CaraTepatMengatasiPMSAgarTetapAmanTerkendali

October 04, 2019Qubicle
Kami mengerti, mengatasi PMS bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Berikut beberapa cara agar semuanya aman terkendali.

Bagi sebagian wanita, PMS adalah masa-masa sulit yang menguras emosi dan tenaga. Bagaimana tidak? Hormon yang fluktuatif membuat para wanita menjadi jauh lebih sensitif, baik fisik maupun perasaan. Apalagi kalau ditambah dengan faktor lingkungan yang tidak bisa ditebak dan sering kali tidak kondusif. Tentu saja hal itu membuat beberapa wanita merasa sengsara saat menghadapi PMS dan akhirnya malah mengganggu aktivitas sehari-hari. Jangan khawatir, kami punya beberapa cara dalam mengatasi PMS agar tetap aman terkendali

Konsumsi Makanan Dengan Nutrisi Baik

photo: Mike Dorner

Selama PMS, sistem kekebalan tubuh akan menurun dan stress level malah meningkat. Ketidakimbangan inilah yang membuat kita merasa kewalahan. Tentu kamu butuh asupan nutrisi yang tepat untuk mengatasi PMS. Perbanyak makan buah dan sayuran dibanding makanan manis siap saji yang memiliki efek bahagia fana untuk tubuh. Utamakan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B agar meningkatkan mood seperti telur. Tidak lupa untuk mengkonsumsi vitamin C agar kekebalan tubuh selalu terjaga, misalnya jeruk. Potasium pada pisang juga akan membantu meringankan nyeri yang kamu rasakan saat PMS. Penting juga untuk mengurangi konsumsi garam agar dan perbanyak minum air putih agar kondisi tubuh tetap terhidrasi.

Lakukan Olahraga Ringan

photo: Form

Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga akan menghasilkan hormon baik untuk tubuh yang bisa meningkatkan mood seperti endorphin. Tentu hal ini sangat membantumu dalam mengatasi PMS. Lakukan olahraga ringan saat PMS tiba, seperti yoga atau sekedar jogging mengelilingi permukimanmu sebelum berangkat kerja. Atau, kamu juga bisa melakukan alternatif lainnya agar lebih relaks, misalnya berenang. Pastikan agar tidak terlalu kelelahan supaya gejala PMS pada fisik tidak semakin parah.

Perbanyak Me Time

photo: Robert Nickson  

Tidak semua orang mau dan bisa mengerti betapa sulitnya perjuangan untuk melewati masa-masa ini, terutama bagi yang merasa baik-baik saja saat PMS tiba. Itu sebabnya kita tidak bisa memaksakan kehendak, berharap lingkungan ikut merasakan dan memahami kondisi yang tengah kita alami. Jangan ambil pusing, fokuslah pada kebahagiaan dirimu sendiri. Kamu bisa melakukan me time dengan memanjakan diri hingga masa-masa ini berlalu.

Untuk mengatasi PMS, kamu bisa datang ke tempat relaksasi dan dipijat. Sesimpel creambath di salon juga mungkin bisa membantumu merasa lebih baik. Jika sampai tahap tidak tahan lagi bertemu orang dan harus terus bersabar dalam menghadapi sifat menyimpang yang malah membuatmu gusar, opsi relaksasi di rumah bisa kamu pakai.

Kamu bisa memakai masker sambil menyantap camilan favorit atau memasak menu spesial kesukaanmu untuk makan malam. Pokoknya, buat dirimu merasa senyaman mungkin dengan melakukan hal-hal yang kamu suka.

Kami mengerti, masa-masa PMS bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Itu sebabnya perlu dihadapi dengan cara tertentu agar tidak berlebihan. Selalu kelilingi dirimu dengan lingkungan yang positif. Jika terpaksa bergesekkan dengan lingkungan yang penuh konflik, jangan ragu untuk mengambil ruang sejenak dan menenangkan diri. Remember that self-love comes first.

photo cover & thumbnail: Brooke Cagle

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US