AlasanTidakPerluBerceraiDuluuntukMenanamPohon

December 12, 2019Qubicle
Sebenarnya, tidak perlu menunggu bercerai dulu untuk menanam pohon. Kami berikan beberapa alasannya agar kamu semakin yakin.

Baru-baru ini kita diramaikan dengan kabar mengenai kewajiban menanam 100 pohon yang digaungkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hal ini dicetuskan demi melibatkan masyarakat secara aktif untuk bekontribusi terhadap lingkungan. Namun, cukup banyak suara kontra yang tidak menyetujui kebijakan itu. Diantaranya isu yang menjadi landasan perceraian sendiri, misalnya kekerasan. Sebenarnya, tidak perlu menunggu bercerai dulu untuk menanam pohon. Berikut kami berikan beberapa alasan untuk memulai agar kamu semakin yakin.

Memperindah Kebun Di Rumah

Kebun yang gersang tentu sangat membosankan. Terlebih, saat cuaca terik sedang menyerang. Pastinya kehadiran pohon akan sangat dirindukan. Untuk itu, kamu bisa mencoba untuk menanam pohon di rumah. Kalau ragu, kamu bisa membeli yang sudah ditanam dalam pot di tukang tanaman dan tinggal mengurusnya. Untuk memperindah sisi estetika, kamu bisa mencari inspirasi interior taman dan menemukan tata letak yang sesuai dengan kebun di rumahmu.

Menyerap Air Untuk Mencegah Banjir

Menanam pohon juga bisa mencegah banjir dikarenakan akarnya yang dapat menyimpan air. Terlebih di perkotaan, air yang berlebih pasti akan langsung dialirkan ke saluran air. Jika drainase masih kurang baik, air yang berlebih ini sudah pasti akan menjadi banjir. Itu sebabnya, dibutuhkan banyak lahan hijau disertai dengan pohon yang dapat menyerap air dan menyimpannya di akar mereka.

Menyaring Polutan Di Udara

“Lihat, rumahnya rimbun banget kayak sarang Genderuwo.”

Mungkin sebagian orang bermasalah dengan kebun yang terlalu rimbun. Apalagi, tetangga julid yang hobinya mengomentari tanaman orang. Padahal, menanam pohon dapat memberi kebaikan untuk mereka juga. Mungkin mereka kaum yang kurang teredukasi, tapi pohon menyerap karbondioksida dan kemudian menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi manusia. Itu sebabnya, sebaiknya kita berterima kasih kepada tetangga yang gemar menanam pohon, bukan malah menggunjingnya.

Menjadi Hobi Baru

Punya orang tua yang sudah pensiun di rumah? Ternyata menanam pohon juga bisa menjadi hobi baru, lho untuk mengisi waktu mereka. Kegiatan sederhana seperti menanam, menyiram dan merapikan kebun setelah tanamannya tumbuh akan terasa therapeutic untuk kaum lanjut usia. Terlebih ditengah kebun tersebut udaranya akan lebih segar. Bukan tidak mungkin jalan-jalan ke kebun belakang terasa seperti sedang refreshing ke luar kota.

photo cover & thumbnail: niko photos

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US