KenaliKegunaanKunaiSelainSebagaiSenjata

October 11, 2019Qubicle
Tidak hanya sebagai senjata, ternyata ada banyak kegunaan kunai yang lainnya untuk kehidupan sehari-hari.

Baru-baru ini masyarakat diramaikan dengan berita penusukan Menko Polhukam Wiranto yang cukup mengejutkan. Dikabarkan, Pak Menteri diserang menggunakan senjata khas Jepang yang bernama kunai. Belum begitu banyak yang familiar dengan alat ini, terlebih karena asalnya bukan dari Indonesia. Kunai yang berasal dari Jepang ini biasa digunakan oleh para ninja untuk mempersenjatai diri mereka. Lantaran ukurannya yang kecil yaitu 10-15 cm, memudahkan alat ini untuk dibawa kemana-mana tanpa terlihat. Tidak hanya untuk keperluan menyerang, kami akan mengulas kegunaan kunai lainnya agar lebih mengenal.

Mempermudah Berkebun

photo: NeONBRAND

Awalnya di Jepang, kunai memang merupakan alat untuk berkebun. Bentuknya yang runcing tapi juga kokoh memudahkan para petani untuk menembus tanah yang keras dan juga kayu. Cukup banyak juga tukang kebun yang menggunakan kunai untuk membantu mereka dalam merapikan tanaman. Kegunaan kunai sebagai alat multifungsi yang kuat ini kemudian diadaptasi oleh ninja untuk kemudian menjadi senjata mereka.

Sebagai Sekop Batu

photo: careertrend.com 

Selain itu, kegunaan kunai yang tidak kalah familiar di Jepang adalah sebagai alat untuk membantu pekerja kasar dalam menyelesaikan banyak hal. Salah satunya adalah menjadi sekop untuk tukang batu. Saking kuatnya kunai, pisau baja ini pun bisa memenuhi kebutuhan menggali, mencongkel, mengikis bahkan menghancurkan bebatuan yang memiliki kontur keras. Jangan heran kalau kemudian para ninja memilih alat ini sebagai salah satu senjata andalan mereka.

Membantu Menghasilkan Api

photo: quirkyscience.com

Bukan hanya itu, pada masa lampau sebelum adanya kemunculan korek modern kegunaan kunai juga sebagai media untuk menghasilkan api. Cara menggunakannya pun hampir mirip dengan teknik menghasilkan api tanpa korek pada umumnya. Kunai dan batu api dibenturkan satu sama lain sampai akhirnya terpercik dan menghasilkan api. Tentu saja alat ini bisa membantu untuk bertahan hidup di hutan belantara.

Alat Untuk Memanjat

photo: tucson.com

Para ninja di masa lampau juga sering untuk menggunakannya sebagai penopang untuk memanjat. Bentuknya yang memiliki ujung bulat di sisi satunya membuat kunai bisa diikat dengan tali kuat-kuat. Mereka biasanya melemparkan kunai yang sudah diikat tali ke tebing atau pohon pada ketinggian tertentu untuk kemudian menjadi pegangan saat memanjat. Material kunai yang kokoh ternyata bisa menjadi penopang tali pada saat memanjat.

Jika sudah mengenal dan tau cara memakainya, ternyata banyak sekali kegunaan kunai yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Kesannya pun tidak selalu negatif, bahkan bisa menjadi opsi bagi kamu yang suka berpetualang ke alam liar atau sekedar camping sambil naik gunung. Kunai dapat membantumu untuk mempermudah bertahan hidup. Namun, perlu diingat untuk selalu bijak dalam menggunakannya agar tidak merugikan orang lain. Selamat mencoba!

photo cover & thumbnail: renderhub.com

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US