BANYAKNANYA:BerbincangDenganKuncenTPUJerukPurut

January 10, 2020Qubicle
Qubicle mengundang orang yang kerjaannya paling horor, yaitu penjaga makam alias kuncen TPU Jeruk Purut.

Ritual pawang hujan ribet gak tuh? Tukang cukur kalo motong rambut di mana sih? Kalo pawang ular ada sekolahnya nggak sih? Banyak pertanyaan yang suka kepikiran pas ngeliat orang yang punya profesi jauh beda sama kita. Cuma kadang-kadang nggak ada kesempatan buat nyari tahu. Nah, sekarang Qubicle kasih wadah nih buat ngejawab kebingungan itu lewat program “BANYAK NANYA”.

Di episode keempat, Qubicle mengundang orang yang kerjaannya paling horor, yaitu kuncen alias penjaga makam. Namanya Babeh O'o sang penjaga TPU Jeruk Purut. Pengalaman mistis Babeh banyak banget di sini, ditambah TPU Jeruk Purut ini emang sempat ngetop karena legenda 'Hantu Pastur Kepala Buntungnya. Babeh cerita makhluk gaib yang paling serem yang dia lihat, mana aja area-area paling banyak dihuni mereka, dan banyak lagi selama menjadi kuncen.

Profesi kuncen sendiri selama ini lebih dikenal sebagai pekerjaan yang diwariskan turun-temurun. Biasanya para kuncen mendapatkan profesi tersebut dari orang tua terdahulunya, semisal di gunung Merapi. Begitu juga dengan TPU Jeruk Purut, profesi ini harus diwariskan kepada anak-anak pada generasi setelahnya. Sedikit berbeda, menurut Babe O’o profesi ini ia jalankan dengan sukarela dan ikhlas untuk menjadi kuncen TPU Jeruk Purut. Walaupun sama-sama ditunjuk oleh orang tua terdahulunya, hal yang terpenting tidak ada paksaan untuk menjalankan profesi ini.

Uniknya lagi, ternyata ada masa training sampai benar-benar berani sebelum menjadi kuncen yang sesungguhnya. Babeh O’o sendiri sudah menjalani profesinya sejak tahun 1990. Jika ditotal, sampai sekarang sudah 29 tahun lamanya Babeh berkecimpung di dunia ini. Tentu bisa dibayangkan Babeh O’o cukup khatam dengan asam garam, termasuk soal cara menghadapinya.

Lama bertugas di taman pemakanan, tentu saja terbesit di pikiran kami soal penampakan terseram yang pernah Babeh O’o alami. Terlebih lagi, TPU Jeruk Purut sangat familiar dengan penampakan pastur tanpa kepalanya. Tapi, ternyata bukan itu penampakan terseram yang pernah ditemuinya. Kami berhasil mendapatkan cerita tentang hal mistis yang disimpan oleh TPU Jeruk Purut lewat wawancara langsung dengan Babeh O’o, selengkapnya di bawah ini.

photo cover & thumbnail: Qubicle

oleh: Ayunda 

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US