CaraTetapSehatMenghadapiCuacaPanas

October 25, 2019Qubicle
Akhir-akhir ini cuaca memang sedang panas-panasnya. Untuk mengurangi resiko kesehatannya, kami punya segenap cara untuk dicoba.

Akhir-akhir ini cuaca Jakarta memang sedang panas-panasnya. Bagaimana tidak? Suhu di siang hari menjapa 37-38 derajat. Bahkan, di beberapa wilayah Indonesia ada yang mencapai 39 derajat. Musim hujan yang tetap dinanti-nanti pun tampaknya belum juga hadir. Di lain sisi, kita juga harus tetap aktif dan produktif tanpa banyak alasan di saat-saat seperti ini. Itu pun yang terkadang menjadi kendala, karena jika tubuh tidak sehat tentu produktivitas pun akan berkurang. Untuk mengurangi resikonya, di bawah ini kami punya cara agar tetap sehat walaupun cuaca panas mendera.

Minum Air Lemon di Pagi Hari

photo: Francesca Hoschin 

Cuaca panas sangat identik dengan memicu timbulnya penyakit. Itu sebabnya disarankan untuk meminum air lemon di pagi hari. Buah yang kaya akan vitamin C ini akan membantu menyiapkan tubuhmu untuk tetap kuat di pagi hari. Untuk membuatnya, kamu bisa memotong buah lemon dengan ukuran tertentu di balam hari dan meletakannya ke dalam mason jar. Setelah itu tambahkan air putih dan diamkan selama semalaman di dalam kulkas. Kamu pun siap meminumnya keesokan pagi.

Minum Banyak Air Putih Selama Beraktivitas

Cara berikutnya agar tetap sehat selama cuaca panas adalah dengan minum banyak air putih untuk mendampingimu beraktivitas seharian. Jangan tunggu sampai kamu kehausan, luangkan waktu di sela-sela aktivitas untuk minum air putih. Jika perlu, kamu bisa membawa botol minum bersamamu untuk selalu diisi ulang. Pastikan kebutuhan air-mu terpenuhi hingga 2 sampai 3 liter agar tetap terhidrasi selama cuaca panas.

Berolahraga di Dalam Ruangan

Apapun cuacanya, tentu kamu ingin selalu in shape, bukan? Jangan sampai tidak berolahraga, pada cuaca panas sekalipun. Kalau kamu bukan tipe orang yang menyukai matahari atau gampang merasa overheat, berolahraga di dalam ruangan bisa menjadi solusi. Sekarang sudah banyak sekali studio yang menghadirkan kelas-kelas dan sesi olahraga di mana-mana. Mulai dari kelas senam, yoga, boxing, bahkan functional training untuk kamu yang menyukai tantangan lebih. Semuanya tentu lebih mudah dilakukan saat kamu berada di dalam ruangan, terlebih saat cuaca panas menyerang.

Konsumsi Makanan yang Tepat

Saat cuaca panas, disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan jumlah tertentu. Kamu juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang terhidang dingin maupun yang memiliki banyak kandungan air. Kamu bisa memesan salad atau poke bowl saat waktu makan siang atau memilih semangka untuk camilan di sore hari. Usahkan untuk makan dengan porsi yang tak terlalu besar agar tidak overheat.

Jaga Suhu Tubuhmu

Photo: Pixabay

Saat cuaca panas menyerang, sangat penting untuk menjaga suhu tubuhmu agar tetap sejuk dan tidak terserang heatstroke. Misalnya adalah dengan membatasi aktivitas di luar ruangan di siang hari, atau lebih rutin mandi agar suhu tetap terjaga. Selain itu, kamu juga bisa mengompres bagian tubuh tertentu jika sudah merasa terlalu panas. Jangan lupa untuk menambahkan moisturizer agar kulit tidak kering.

photo cover & thumbnail: Sam Schooler

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US