GrammyAwards2019TebusDosadariSejarahGelarannya

February 12, 2019Qubicle
Grammy Awards 2019 menanggapi berbagai kritik terhadap penyelenggaraannya dengan melibatkan lebih banyak orang dari berbagai identitas.

Grammy Awards 2019 yang digelar Minggu (10/2) menebus dosa dari tahun-tahun sebelumnya; kurang melibatkan pihak-pihak dengan identitas yang secara tidak sadar tidak diwakili pada nominasi maupun penampilan di panggung. Salah satu langkah awal dari penanggapan masalah ini adalah dihadirkannya pidato pembuka dari Alicia Keys yang berperan sebagai host, ditemani dengan empat orang lainnya: Lady Gaga, Jennifer Lopez, Jada Pinkett, dan Michelle Obama.

Pada pidato pembuka tersebut, Michelle Obama memperoleh sambutan yang paling meriah. Ia bercerita bagaimana “musik selalu membantu saya dalam menyampaikan kisah saya.” Obama melanjutkan: “Musik membantu kita membagi [kisah] kita, harapan dan kebahagian kita… untuk melibatkan satu sama lain [dalam kisah masing-masing]. Musik menunjukkan bahwa semua [kisah] penting, lewat setiap cerita, lewat ‘suara’ yang berbeda-beda…”

Grammy Awards 2019 juga menjawab kritik dari penyelenggarannya tahun lalu yang menampilkan minimnya artis perempuan sebagai pemegang nominasi. Untuk kategori Album of the Year saja, hanya Lorde yang masuk nominasi pada Grammys 2018. Pada Grammy Awards 2019, lebih banyak artis perempuan dibanding laki-laki yang memperoleh nominasi untuk kategori tersebut. Pemenang nominasi Album of the Year untuk Grammy Awards 2019 sendiri adalah Kacey Musgraves atas albumnya yang berjudul Golden Hour. Cardi B yang merupakan satu-satunya perempuan dalam nominasi Best Rap Album 2019 juga memenangkan nominasi tersebut. 

Kehadiran Alicia Keys sebagai host sendiri merupakan jawaban atas kritik yang diajukan terhadap penyelenggaraan Grammy Awards, karena sejak 2012-2016 Grammy Awards dipandu oleh LL Cool J, sedangkan penyelenggaraannya pada tahun 2017-2018 dipandu oleh James Corden. Host perempuan terakhir yang memandu Grammy Awards adalah Queen Latifah pada tahun 2005. Grammy Awards hadir tanpa host sepanjang 2006-2011.

Berikut adalah daftar lengkap nominasi dan pemenang Grammy Awards 2019 yang diumumkan secara resmi oleh The Recording Academy.


Oleh: Adam Bagaskara


 

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US