikan komunikasi dengan pengemudi lainnya menjadi lancar.

(Foto: Mitsubishi Motors)

Air Radiator

Pastikan volume air radiator kalian tidak kurang. Air radiator menjamin stabilitas suhu atau sistem pendinginan kendaraan, sehingga kurangnya air radiator dapat menyebabkan terjadinya overheat. Jika terjadi kebocoran air radiator, segera bawa mobil kalian ke bengkel terdekat.

(Foto: Dok. Istimewa)

Air wiper dan blade

Kaca yang jernih sangat penting untuk menjamin keselamatan di jalan. Pandangan yang jernih sangat penting untuk membantu pengemudi fokus selama perjalanan mudik. Selain itu, kondisi blade yang baik juga penting untuk membantu kalian membersihkan kaca selama mengemudi.

(Foto: Dok. Istimewa)

Ikutan general check-up gratis

General check-up merupakan salah satu hal yang penting dilakukan sebelum mudik. Menyambut hari Lebaran, Mitsubishi menghadirkan program Lebaran Care Campaign dari 15 Mei hingga 15 Juni mendatang di seluruh dealer resmi Mitsubishi Motors dengan layanan 3S (Sales, Service, dan Spareparts). Selain itu, bagi kalian yang mau mengganti parts mobil Mitsubishi, ada juga beberapa paket diskon untuk penggantian parts dan perawatan mobil, mulai dari penggantian oli, pembersihan ruang bakar mesin, hingga perawatan rem.

Promo ini pun bisa dinikmati di Posko Siaga Mitsubishi yang tersebar di 16 titik jalur mudik. Sehingga, untuk para pemudik yang telah melakukan perjalanan pun tetap bisa mengecek kondisi kendaraannya. Untuk informasi lengkap mengenai Posko Siaga, Bengkel Siaga 24 Jam, dan Bengkel Siaga Liburan dapat dilihat melalui link di sini.

Maka dari itu, tunggu apalagi segera lakukan pengecekan kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan mudik. Service sekarang, mudik tenang.

Foto: Mitsubishi Motors


Oleh: Adam Bagaskara

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US