BANYAKNANYA:MenyingkapDapurTukangKopiKeliling

December 20, 2019Qubicle
Pernah terpikir untuk membedah bagaimana dapur tukang kopi keliling?

Penjaga kuburan ngeliat penampakan paling serem apa ya? Ritual pawang hujan ribet gak tuh? Tukang cukur kalo motong rambut di mana sih? Kalo pawang ular ada sekolahnya nggak sih? Banyak pertanyaan yang suka kepikiran pas ngeliat orang yang punya profesi jauh beda sama kita. Cuma kadang-kadang nggak ada kesempatan buat nyari tahu. Nah, sekarang Qubicle kasih wadah nih buat ngejawab kebingungan itu lewat program “BANYAK NANYA”.

Di episode ketiga, Qubicle mengundang pedagang kopi keliling. Profesi ini mampu menyentuh berbagai lapisan masyarakat, mulai dari kelas atas hingga bawah yang ingin mencari dopping agar semangat beraktivitas dengan terjangkau dan mudah ditemukan. Di sinilah keberadaan tukang kopi keliling menjadi solusi, mengingat konsumsi kopi sudah jadi budaya di Indonesia sejak jaman kolonial Belanda. Di luar negeri sendiri, tipe berjualan kopi dengan menggunakan sepeda sudah dikenal lebih dulu sebagai coffee bike maupun coffee cart, misalnya negara-negara Eropa dan juga Amerika. Tentu saja, keberadaannya memudahkan para pejalan kaki yang memang mencari kopi untuk langsung di bawa.

Kami berbincang dengan Muhammad Roni, pemuda berumur 18 tahun soal profesi ini. Dia biasa keliling di daerah Mega Kuningan, dan dia menceritakan pengalamannya berjualan kopi keliling yang sudah dilakukannya selama kurang lebih satu tahun. Salah satu pengalamannya adalah dia pernah dirampok ketika sedang berjualan. Lucunya, pengalaman itu terjadi saat Roni sedang berada di tempat ‘nongkrong’-nya yang kali itu tidak ada orang. Tapi tetap saja seram dan sepertinya tidak bisa Roni lupakan. Pengalaman unik lainnya yang pernah Roni alami saat berjualan kopi keliling adalah menikmati saat-saat manis selepas bekerja. Roni berbalapan dengan sesama rekan kerjanya untuk mencapai kosan lebih awal.

Di lain sisi, setelah berbincang dengan Roni kami jadi tau mengenai ‘dapur’ tukang kopi keliling yang ternyata penuh dengan cerita dibelakangnya dan sebelumnya tidak pernah kami ketahui. Untuk kalian yang mungkin memiliki pertanyaan mengenai tukang kopi keliling, sangat dianjurkan untuk menyaksikan tayangan ini, kali aja pertanyaan yang kami tanyakan adalah pertanyaan kalian saat ini. 

photo cover & thumbnail: Qubicle

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US